by

10 Foto Keindahan Pulau Pramuka, Surga yang Ada di Indonesia

Pulau Pramuka – Nama Kepulauan Seribu, sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tempat ini terkenal akan kekayaan dan keindahan lautnya. Banyak sekali tempat wisata yang ada di Kepulauan Seribu. Salah satunya adalah pulau pramuka yang harus menjadi daftar tempat yang wajib anda kunjungi.

Baca juga : 10 Foto Keindahan Ayana Gedong Songo Semarang, Wajib Dikunjungi

Pulau Pramuka, Surga yang Ada di Indonesia
Pulau Pramuka, Surga yang Ada di Indonesia

Jika anda datang dengan rombongan keluarga atau teman. Tenang saja, tempat ini juga masuk dalam  list paket wisata tempat yang akan dikunjungi di Kepulauan Seribu.

Saking terkenalnya, banyak yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Tidak hanya wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan mancanegara lho. Gimana apakah anda tertarik berkunjung ke tempat ini ? Namun sebelum itu mari kita kenalan dulu dengan Pulau Pramuka.

Sejarah Pulau Pramuka yang Perlu Anda Ketahui

Sejarah Pulau Pramuka yang Perlu Anda Ketahui
Sejarah Pulau Pramuka yang Perlu Anda Ketahui

Pada era orde baru, banyak sekali burung elang yang bertempat di pulau ini. Sehingga dinamakan pulau Lang/ Elang. Elang masih banyak ditemukan hingga pada Tahun 1980 an. Saking banyaknya burung elang pada saat itu,  pemerintah berinisiatif untuk menjadikan burung elang sebagai ikon Ibukota Jakarta.

Seiring berjalannya waktu, Elang-elang ini dibersihkan karena akan dibangun sebuah pemukiman. Mulai berganti nama ketika banyaknya siswa yang melakukan kegiatan pramuka di pulau ini. Sehingga disebutlah Pulau Pramuka.

Nah, begitulah ceritanya. Lalu bagaimana ya rute menuju tempat ini ?

Rute dan Lokasi Menuju Pulau Pramuka

Rute dan Lokasi Menuju Pulau Pramuka
Rute dan Lokasi Menuju Pulau Pramuka

Bagi wisatawan yang sebelumnya sudah memesan paket wisata. Maka tidak perlu khawatir untuk akses menuju ke tempat ini.Tetapi, bagi seseorang yang berwisata secara mandiri maka hal ini harus dipikirkan.

Untuk menuju pulau ini ada dua tempat yang bisa anda tuju. Anda bisa berangkat dari Dermaga Marina di Pantai Ancol dan Pelabuhan Kali Adem yang bertempat di Muara Angke. Anda akan dibawa dengan kapal menuju pulau pramuka.

Anda bisa menaiki kapal ferry atau menggunakan speed boat. Jika budget liburan anda minim, menaiki kapal ferry adalah pilihan yang tepat karena lebih murah daripada menggunakan speed boat. Untuk naik kapal ferry anda cukup pergi ke Pelabuhan Kali Adem Muara Angke dan membayar sebanyak Rp. 50.000 ditambah dengan asuransi Rp.4.000. Membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk sampai di lokasi.

Namun, jika anda ingin lebih cepat anda bisa menaiki speed boat yang ada di Dermaga Marina dan membayar sekitar Rp.250.000 dan akan sampai ke lokasi sekitar 45 menit hingga 1 jam. Silahkan pilih yang membuat anda nyaman. Sesampainya di lokasi anda akan ditarik Rp.5.000 untuk tiket masuk. Harga yang terjangkau untuk keindahan alam yang mempesona.

Fasilitas yang Sudah Ada di Pulau Pramuka

Fasilitas yang Sudah Ada di Pulau Pramuka
Fasilitas yang Sudah Ada di Pulau Pramuka

Anda pasti berfikir jika berlibur ke pulau maka yang akan muncul di bayangan anda adalah kehidupan di alam bebas yang tidak ada toilet atau fasilitas lainnya. Eiitss jangan salah, semakin hari tempat wisata ini semakin berbenah. Berikut adalah beberapa fasilitas yang sudah ada :

Penginapan yang Nyaman

Di sana sudah ada penginapan yang nyaman lho. Mulai dari resort, guest house, atau villa. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Anda hanya tinggal memilih dan menyesuaikannya dengan kantong atau budget anda.

Sebaiknya, anda melakukan survei ke beberapa tempat untuk menentukan penginapan mana yang cocok dan tepat bagi anda, keluarga atau teman.

Fasilitas Kesehatan yang Lengkap

Di pulau ini sudah ada fasilitas kesehatan yang memadai. Peralatan kesehatan juga terhitung cukup lengkap. Jadi anda tidak perlu khawatir jika anda merasa kurang enak badan ketika liburan atau membutuhkan penanganan pertama apabila terjadi kecelakaan. Untuk  akses menuju ke fasilitas kesehatan para wisatawan juga dimudahkan.

Jadi, anda bisa berlibur dengan aman, nyaman dan tenang.

Transportasi yang Memadai

Fasilitas lainnya adalah tranportasi yang memadai. Tidak hanya transportasi dari pelabuhan Muara Angke dan Marina saja, tetapi transportasi di dalam pulau juga sudah cukup memadai. Salah satunya disediakan transportasi sepeda untuk berkeliling pulau.

Pemandu Wisata yang Berpengalaman

Jika anda ingin mengetahui pengetahuan setiap sudut pulau anda bisa menyewa seorang pemandu wisata. Pemandu wisata di pulau ini mempunyai kemampuan yang cukup bagus. Dengan memakai jasa pemandu wisata, anda lebih bisa menikmati segala hal yang ada di tempat ini dengan puas.

Menikmati Keindahan Pulau Pramuka

Menikmati Keindahan Pulau Pramuka
Menikmati Keindahan Pulau Pramuka

Selain beberapa fasilitas yang memadai ada lagi beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke sini. Kira-kira apa saja ya keuntungan lain yang didapatkan ?

Sunrise dan Sunset yang Indah

Sunrise dan Sunset yang Indah
Sunrise dan Sunset yang Indah

Berbicara tentang pantai sangat identik dengan keindahan matahari yang jarang kita temukan ketika beraktivitas di rumah atau di tempat kerja. Di pantai, anda bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam seperti tanpa pembatas.

Hal ini tentu bisa anda dapatkan ketika berkunjung ke pulau pramuka. View terbit dan tenggelamnya matahari yang sangat romantis sangat cocok bagi anda yang ingin melakukan prewedding, honeymoon, berkumpul bersama kekasih dan keluarga anda.

Berkeliling Pulau dan Memancing

Berkeliling Pulau dan Memancing
Berkeliling Pulau dan Memancing

Tidak hanya sunrise dan sunset tetapi juga ada penangkaran hiu, konservasi mangrove, dan penangkaran penyu . Anda cukup membayar sewa sepeda kurang lebih Rp.15.000 untuk melihat-lihat semuanya. Termasuk kehidupan sehari-hari penduduk di pulau ini.

Anda juga bisa memancing ikan di pinggiran pantai dengan menikmati indahnya pasir yang putih dan lembut. Bagaimana apakah anda sudah tertarik untuk ke tempat ini ?.

Camping

Camping Pulau Pramuka
Camping Pulau Pramuka

Sama seperti beberapa pantai lainnya yang menyediakan fasilitas camping, di tempat ini juga demikian. Anda bisa mendirikan tenda di sekitar lokasi wisata, sambil bersenda gurau dengan keluarga atau teman anda dan menyantap makanan.

Diving dan Snorkling

Diving dan Snorkling
Diving dan Snorkling

Ini nih, di sini merupakan surganya pecinta diving dan snorkling. Betapa tidak ? air yang masih jernih, terumbu karang yang indah, berbagai jenis ikan masih bisa dinikmati di bawah air.

Jika anda tidak membawa peralatan dari rumah, tenang anda bisa menyewa di tempat penyewaan alat snorkeling yang ada di sekitar lokasi wisata.

Spot Foto yang Indah

Spot Foto yang Indah
Spot Foto yang Indah

Setiap orang pasti menginginkan tempat wisata dengan foto yang indah. Jangan khawatir, pulau ini banyak menyajikan spot-spot foto yang menarik dan indah. Pastinya jika pengambilan fotonya dilakukan dengan benar dan tepat ya.

Setelah mendapat foto yang bagus, anda bisa menguploadnya ke media sosial anda. Entah itu facebook, instagram atau twitter.

Tetapi untuk berkunjung ke tempat wisata ini pastikan anda selalu menjaga keselamatan diri. Jika anda tidak bisa berenang, usahakan jangan bermain-main di laut. Anda masih bisa beralih ke aktivitas yang lainnya.

Intinya jangan melakukan sesuatu yang mengancam keselamatan anda. Yang paling terpenting buang sampah pada tempatnya. Kasihan kan kalau ikan-ikan memakan plastik bekas anda. Selamat liburan.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment