Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Jawa Barat Travel

10 Keindahan Wisata Alam Ranca Upas Bandung yang Mengedukasi

Wisata Alam Ranca Upas Bandung – Jika membicarakan wisata yang ada di Kota Bandung pastinya tidak akan pernah ada habisnya. Kota yang memiliki keindahan alam ini menyimpan banyaknya tempat-tempat yang menarik. Salah satunya adalah tempat wisata Ranca Upas. Wisata alam ini sangat cocok anda kunjungi Bersama keluarga anda, selain menyajikan keindahan alam yang mempesona, kawasan wisata ini juga dapat mengedukasi anda maupun anak-anak anda.

Baca juga : 10 Foto Keseruan Berlibur di Hawai Waterpark Malang

Keindahan Wisata Alam Ranca Upas Bandung yang Mengedukasi

Keindahan Wisata Alam Ranca Upas Bandung yang Mengedukasi

Kawasan Wisata Alam Ranca Upas mempunyai luas hingga sekitar 215 hektar. Tentunya dapat anda bayangkan dengan luas ratusan hektar pastinya anda akan banyak melihat keindahan alam yang mengagumkan. Di setiap sudutnya anda akan melihat pemandangan yang asri dan alami, sehingga dapat mengobati rasa penat anda terhadap pekerjaan maupun masalah lainnya.

Kawasan Wisata Ranca Upas Bandung yang Menarik

Kawasan Wisata Ranca Upas Bandung yang Menarik

Kawasan Wisata Ranca Upas Bandung yang Menarik

Kawasan ini menjadi salah satu kawasan wisata hutan lindung yang terdapat di Kota Bandung. Selain menjadi tempat wisata, kawasan ini juga menjadi salah satu tempat konservasi dari berbagai macam flora maupun fauna. Disini anda dapat menemukan beberapa tanaman langka seperti Huru, Jamuju, Kitambang, Kihujan dan beberapa tanaman langka lainnya. Anda juga akan menemukan beberapa burung maupun rusa.

Kawasan hutan lindung ini berada di daerah selatan Bandung dengan ketinggian sekitar 1700 meter dari atas permukaan laut. Tentu saja berada di lokasi dengan ketinggian tersebut anda akan merasakan udara yang cukup sejuk. Terlebih lagi kawasan yang ada di sana masih sangat alami dan juga asri. Suhu yang terjadi di kawasan tersebut berkisaran sekitar 17 derajat celcius hingga 20 derajat celcius. Tentu saja dengan suhu tersebut anda harus menyiapakan jaket yang tebal.

Fasilitas Kawasan Wisata Ranca Upas

Fasilitas Kawasan Wisata Ranca Upas

Fasilitas Kawasan Wisata Ranca Upas

Selain terdapat hutan lindung, di kawasan ini juga terdapat beberapa fasilitas yang akan memanjakan liburan anda. Beberapa fasilitas yang ada adalah sebagai berikut :

Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure
Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure

Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure

Fasilitas yang pertama adalah tempat camping yang telah disediakan oleh pengelola Kampung Cai Ranca Upas. Area ini menjadi salah satu tempat wisatawan untuk bermalam menikmati keindahan alam serta dinginnya udara di Ranca Upas. Area smart camp ini sangat luas, sangking luasnya bisa menampung kapasitas sekitar 10.000 orang.

Baca Juga :  5 Wisata Pantai Di Malang Yang Hits Dan Populer

Dengan adanya area camping yang luas serta pemandangan hutan lindung disekitarnya pasti akan membuat anda betah untuk berlama-lama tinggal di sana. Terbayang betapa serunya melakukan kegiatan camping bersama keluarga maupun teman di sekitar hutan lindung yang masih asri dan sejuk.

Penangkaran Rusa Ranca Upas
Penangkaran Rusa Ranca Upas

Penangkaran Rusa

Selain area camping terdapat juga area penangkaran rusa yang bisa anda nikmati saat berlibur di kawasan ini. Rusa merupakan salah satu fauna yang dibiarkan untuk hidup dan berkembang biak di alam yang bebas. Sehingga rusa tidak merasa terganggu, selain itu kawasan ini juga dibangun sesuai dengan habitat aslinya.

Sehingga di sini anda juga dapat menikmati ke indahan alam dengan melihat rusa-rusa yang berkeliaran bebas. Tidak hanya itu, anda juga dapat melihat rusa dari dekat sembari membelai bulunya dan memberi makan. Pastinya akan sangat seru bukan? Berwisata alam dan bermain dengan rusa yang ada di sekitar kawasan wisata Ranca Upas.

Pemandian Air Panas Ranca Upas
Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas

Tidak hanya sampai disitu, selain fasilitas camping dan penangkaran rusa terdapat pula pemandian air panas yang dapat anda nikmati.  Sehingga anda tidak perlu kawatir dengan dinginnya kawasan wisata ini. Anda dapat menikmati air panas di tengah dinginnya udara di Ranca Upas. Terbayang betapa nikmatnya berendap air panas dengan melihat pemandangan alam yang asri.

Selain itu terdapat pula waterboom yang bisa anda nikmati bersama keluarga anda, sehingga anda tidak perlu khawatir ketika mengajak anak anda berlibur di sini. Selain belajar mengenai flora dan fauna anak anda juga bisa bermain dan berenang dengan gembira di kawasan wisata ini.

Fun Adventure Ranca Upas
Fun Adventure Ranca Upas

Fun Adventure

Sepertinya kawasan wisata ini sudah dirancang dengan sebaik mungkin, dengan banyaknya fasilitas yang diberikan untuk pengunjung. Fasilitas selanjutnya adalah Fun Adventur, pada fasilitas ini anda dapat melakukan kegiatan outbond. Pastinya kegiakan ini akan sangat menarik karena dilakukan di sekitar hutan lindung.

Dalam fasilitas fun adventure ini anda dapat menikmati wahana permainan seperti Flying Fox, Elvis Bridge, Jembatan Goyang, Burma V, Paintball serta sepeda gunung. Tentu saja anda beserta keluarga maupun teman-teman anda akan di manjakan dengan berbagai permainan ini.

Baca Juga :  Terkenalnya Destinasi Wisata Malioboro Yogyakarta Indonesia
Fun Game Ranca Upas
Fun Game Ranca Upas

Fun Game

Selain fasilitas Fun Adventure terdapat pula fasilitas Fun Game, tentunya berbeda dengan Fun Adventur. Pada fasilitas ini terdapat wahana permainan perahu, yang dapat anda maikan bersama keluarga maupun teman-teman anda. Perahu-perahu yang disediakan di sana berbentuk seperti kayak. Perahu tersebut dapat membawa anda ke area kolam dengan menikmati panorama Ranca Upas yang sangat mengakumkan.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk berlibur di kawasan ini? Pastikan anda mengajak keluarga atau teman-teman anda untuk menikmati semua fasilitas yang ada di kawasan ini. Pastinya akan membuat kebersamaan keluarga maupun teman menjadi lebih erat.

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Jika anda tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata ini, pastinya anda harus membeli tiket terlebih dahulu. Tenang saja, harga tiket yang ditawarkan cupuk terjangkau dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan di kawasan ini. Harga tiket masuk 2019 adalah Rp 15.000, sedangkan jika ingin melakukan camping dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang untuk sewa tempat. Untuk sewa tenda akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 – Rp 750.000 tergantung dengan jenis tenda yang ingin anda gunakan. Jika anda ingin lebih hemat, anda dapat membawa tenda dan perlengkapan camping lainnya sendiri.

Sementara untuk harga parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk roda empat dan Rp 2.000 untuk roda dua sekali parkir. Bagi yang datang rombongan menggunakan bus akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 20.000. sangat terjangkau bukan? Dengan harga tersebut anda sudah dapat menikmati keindahan alam dengan banyaknya fasilitas yang telah disediakan oleh pengelola.

Rute Menuju Ranca Upas

Rute Menuju Ranca Upas

Rute Menuju Ranca Upas

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini berlokasi di Jalan Ciwedey-Patengan Km 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Rute untuk menuju tempat ini sangat mudah, anda hanya memerluka waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Bandung jika menggunakan kendaraan pribadi.

Rute paling gampang adalah dari jalan Selatan Bandung, menuju Soreang, dan dilanjut kea rah Ciwedey. Kawasan wisata alam Ranca Upas tidak jauh dengan wisata Situ Patenggang dan Kawah Putih. Lokasinya hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari dua kawasan wisata tersebut.

Itulah beberapa ulasan dari kami mengenai fasilitas, harga tiket, dan rute menuju Ranca Upas. Dengan adanya ulasan ini semoga dapat mempermudah anda untuk menemukan tempat berlibur keluarga yang seru dan mengedukasi. Selamat Berlibur!

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment