by

Penting! Berikut Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua

Pasca melahirkan anak pertama tidak mesti anda akan mudah hamil untuk anak kedua. Penyebab sulitnya hamil anak kedua ini beragam faktor penyebabnya. Mulai dari faktor eksternal hingga faktor internal. Sulitnya hamil anak kedua ini tentu memerlukan penanganan khusus. Bagi anda yang ingin hamil anak kedua, tentu memerlukan upaya khusus. Terlebih pada saat persalinan anak pertama anda mengalami persalinan caesar. Hal ini membuat program hamil anak kedua mesti direncanakan sebaik mungkin.

Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua
Penyebab Wanita Susah Hamil Anak Kedua

Baca juga : Hati-Hati ya Bun, Berikut Ciri Kandungan Lemah Saat Hamil

Bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan anak kedua, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa saja penyebabnya sulitnya kehamilan terjadi. Hal ini untuk menghindari kemungkinan tersebut sehingga program anak kedua pun sukses. Karena kondisi fisik yang sudah berbeda dari hamil anak pertama, tentu penyebabnya pun berbeda dengan kasus biasanya. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai macam penyebab susah hamil anak kedua pada wanita.

Berbagai Penyebab Susah Hamil Anak Kedua

  1. Faktor usia

Bertambahnya usia akan memperkecil peluang hamil anak kedua. Biasanya karena menunda cukup lama akan membuat seseorang kesulitan hamil kembali karena sudah terlebih dulu mengalami pertambahan usia. Wanita diatas 35 tahun akan sulit hamil kembali karena kualitas kesuburannya menurun. Hormon progesteronnya akan menurun yang menyebabkan kemungkinan hamil kembali lebih kecil.

  1. Niat belum kuat

Niat yang kuat juga memengaruhi bagaimana kondisi fisik anda. jika belum ada niatan kuat untuk hamil lagi, maka kemungkinan tersebut juga semakin kecil. oleh sebab itu jika ingin hamil lagi sebisa mungkin niatkan sekuat mungkin. Bicarakan rencana-rencana anda dengan pasangan untuk program hamil anak kedua agar hasilnya sukses.

  1. Kelainan hormon

Hormon pada wanita sangat penting peranannya untuk memicu kehamilan. kelainan hormon bisa saja terjadi meskipun sudah melahirkan anak pertama. Kelainan hormon ini bisa menyebabkan wanita sulit hamil anak kedua. Diperlukan penanganan khusus untuk mengatasi kelainan hormon ini. selain itu pria juga berpeluang mengalami kelainan hormon prostaglandin yang bermanfaat mempercepat proses pembuahan.

  1. Kelainan mulut rahim

Kelainan mulut rahim bisa saja terjadi pasca memiliki anak pertama. Hampir sama kasusnya dengan kelainan organ reproduksi lainnya. kelainan mulut rahim ini akan membuat sel sperma dan sel telur terhambat bertemu. Efeknya kehamilan anak kedua pun sulit terjadi. Konsultasi dengan dokter kandungan sangat disarankan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

  1. Kebiasaan buruk

Gaya hidup buruk juga bisa mempersulit kehamilan anak kedua. Oleh sebab itu anda mesti membiasakan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, dan hindari stress. Penggunaan smartphone secara berlebih juga bisa menyebabkan kondisi sulitnya hamil kembali semakin parah.

Nah itu dia berbagai penyebab wanita susah hamil anak kedua yang semestinya anda ketahui. Semoga menambah informasi untuk anda.

User Review
0 (0 votes)

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *