Bali Travel

10 Foto Wisata Pura Lempuyang Bali yang Eksotis dan Keramat

Pura Lempuyang Bali , Bali adalah salah satu pulau di indonesia sangat terkenal dengan adat dan budayanya. Karena mayoritas penduduknya beragama Hindu, maka banyak sekali Pura yang ada di Bali. Salah satu Pura yang terkenal adalah Pura Lempuyang. Pura Lempuyang terletak di Gunung Lempunyang Karangasem Bali. Pura ini merupakan salah satu dari enam tempat suci yang ada di Bali. Atau disebut dengan “Sad Kahyangan Jagad”.

Baca juga : 10 Bukti Cantiknya Curug Luhur di Bawah Kaki Gunung Salak

Wisata Pura Lempuyang Bali yang Eksotis dan Keramat

Wisata Pura Lempuyang Bali yang Eksotis dan Keramat

Tidak hanya sebagai tempat beribadah saja, tetapi Pura Lempuyang juga dibuka bagi para wisatawan yang ingin mengetahui kegiatan apa saja yang berlangsung di Pura dan apa saja isinya.

Rute Lokasi Menuju Pura Lempuyang Bali

Rute Lokasi Menuju Pura Lempuyang Bali

Rute Lokasi Menuju Pura Lempuyang Bali

Untuk lokasinya cukup mudah diakses. Jika anda dari arah  Denpasar, ambillah jalan menuju terminal Karangasem. Dari sini, anda bisa menyewa pick up atau berkendaraan roda dua untuk menuju ke lokasi gerbang masuk Pura. Perjalanan dari Terminal Karangasem menuju Pura kurang lebih 30 menit atau setengah jam.

Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang Bali

Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang Bali

Harga Tiket Masuk Pura Lempuyang Bali

Tiket masuknya Rp.0 rupiah alias gratis. Anda bisa memberikan sumbangan seikhlasnya dan biaya parkir Rp.5.000. Tetapi, karena pura ini adalah tempat ibadah usahakan untuk memberikan sumbangan. Sumbangan bisa anda berikan ketika mengantri untuk mengisi buku hadir.

Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa fakta yang harus anda ketahui ketika ingin berlibur ke Pura Lempuyang.

5 Fakta Pura Lempuyang yang Wajib Anda Ketahui

5 Fakta Pura Lempuyang yang Wajib Anda Ketahui

5 Fakta Pura Lempuyang yang Wajib Anda Ketahui

Berkunjung ke sebuah tempat, perlu pengetahuan awal agar nantinya tidak akan kaget ketika sudah sampai di tempat wisata. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai referensi mengenai apa saja yang harus dipersiapkan. Baik itu fisik maupun peralatan. Jadi, mari kita simak 5 fakta pura di bawah ini :

1. Terlihat Jelas Pemandangan Gunung Agung Bali
Terlihat Jelas Pemandangan Gunung Agung Bali

Terlihat Jelas Pemandangan Gunung Agung Bali

Pertama, walaupun pura  terletak di pegunungan atau lebih tepatnya di Gunung Lempuyang. Anda masih bisa menikmati pemandangan gunung lain. Yaitu gunung yang sangat terkenal di Bali, Gunung Agung.

Baca Juga :  10 Pesona Hutan Mangrove Jakarta dan Beragam Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Banyak wisatawan yang ingin pergi ke pura ini untuk mengabadikan foto lava Gunung Agung yang bersinar ketika gelap. Bagi sebagian orang menganggapnya menyeramkan, tetapi bagi orang yang suka dunia fotografi menganggap bahwa hal ini adalah momen yang magis dan langka.

Tetapi anda jangan khawatir, pura ini masih dalam zona aman karena berjarak kurang lebih sekitar radius aman 19 km dari Gunung Agung. Jadi, bagi anda yang ingin mengetahui erupsi Gunung Agung secara langsung, silahkan berkunjung ke tempat ini.

2. Merupakan Pura Tertinggi di Bali
Merupakan Pura Tertinggi di Bali

Merupakan Pura Tertinggi di Bali

Fakta selanjutnya yaitu ternyata pura ini merupakan pura tertinggi se pulau dewata Bali. Pura Lempuyang terletak di ketinggian 1.100 m di atas permukaan air laut. Cukup tinggi kan?

Ada dua pilihan untuk menuju gerbang pertama, melewati anak tangga anak tangga atau melewati jalan aspal. Bisa anda pilih salah satu yang sekiranya membuat anda nyaman. Keuntungan menaiki anak tangga adalah sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan pemandangan hutan yang masih terjaga keasriannya. Sehingga dapat membuat fikiran anda fresh.

3. Kewajiban Memakai Sarung Ketika di Pura
Kewajiban Memakai Sarung Ketika di Pura

Kewajiban Memakai Sarung Ketika di Pura

Fakta lainnya yang harus diketahui adalah anda harus memakai sarung selama berada di pura ini. Di pintu masuk ada seseorang yang menanyai apakah anda sudah membawa sarung. Jika sudah, anda akan diarahkan untuk memakai sarung tersebut selama berada di dalam kawasan Pura.

Tetapi jika belum, anda akan diwajibkan menyewa sarung yang sudah disediakan. Persarungnya dibandrol dengan harga Rp.10.000. Jadi, setelah anda membaca artikel ini dan berniat berkunjung ke Pura Lempuyang, jangan lupa membawa sarung ya.

4. Peraturan-Peraturan yang Harus Dipatuhi
Peraturan-Peraturan yang Harus Dipatuhi

Peraturan-Peraturan yang Harus Dipatuhi

Karena pura adalah tempat ibadah bagi orang yang beagama Hindu. Anda wajib mematuhi beberapa peraturan yang sudah ditetapkan. Peraturan akan dibacakan oleh Bli Made di pintu masuk.

  • Pertama, tidak boleh berbicara kotor. Sudah sangat jelas dimanapun anda berada (tidak hanya di dalam pura saja) usahakan jangan berbicara kotor.
  • Kedua, jika berpose foto usahakan tidak mengangkat kaki terlalu tinggi. Karena dianggap tidak sopan apabila kaki terlalu tinggi hingga mendekati kepala.
  • Ketiga, karena di Pura terdapat tiga pintu gerbang dan masing-masing pintu gerbang ada tangganya. Maka anda harus berjalan di tangga sebelah kanan dan sebelah kiri. Kenapa ? karena tangga yang tengah dipercaya sebagai jalan dewa atau dewi pada saat upacara keagamaan. Maka tidak sopan jika anda berjalan di tempat jalan dewa.
  • Keempat,  tidak boleh menduduki patung naga yang ada di sebelah kanan dan kiri pintu gerbang. Dan yang kelima, bagi anda yang sedang haid, maka tidak diperbolehkan masuk ke pura ini.
Baca Juga :  10 Foto Keindahan Ayana Gedong Songo Semarang, Wajib Dikunjungi

Walaupun mungkin anda adalah orang Islam dan tempat yang anda masuki adalah tempat orang Hindu. Anda tetap haus mematuhi peraturan di atas. Karena bagaimanapun itu adalah tempat ibadah umat lain dan kita harus menghargainya. Niat menghargai saja bukan niat menyamaratakan semua tempat ibadah atau semua agama.

Setelah mengetahui beberapa peraturan di atas, anda pastinya sudah bisa memikirkan apa saja yang perlu disiapkan kan ? yang paling penting jangan lupa sedia air minum. Karena anak tangga yang akan anda lalui berjumlah sangat banyak. Diprediksi sekitar 1.700 anak tangga menuju puncak yang harus anda lalui.

5. Gerbang Surga di Pura Lempuyang
Gerbang Surga di Pura Lempuyang

Gerbang Surga di Pura Lempuyang

Nah, fakta terakhir ini adalah fakta yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat. setelah sampai di gerbang pertama anda akan disuguhkan spot foto yang sangat menarik. Orang-orang sering menyebutnya gerbang surga. Di situ sudah ada tour guide yang bersedia memfoto anda. Eitss bukan fotografer abal-abal ya, bisa dipastikan anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

Berdasarkan informasi, fotografer yang bertugas untuk memfotokan membawa sebuah kaca yang diciprati air. Sehingga membawa efek air di hasil foto anda. Bisa anda bayangkan betapa indahnya?

Penasaran dengan bagaimana sih sebenarnya bentuk gerbang surga yang instagramable banget ? silahkan berkunjung ke Pulau Dewata.

Nah, di atas adalah beberapa fakta yang ada di Pura Lempuyang ? Bagaimana apakah anda sudah membayangkan bentuk dan keindahannya? Apakah anda sudah membuat rencana perjalanan liburan ke sana ? Jika belum, anda harus memulai merencanakannya sekarang.

Tips Berkunjung ke Objek Wisata Pura Lempuyang Bali

Tips Berkunjung ke Objek Wisata Pura Lempuyang Bali

Tips Berkunjung ke Objek Wisata Pura Lempuyang Bali

Namun tetap ada tips-tips yang anda lakukan ketika berkunjung ke kawasan ini. Pertama, anda harus memiliki ketahanan fisik. Mengapa ? karena seperti yang telah kita ketahui jumlah anak tangga sangatlah banyak. Sehingga ketika anda ke sini dalam keadaan sakit pasti akan berdampak buruk pada keseharan anda.

Kedua, sebaiknya sebelum berkunjung ke tempat wisata ini anda harus melakukan sedikit pemanasan agar tidak merasa sakit di sendi atau tulang-tulang anda. Ketiga, selalu hormati peraturan yang sudah diberlakukan dan disampaikan.

Terakhir, selamat berlibur ke Pulau Dewata. Semoga adanya ulasan tentang tempat wisata pura lempuyang Bali ini bisa Anda jadikan referensi liburan Anda bersama dengan orang terdekat. Terimakasih.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment