Rumah

Rumah Minimalis Sederhana: Budget Minim Tapi Mewah

Rumah minimalis sederhana menjadi pilihan utama para keluarga muda. Desain rumah yang tidak membutuhkan banyak biaya, karena minimnya lahan dan pemanfaatan ruang yang baik. Begitu pula dengan pemilihan material yang akan digunakan untuk membangun rumah idaman kamu.

Merencanakan rumah minimalis yang sederhana biasanya tidak memerlukan budget yang berlebih. Tergantung pada kondisi finansial kamu dan hal ini bisa diakali dengan memanfaatkan ruang di setiap lahannya. Dengan penataan ruang, rumah sederhana bisa disulap menjadi rumah yang terlihat mewah lho!

Baca juga : Gambar Rumah Minimalis: Temukan Inspirasimu!

Seperti apa kira-kira, rumah minimalis sederhana yang bisa menginspirasimu kali ini? Berikut telah WikiPie rangkum untukmu dan silakan dicermati ya. Cek yuk!

Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai

Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai

Ingin membangun rumah sendiri dengan budget terbatas? Ya, 1 lantai solusinya. Membangun beberapa ruang utama dengan perabot yang sederhana. Begitu pula dengan aksen-aksen yang dibangun di rumah sederhana ini. Tidak memerlukan banyak finishing yang memakan biaya besar dan membengkak.

Rumah sederhana 1 lantai begitu banyak inspirasi yang bisa kita ambil. Di internet, termasuk YouTube, sudah menggambarkan banyaknya ragam konten denah rumah 1 lantai. Kamu bisa cari dengan gaya yang sesuai keinginan. Model-model rumah ini biasanya dibuat oleh desainer menggunakan aplikasi Google SketchUp.

Rumah Minimalis Sederhana 2 Lantai

Rumah Minimalis Sederhana 2 Lantai

Apabila memiliki dana yang cukup dan ingin menambah ruang di rumah kamu, maka solusi yang bisa diambil adalah membangun rumah sederhana 2 lantai. Rumah dengan penempatan ruang yang cukup efisien. Meemanfaatkan lahan terbatas untuk kemudian digunakan sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Rumah bertingkat ini bisa didesain unik dan memanfaatkan ketinggian. Desainer arsitek biasa menyebutnya dengan rumah split level. Batas tinggi bangunan yang diatur oleh Pemerintah membuat owner harus berpikir ulang dalam mendesain bangunan bertingkat agar tidak melebihi tinggi yang telah ditetapkan.

Rumah Minimalis Sederhana Tampak Depan

Rumah Minimalis Sederhana Tampak Depan

Selanjutnya, rumah minimalis tampak depan menggambarkan bagaimana rumah yang akan dibangun berdiri kokoh di lahan yang telah disiapkan. Tampak depan memberikan gambaran kepada kita seperti apa jika rumah tersebut sudah selesai dibangun. Bagaimana kesan yang ditampilkan oleh rumah impian tersebut.

Baca Juga :  Gambar Rumah Minimalis: Temukan Inspirasimu!

Tampak depan juga memberi kesan gaya bangunan yang diusung. Dalam hal ini, rumah minimalis sederhana ditunjukkan lewat tampak depan yang tidak terlalu banyak ornamen, tekstur, dan material. Semuanya menggunakan gaya sederhana dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang ada.

Rumah Minimalis Sederhana 2 Kamar

Rumah Minimalis Sederhana 2 Kamar

Kebutuhan kamar nampaknya menjadi hal penting ketika kita mempersiapkan desain rumah. Rumah minimalis sederhana menggunakan 2 kamar menjadi populer. Selain karena kebutuhan bisa terpenuhi, budget yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Untuk ukuran rumah 6×12 meter, 2 kamar menjadi cukup umum.

Kebutuhan rumah dengan 2 kamar ini biasanya dimiliki oleh keluarga muda. Keluarga dengan anak-anak yang ingin memiliki kamar sendiri. Tentu kamar anak hanya tersedia 1 saja. Kalau ingin berbagi dengan sang kakak, misalnya, maka harus diberikan kasur bertingkat agar bisa memanfaatkan lahan yang ada.

Rumah Minimalis Sederhana 3 Kamar

Rumah Minimalis Sederhana 3 Kamar

Jika tidak ingin repot menyiapkan perabot kasur bertingkat, maka menyediakan kamar yang lebih banyak merupakan solusi yang pas. Namun begitu, konsekuensinya adalah lahan yang dibutuhkan semakin luas, maka biaya bangun rumah yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

Namun tidak apa-apa jika memang sudah direncanakan dan ditetapkan anggarannya. Memilih rumah dengan 3 kamar dapat menjadi solusi yang baik apabila sang anak menginginkan kamar sendiri. Dalam kasus ini maksimal 4 anak, dengan masing-masing kamar diberi kasur bertingkat.

Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah

Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah

Tidak selamanya rumah minimalis yang dibangun tidak dapat menimbulkan kesan mewah. Justru jika kita mampu mengakali, rumah yang biasa-biasa saja terlihat lebih elegan dan mewah ketika masuk ke dalamnya. Kuncinya terletak pada pemilihan perabot yang digunakan serta warna cat rumah yang dipilih.

Warna cat sangat berpengaruh untuk memberikan kesan rumah sederhana tapi mewah. Kesan mewah bisa terpancar lewat pantulan cat elegan yang dipilih menggunakan warna-warna soft dan kuat seperti abu-abu, krem, biru muda, hingga kuning pekat. Warna-warna yang agak ngejreng namun menambah kesan keren.

Rumah Minimalis Sederhana Ada Garasi

Rumah Minimalis Sederhana Ada Garasi

Keberadaan garasi menjadi sangat penting jika sang pemilik menggunakan mobil sebagai alat transportasi pribadi. Garasi menjadi hal yang krusial untuk menyimpan mobil agar tidak terkena panas dan hujan berlebih. Demi merawat mobil yang sudah dibeli dengan susah payah agar tidak mudah rusak atau tak terawat.

Baca Juga :  Tips Memilih Furniture Untuk Rumah Minimalis

Apabila garasi yang dibutuhkan tidak ada, atau tidak cukup lahan, maka bisa menggunakan carport yang di atasnya diberi atap. Atap carport ini tidak perlu atap permanen seperti dag semen. Cukup dengan tiang besi dan pergola yang diberi tanaman merambat, carport sudah bisa menjadi sisi asri di ruang terbuka pula.

Rumah Minimalis Sederhana Atap Limas

Rumah Minimalis Sederhana Atap Limas

Jika kebanyakan rumah minimalis menggunakan atap pelana, pemilihan atap limas justru akan menambah kesan elegan. Berbeda dari perumahan-perumahan biasanya yang mengandalkan atap pelana sebagai modelnya. Atap limas memberikan kesan tradisional namun dengan model rumah kekinian, justru terlihat modern.

Atap limas nampaknya menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Atap limas dipilih karena sejak dulu kala, orang Indonesia mengenal kata “rumah” dengan atap limas. Dan untuk memenuhi hal tersebut, pemilihan atap limas mampu melestarikan gaya arsitektur Indonesia sekaligus model yang elegan.

Rumah Minimalis Sederhana Bentuk L

Rumah Minimalis Sederhana Bentuk L

Tidak selamanya rumah yang dibangun memiliki bentuk persegi panjang. Memang tanah atau kavling yang ada di pasaran kebanyakan adalah memanjang. Lebar sekian meter dan panjang sekian meter. Bentuknya memanjang dari depan ke belakang dengan bentuk persegi panjang yang simetris.

Namun ketika dihadapkan dengan lahan berbentuk L, justru akan menambah sedikit tantangan. Baik bagi desainer arsitek, kontraktor, maupun pemilik rumah itu sendiri. Pemilihan ruang dan zonasi yang ditentukan pun harus dipikirkan matang-matang. Rumah berbentuk L di Indonesia termasuk jarang dimiliki. Unik ya!

Rumah Minimalis Sederhana Gaya Eropa

Rumah Minimalis Sederhana Gaya Eropa

Soal gaya, minimalis tidak melulu harus seperti rumah yang berjejer di perumahan kota. Rumah minimalis sebenarnya bisa dibangun dengan memadukan gaya-gaya lainnya. Termasuk gaya eropa. Gaya eropa biasanya mengedepankan pemanfaatan ruang dan pemakaian material yang modern.

Pemilihan kaca rumah menjadi penting karena biasanya rumah gaya eropa sangat memperhatikan hal ini. Pencahayaan yang maksimal disertai penggunaan material yang baik, rumah sederhana bisa disulap menjadi rumah modern. Seperti rumah-rumah di Eropa yang terkenal dengan kecanggihan material dan teknologinya.

Nah, itu dia tadi sederet hal yang bisa kami sampaikan soal rumah minimalis sederhana. Semoga bisa menambah wawasan kamu soal memilih desain rumah yang bagus dan cocok untukmu ya. Selamat merencanakan, percayakan pada arsitek dan kontraktor, rawat rumah kamu untuk masa depan.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment