Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Bisnis

Ini Produk Pertanian Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Berbagai jenis tanaman mungkin ada yang bernilai sedang dan tinggi, hal ini disebabkan karena kontur alam yang tidak baik dan juga penyedia produk yang kurang. Hal tersebut bisa kalian atasi dengan menggunakan sistem hidroponik, bila kalian ingin mengetahuinya  baca Cara Bercocok Tanam Hidroponik.

Produk Pertanian Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Tapi banyaknya nilai produk yang tinggi sering kali petani melupakan hal dasar bahwa untuk membuta kesuksesan  dalam budidaya, bukan dari tingginya harga tapi melihat posisi harga yang stabil. Tidak turun terlalu jauh dan naiknya pun tidak begitu tinggi. Bila petani atau kalian mampu berpikir seperti itu maka, dalam artikel ini akan sangat membantu kalian dalam memilih opsi akan melakukan penanaman tanaman yang akan menguntungkan.

Berikut ini penulis mencoba merilis beberapa tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi atau memiliki harga yang lebih stabil yang dapat kalian budidayakan. Jadi, untuk menghasilkan apa yang ingin kalian kelola dalam pebudidayaan ini, sebaiknya pilihlah tanaman yang sesuai dengan lingkungan dari tempat kalian masing-masing seperti iklim mikro, keadaan tanah dll.

Paprika

Paprika merupakan tanaman holtikultura yang memiliki jenis sayuran, serta dalam pangsa pasar sangat mudah didapatkan. Pertumbuhan paprika bila kita berbicara pada wilayah Indonesia maka dapat dikatakan memiliki tingkat kemudahan dan kecepatan dalam sektor pertumbuhan.

Di Indonesia, paprika dikonsumsi oleh sebagian orang saja untuk menambahkan rasa pada makanan yang diolah. Paprika sendiri merukan tumbuhan penghasil buah yang memiliki rasa manis dan sedikit memiliki rasa pedas yang berasal dari suku terong-terongan (Solanaceae). Buah paprika termasuk jenis sayuran yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C yaitu sekitar 150-250mg/100g.

Paprika sendiri merupakan jenis tumbuhan yang sulit untuk dibudidayakan pada sistem konvensional. Tanaman paprika biasanya dilakukan pada sistem hidroponik, karena pada pembudidayaan paprika berbeda dengan cabai rawit, cabai merah, dan cabai kriting. Karena dalam pembudidayaannya, dalam penanaman tanaman paprika lebih gampang bila dilakukan dengan menggunakan sistem hidroponik.

Paprika sekarang sudah muai dianggap sebagai jenis tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomis tinggi, dikarenakan mampu menangkal berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung sekaligus. Selain dapat menangkal penyakit yang mengerikan, paprika juga bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh serta menjaga metabolisme tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Baca Juga :  Tips Membuat Riset Atau Survey Pasar Untuk Dagangan Kamu Laris Manis

Produk Pertanian Yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

Tomat

Selain menanam paprika, kalian juga bisa menanam tomat secara hidroponik. Karena, tomat termasuk sayuran buah yang paling digemari dan dibutuhkan oleh setiap orang karena memliki rasa yang cukup enak, segar dan sedikit ke asaman.

Di dalam tomat sendiri memiliki berbagai kandungan yaitu sumber Vitamin A, Vitamni C, dan sedikit memiliki Vitamin B.

Untuk membudidayakan tomat secara hidroponik, langkah yang harus kalian perhatikan adalah dalam memilih bibit yang memiliki variates unggul. Karena pada toko pembibitan banyak sekali bibit buah tomat, jadi ketahuilah terlebih dahulu tentang bibit tomat yang memiliki variates unggul agar dalam penanaman sampai proses pemanenan, kalian akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Anggur

Siapa yang tidak suka dengan anggur? Tentu kalian dan semua orang sangat menyukai buah yang satu ini. Karena dalam segi harga yang relatif selalu tinggi dan kualitas yang dihasilkan juga bagus. Maka tidak heran lagi jika anggur termasuk komoditas tanaman buah-buahan yang memiliki tingkat penjualan pasca panen yang besar.

