by

Rumah Minimalis 1 Lantai: Leluasa di Lahan Terbatas

Rumah minimalis 1 lantai sudah menjadi kebutuhan primer yang diprioritaskan bagi masyarakat Indonesi Rumah ini tentu bakal menjadi aset yang berharga. Laju harga properti yang selalu naik menjadi alasan kenapa berinvestasi dengan membeli rumah adalah pilihan yang cocok untuk jangka panjang.

Namun selain investasi, memenuhi kebutuhan primer menjadi alasannya. Tidak selamanya kita nyaman untuk tinggal bersama orang tua atau mertua. Sebab kita juga butuh tempat tinggal sendiri untuk membesarkan anak-anak kita hingga besar nanti. Rumah minimalis tentu bisa menjadi pilihan yang realistis.

Nah, untuk ide-ide dan inspirasinya, kita sudah siapkan buatmu. Berikut adalah sederet inspirasi rumah minimalis 1 lantai yang bisa kamu simak. Cek yuk!

Rumah Minimalis 1 Lantai 2 Kamar Tidur

rumah minimalis 1 lantai 2 kamar tidur

Rumah minimalis dengan 2 kamar tidur sudah bisa diakomodir lewat lahan satu lantai. Kebutuhan keluarga muda cukup untuk 2 kamar tidur saja. Dan di lahan yang mungil, kebutuhan 2 kamar ini sudah bisa membuat nyaman pemiliknya. Tinggal mengatur tata letak yang sesuai standar ruang yang dikehendaki.

Model 2 kamar tidur ini biasanya populer di kalangan keluarga muda. Dan ciri khasnya, 2 kamar tidur dipisahkan oleh satu kamar mandi di tengah-tengahnya. Dan pencahayaan juga sirkulasi udara di dapat dari jendela yang membelakangi kamar mandi tadi. Jadi, jendela masing-masing kamar ke depan dan ke belakang.

Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur

rumah minimalis 1 lantai 3 kamar tidur

Apabila anggota keluarga sudah bertambah, maka pemilik bisa menambah kamar tidur lagi. Menjadi 3 kamar tidur. Kebutuhan kamar tidur ini tidak bisa jika lahan terbatas. Jika dipaksakan, maka bisa jadi ukurannya harus dikecilkan dan ruangan lain menjadi korbannya. Alhasil, ketidaknyamanan bisa terjadi.

Maka, lahan yang dibutuhkan untuk 3 kamar tidur tentulah cukup luas. Tidak dianjurkan untuk memaksakan ukuran yang sempit karena itu bisa mengakibatkan suasana rumah menjadi panas. Kebingungan mencari pencahayaan dan sirkulasi juga bakal terjadi. Karena itu, syaratnya hanya satu: pastikan lahannya mencukupi.

Rumah Minimalis 1 Lantai 4 Kamar Tidur

rumah minimalis 1 lantai 4 kamar tidur

Sekarang giliran rumah dengan jumlah 4 kamar tidur. Tentu ini bukan rumah biasa. Rumah dengan kamar tidur lebih dari 3 sudah bisa dikatakan sebagai rumah mewah. Kesan minimalis tetap ada, lewat penggunaan material yang minimal dan furniture yang multifungsi. Hanya, luasnya cukup besar.

Karenanya, lagi-lagi, syarat utama untuk membangun ruang yang banyak di satu lantai adalah luas yang mencukupi. Jika luas terbatas, maka tidak dianjurkan untuk memaksakan ruangan yang ada. Karena itulah perlu siasat apabila ingin menambah ruang. Dalam kasus kamar tidur, bisa menggunakan kasur bertingkat.

Rumah Minimalis 1 Lantai Mewah

rumah minimalis 1 lantai mewah

Kesan mewah tentu akan muncul dengan sendirinya ketika luas lahan rumah begitu besar. Ketika jumlah ruang di dalam rumah cukup banyak, maka rumah tersebut sudah bisa dikatakan sebagai rumah mewah. Kemewahan rumah juga bisa diakali dengan dekorasi. Dekorasi yang ada di dalam ruang.

Rumah mewah ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Rumah yang berisi furniture menarik, hiasan dari tanaman, lukisan, pernak-pernik hasil dekorasi ruang. Hal ini tentu bakal mengalihkan perhatian kita dari sempitnya ruang, apabila memang lahan yang dimiliki terbatas dan tidak luas.

Rumah Minimalis 1 Lantai Modern

rumah minimalis 1 lantai modern

Kesan modern juga bisa diciptakan lewat rumah minimalis. Rumah minimalis yang minim ornamen bisa menciptakan kesan modern. Rumah-rumah modern biasanya justru minim hiasan. Sebab gaya hidup minimalis kini juga menjadi tren di kalangan masyarakat urban dengan menciptakan nuansa monokrom: hitam dan putih.

Hal ini justru menguntungkan. Sebab kita tidak perlu jor-joran menghabiskan dana untuk mengisi rumah dengan perabot mahal dan mewah. Justru dengan barang-barang bekas, bisa diubah menjadi furniture yang berguna dan dapat memberikan kesan modern. Unik, bukan? Makanya, siasati terus untuk kebutuhan ruang.

Rumah Minimalis 1 Lantai Sederhana

rumah minimalis 1 lantai sederhana

Lain halnya dengan minimalis, sederhana lebih ke pemakaian material. Material yang ada dan harganya terjangkau biasanya memang diperlukan. Kesan sederhana ini biasanya ada ketika kita berjalan-jalan di desa. Banyak rumah yang sederhana, namun justru memberikan ketenangan bagi pemiliknya.

Rumah 1 lantai yang sederhana bisa dibangun dengan dana yang sederhana pula. Membangunnya pun secara bertahap. Dan ketika sudah jadi nantinya, rasa bahagia tak keruan pasti akan kentara. Membangun rumah yang tidak selamanya harus mewah, melainkan kesederhanaan justru memberikan kebahagiaan.

Rumah Minimalis 1 Lantai Atap Miring

rumah minimalis 1 lantai atap miring

Atap miring kini juga menjadi sorotan. Atap miring tentu akan menambah estetika pada rumah yang kita tinggali. Sebab masih minim rumah yang menggunakan atap miring. Sehingga, kesan unik dan menarik bakal terpancar dari rumah kita. Atap miring biasanya juga kental dengan kesan modern.

Banyak rumah yang dirancang oleh arsitek ternama menggunakan jenis atap miring. Hal ini dipilih karena memang estetika yang diperoleh dari atap miring cukup memberikan kesan yang kuat. Atap miring ini bisa menambah kesan unik dan modern bagi rumah yang sebenarnya biasa-biasa saja.

Rumah Minimalis 1 Lantai Ada Garasi

rumah minimalis 1 lantai ada garasi

Apabila pemilik rumah memiliki mobil pribadi, maka penting sekali untuk menyiapkan garasi. Atau, paling minimal adalah carport. Jangan lupa dilengkapi dengan pagar rumah agar keamanan bisa dijangkau. Rumah dengan garasi ini tentu akan menambah keamanan pada mobil.

Mobil juga akan mudah untuk dirawat jika ada tempat garasi. Atau, dalam kasus carport, pemilik bisa menambah kanopi untuk melindungi mobil dari panas sinar matahari. Bisa juga dengan menambah tanaman merambat untuk memberikan kesan sejuk, asri, dan menyegarkan pada rumah.

Rumah Minimalis 1 Lantai dan Ruko

rumah minimalis 1 lantai dan ruko

Berjualan nampaknya menjadi opsi yang paling rasional untuk mendapat penghasilan tambahan untuk ibu rumah tangga. Berwirausaha tentu bukan pilihan yang semena-mena, butuh perencanaan dan proses yang panjang. Karenanya, merencanakan rumah dengan toko juga perlu pertimbangan matang.

Namun apabila lokasi rumah dirasa strategis, menambah toko akan membuat strategi berjualan makin bagus. Lokasi sangatlah menentukan kelangsungan bisnis karena di situlah tempat orang ramai melakukan aktivitasnya. Di mana, orang-orang tersebut merupakan calon pelanggan yang potensial.

Rumah Minimalis 1 Lantai Mungil

rumah minimalis 1 lantai mungil

Lahan yang terbatas bukanlah alasan untuk tidak membangun rumah. Banyak sekali alternatif yang bisa dipilih. Mulai dari membuatnya bertingkat, hingga menjadikan satu ruang berfungsi ganda. Misalnya, ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga. Hal ini bisa dilakukan di rumah mungil.

Alternatif lainnya juga bisa meminimalkan lahan terbuka seperti taman. Apabila memang tidak sering merawat taman, maka taman bisa diperkecil luasannya. Dan mencari alternatif lewat menanam tanaman merambat atau vertikal. Banyak sekali contoh desain rumah yang mungil, namun juga tetap nyaman dihuni.

Itulah tadi sederet ide tentang rumah minimalis 1 lantai yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan ide-ide tadi, kamu dapat menjadi lebih terinspirasi. Dapat pula menambah referensi dan wawasan supaya bisa menentukan rumah tinggal yang nyaman. Juga, dengan harga yang terjangkau tentunya. Semoga bermanfaat, ya!

Nilai Kualitas Konten

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *