Kesehatan

Patut Di Tiru, Di Garut Tempat Wisata Ini disulap Jadi Lokasi Isolasi Mandiri

Saat ini penularan virus COVID19 sangat cepat sekali diberbagai wilayah di Indonesia, warga yang terpapar sudah mencapai 2.527.203 perhari ini tanggal 11 juli 2021. Karena saking cepatnya penularannya banyak sekali pemda yang tak siap menghadapi gelombang kedua dari virus COVID19 ini sehingga banyak warga yang meninggal saat isolasi mandiri dirumah karena minimnya sarana dan prasarana serta dukungan dari Pemda setempat.

Tempat Wisata Jadi Lokasi Isolasi Mandiri

Namun ada yang tak biasa di daerah Garut, tempat wisata River Tubing Leuwi Paranje dijadikan lokasi penampungan para pasien COVID19 yang bergejala ringan dan OTG. Satuan Tugas COVID19 Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat mendirikan tenda-tenda sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID19 di lokasi wisata alam River Tubing ini. Lokasi yang jauh dari pemukiman juga menjadi salah satu pertimbangan pemilihan River Tubing Leuwi ini menjadi tempat isolasi mandiri.

“Biar cepat sehat, isolasi sambil rekreasi di River Tubing Leuwi Paranje, Kampung Bentar, Peundeuy, Desa Bojong, Kecamatan Banjarwangi,” Ungkap Kapolsek Banjarwangi Iptu Asep Saepudin.

Beliau juga mengatakan tempat isolasi mandiri untuk warga yang terpapar COVID19 itu sengaja disiapkan oleh Satgas COVID19 di tingkat desa dan kecamatan dengan lokasi yang aman dan nyaman serta jauh dari permukiman warga.

Untuk sementara baru tersedia delapan tenda yang diisi oleh dua orang pasien COVID19 dengan kondisi tidak menunjukkan gejala sakit dan untuk segala kebutuhan selalu pasien selalu di dukung oleh satgas COVID19 begitu juga dilakukan pengecekan kesehatan setiap harinya oleh tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Tips Bagaimana Cara Mengatasi Cantengan (Paronychia) Dengan Mudah

Tempat wisata River Tubing Leuwi Paranje

River Tubing Leuwi Paranje ini terletak di kampung Bojong, Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan warga Garut.

River Tubing Leuwi Paranje merupakan salah satu destinasi wisata Garut yang menyajikan keindahan dari sungai dan tebing bebatuan yang sangat indah dengan tujuan wisata utamanya adalah wahana arum jeram.

Untuk bisa menikmati wahana air River Tubing Leuwi Paranje dikenakan tarif sebesar Rp. 75.000/orang sudah termasuk welcome drink, sewa peralatan River Tubing, makan 1 kali nasi liwet, coffee break, guide lokal serta dokumentasi foto atau video.

Isolasi Mandiri di River Tubing Leuwi Paranje

Bagi warga di sekitar garut yang sedang terinfeksi virus COVID19 dengan gejala ringan atau OTG bisa melaporkan ke Satgas COVID19 terdekat dan juga bisa melakukan isolasi di River Tubing Leuwi Paranje ini agar pikiran tetep fresh dan dapat segera pulih dari virus COVID19.

Pemilihan tempat wisata sebagai lokasi isolasi seperti ini menjadi contoh yang baik bagi pemerintah daerah maupun pusat untuk bisa memanfaatkan tempat tempat wisata sebagai tempat untuk isolasi bagi pasien penderita virus COVID19 agar cepat sembuh.

 

Leave a Comment