Anggur dalam penanamannya dapat dilakukan dengan menggunakan metode hidroponik, yaitu metode penanaman tanpa menggunakan media tanah. Namun, dalam penanaman anggur memerlukan berbagai persyaratan agar nilai yang dihasilkan maksimal. Anggur akan mengahasilkan pertumbuhan dan hasil panen yang baik apabila dibudidayakan pada daerah yang memiliki tingkat kekeringan 25-31 derajat celcius serta memiliki kelembaban udara mencapai 40-60 persen. Ditambah lagi dalam penanaman anggur memerlukan tingkat intensitas matahari penuh sepanjang hari.

Pada tanaman anggur akan baik bila tumbuh pada ketinggian tanah 1-800mdpl. Dalam perbedaan ketinggian akan sangat mempengaruhi hasil dari pertumbuhan anggur sediri dan perkembangannya. Apabila kalian akan memilih untuk membudidayakan anggur, fase panen yang akan terjadi setelah masa tanam 90-100 hari sejak terjadinya perkembangan dalam  pertumbuhan anggur. Adapun dalam menentukan apakah anggur sudah siap dipanen atau belum adalah dengan melihat warnanya yang sudah merata dan mudah sekali terlepas.

Bayam

Bila kalian mengetahui trik dalam menanam dan membudidayakan bayam, maka kalian akan memiliki prospek yang baik. Karena bayam merupakan produk pertanian yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan termasuk dari sayuran yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Dalam sayuran bayam memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, tanaman ini banyak dari sebagian orang mempercayai bisa meningkatkan stamina tubuh.

Baca Juga :  Cara Mudah Bercocok Tanam Hidroponik Untuk Pemula

Bayam dapat kalian tanam dengan menggunakan metode organik, karena dalam metode organik ini membuat harga bayam akan 5 kali lebih mahal dari pada bayam yang menggunakan sistem non organik.

Untuk yang penulis ketahui dalam 250 gram bayam organik, bila kalian semua mau  mengemas secara rapi serta baik dan menjualnya ke pasar organik atau pasar-pasar modern. Maka bayam kalian akan dihargai 8000 rupiah. Coba apabila kalian mampu menghasilkan 100 kg setiap hari, berapa uang yang mungkin akan kalian dapatkan.

Strawberry

Strawberry merupakan buah yang paling terkenal diseluruh penjuru dunia, anda bisa dengan mudah menjumpai strawberry yang masih segar di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Bila penulis contohkan, ketika kalian mengunjungi batu malang, maka dari sekian banyak penjual buah akan banyak sekali strawberry yang dijual disana. Sebab dalam daerah tersebut starberry mampu tumbuh dengan baik.

Dalam penggunaannya yang beragam, menjadikan strawberry sebagai tanaman buah-buahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Apabila kalian sering membaca forum-forum pertanian atau bisnis budidaya maka kalian akan mengetahui bahwa buah strawberry dapat kita tanam dengan menggunakan metode hidroponik.

Pare

Pare termasuk dari suku labu-labuan(cucurbitaceae) yang biasanya dibudidayakan atau dimanfaatkan sebagai sayuran maupun untuk bahan pengobatan alternate. Pare termasuk jenis tumbuhan perambat serta memiliki buah yang panjang dan runcing.

Teknik dalam penanaman buah pare dapat dilakukan dengan cara yang mudah, yaitu hanya dengan menanam biji pare ke tanah sedalam 1-2cm. Sambil menunggu masa panen pare yang membutuhkan waktu 2 bulanan perlu melakukan perawatan-perawatan agar terhindar dari hama dan penyakit.

Dalam tanaman pare banyak dimanfaatkan dalam pengobatan-pengobatan alternative serta dari sebagian orang digunakan untuk sayur yang enak dan sedikit pahit. Dalam penemuan terbaru, biji dari pare juga dapat digunakan untuk bahan pembasmi larva alami seperti larva Aedes aegypti yang menyebarkan penyakit demam berdarah.

Demikian artikel tentang macam-macam tanaman yang dapat dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Sebelum kalian mempraktekan untuk membudidayakannya, sebaiknya kalian selalu mempelajari dasar-dasar penanaman secara konvensional atau dengan menggunakan metode hidroponik.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment