Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Jawa Tengah Travel

Intip 10 Foto Keindahan Tempat Wisata Taman Sari Jogja yang Bersejarah

Wisata Taman Sari Jogja – Bagi anda yang ingin mencari spot foto instagrammable, Taman Sari Yogyakarta ini sangatlah tepat untuk dijadikan destinasi wisata pilihan anda. Taman Sari Yogyakarta atau  yang biasa juga dikenal dengan nama Taman Sari Keraton ini dibangun sejak zaman Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1758-1765. Kemudian taman seluas lebih dari 10 hektar ini dimanfaatkan sekitar tahun 1765 hingga tahun 1812 lamanya.

Baca juga : 10 Foto Keindahan Tempat Wisata Pulau Seribu Nan Elok

Keindahan Tempat Wisata Taman Sari Jogja yang Bersejarah

Keindahan Tempat Wisata Taman Sari Jogja yang Bersejarah

Konon katanya kompleks Taman Sari ini didirikan di atas puing-puing Pesanggrahan Garjiwati atau bekas keraton lama  yang kemudian dimanfaatkan oleh Susuhunan Paku Buwono II. Susuhunan Paku Buwono II memanfaatkan tempat tersebut sebagai tempat peristirahatan kereta kuda yang akan dibawanya ke Imogiri.

Untuk lebih jelasnya berikut ini potret keindahan objek wisata taman sari Jogja yang wajib Anda kunjungi ketika mengunjungi kota istimewa yang satu ini.

Keindahan Gaya Arsitektur Taman Sari Jogja

Keindahan Gaya Arsitektur Taman Sari Jogja

Keindahan Gaya Arsitektur Taman Sari Jogja

Gaya arsitektur bangunan dari Kompleks Taman Sari merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Jawa dan Portugis. Hal  ini dikarenakan arsitek Kompleks Taman Sari merupakan seseorang berkebangsaan Portugis yang biasa dikenal dengan nama Demang  Tegis. Sedangkan seluruh biaya pembangunan Taman Sari ini ditanggung oleh Tumenggung Prawirosentiko yang  mana pada saat itu menjabat sebagai Bupati Madiun. Sehingga penduduk Madiun pun  dibebaskan membayar pajak sebagai imbalannya.

Adapun pimpinan proyek pembangunan Taman Sari sendiri, awalnya dipegang oleh Tumenggung Mangundipuro. Akan tetapi di tengah perjalanan Tumenggung Mangundipuro mengundurkan diri yang kemudian diganti oleh Pangeran Notokusumo.  Adapun di dalam kompleks Taman Sari ini terdapat bangunan gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, dan sebagainya.

Taman Sari ini dibagi  menjadi 4 bagian. Bagian yang pertama merupakan danau buatan. Danau buatan ini terletak di sebelah barat. Danau buatan ini terdapat bangunan di tengah-tengahnya. Selain itu berbagai bangunan lainnya, taman, dan kebun juga terlihat indah menghiasi sekitar danau buatan tersebut. Konon katanya, danau buatan ini dulunya dimanfaatkan sebagai tempat bersampan sultan dan keluarga  kerajaan.

Keeksotisan Danau Buatan Taman Sari Jogja

Keeksotisan Danau Buatan Taman Sari Jogja

Keeksotisan Danau Buatan Taman Sari Jogja

Akan tetapi danau buatan ini sudah tidak lagi berisi air. Kini danau buatan tersebut sudah menjadi pemukiman padat yang kini dikenal dengan Kampung Taman. Tidak hanya itu saja, di tengah danau buatan juga terdapat pulau buatan yang disebut Pulo  Kenongo karena ditanami oleh Pohon Kenanga.

Baca Juga :  5 Wisata di Semarang yang Bikin Kamu Ogah Pulang

Di atas pulau buatan tersebut  terdapat gedung berlantai dua  yang disebut Gedhong Kenongo. Saat ini  gedung tersebut tinggal tersisa puing-puingnya saja. Walau begitu anda bisa  menikmati indahnya sunset dan seluruh komponen yang ada di Taman Sari dari atas gedung ini.

Beberapa Pulo yang Ada di Taman Sari Jogja

Beberapa Pulo yang Ada di Taman Sari Jogja

Beberapa Pulo yang Ada di Taman Sari Jogja

Tidak hanya itu saja, di sebelah selatan Pulo Kenongo terdapat deretan bangunan kecil yang disebut dengan Tajug. Bangunan ini berupa menara ventilasi udara bagi terowongan bawah air. Nah, terowongan ini dulunya merupakan jalan masuk menuju Pulo Kenongo.

Di sebelah selatan Pulo Kenongo terdapat pulau buatan lainnya yang biasa dikenal dengan Pulo Cemethi atau Pulo Panembung. Konon katanya, di tempat inilah sultan melakukan meditasi. Sedangkan di sebelah barat Pulo Kenongo terdapat bangunan berbentuk lingkaran yang dikenal dengan Sumur  Gumuling.  Dulunya bangunan berlantai dua ini digunakan sebagai Masjid.

Sumur Gumuling ini menjadi salah satu spot foto yang cantik di Taman Sari. Hal ini dikarenakan bentuk dari Sumur Gumuling yang terbilang unik.  Di kedua lantainya terdapat ceruk di dinding yang dulunya difungsikan sebagai mihrab, tempat imam sholat dan memberikan ceramah.

Adapun di bagian tengah bangunan yang terbuka  terdapat empat anak tangga naik yang bertemu di bagian  tengah berbentuk persegi. Di bawah pertemuan jenjang berbentuk persegi itu terdapat kolam kecil yang dulunya digunakan sebagai tempat untuk berwudhu.

Spot Foto 5 Anak Tangga Melingkar di Taman Sari Jogja

Spot Foto 5 Anak Tangga Melingkar di Taman Sari Jogja

Spot Foto 5 Anak Tangga Melingkar di Taman Sari Jogja

Sementara itu di  bagian tengah dari  pertemuan keempat anak tangga tadi terdapat satu anak tangga lagi menuju  lantai dua. Wah, bisa  dibayangkan betapa menariknya tempat ini! Jika anda berkunjung ke Taman Sari jangan sampai  terlewat untuk foto di tempat ini! Sangat disarankan untuk berfoto ketika  suasana dalam keadaan sepi agar foto anda akan  terlihat lebih maksimal. Anak tangga yang dibuat melingkar  di tempat ini akan membuat foto anda menjadi sangat  instagrammable!

Pemandian Umbul Binangun yang Bersejarah

Pemandian Umbul Binangun yang Bersejarah

Pemandian Umbul Binangun yang Bersejarah

Bagian kedua merupakan Pemandian Umbul Binangun yang terletak di  sebelah selatan danau buatan. Konon katanya Umbul Binangun ini dulunya digunakan  sebagai kolam pemandian bagi sultan, permaisuri, istri, dan putri-putri raja. Untuk sampai ke  dalam tempat ini anda bisa melewati gerbang yang terletak di sisi timur maupun sisi barat.  Di dalam gerbang tersebut anda melewati jenjang yang menurun. Kemudian anda akan dihadapkan dengan tiga buah kolam indah dengan  hiasan bangunan di sisi kanan kirinya.

Baca Juga :  10 Foto Keseruan Berlibur di Hawai Waterpark Malang

Kemudian pada bagian selanjutnya  terdapat Pasarean Dalem Ledok Sari dan  Kolam Garjitawati. Pasarean Dalem Ledok Sari dulunya adalah tempat peraduan sultan  bersama permaisurinya. Ada juga sebagian lainnya yang mengatakan bahwa tempat ini digunakan untuk melakukan meditasi. Bangunannya sendiri berbentuk seperti huruf U.

Adapun di sebelah barat Pasarean Ledok Asri, terdapat Kompleks  Kolam Garjitawati. Konon katanya,  Kompleks Kolam Garjiwati dulunya merupakan sisa pesanggrahan Garjitawati dan merupakan Umbul Pacethokan yang pernah digunakan Panembahan Senopati.

Pada bagian keempat di Taman Sari terdapat beberapa bangunan yang berada di sisi sebelah timur danau buatan hingga ke arah timur dan  tenggara kawasan Magangan. Akan tetapi sebagian besar tempat ini sudah bergantikan menjadi tempat pemukiman penduduk. Namun pada bagian terakhir ini masih tersisa bekas jembatan gantung dan sisa dermaga. Konon katanya dermaga ini dulunya digunakan Sultan sebagai titik awal perjalanannya memasuki Taman Sari.

Alamat Lokasi dan Jam Buka Taman Sari Jogja

Alamat Lokasi dan Jam Buka Taman Sari Jogja

Alamat Lokasi dan Jam Buka Taman Sari Jogja

Alamat: Jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta,55133

Jam Operasional: 09.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Berbicara soal harga, anda tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan tiket masuk Taman Sari Yogyakarta yang sangat terjangkau. Bagi anda wisatawan domestik, dengan harga Rp5.000 anda sudah bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan yang ada di Taman Sari Yogyakarta. Adapun harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta bagi wisatawan asing dengan membayar Rp12.000.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja

Tentu saja anda tidak hanya ingin sekedar berkunjung saja bukan? Bermain sambil belajar pastinya menjadi hal yang menarik. Sehingga anda bisa menyewa pemandu wisata dengan tarif Rp25.000-Rp.30.000 untuk memuaskan dahaga ilmu anda. Sepulang dari Taman Sari anda menjadi  lebih memahami tentang sejarah Taman Sari dan fungsi dari setiap bangunan yang ada di kompleks Taman Sari ini. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan guide anda memiliki lisensi yang cukup ya!

HTM:

Wisatawan Domestik Rp5.000,

Wisatawan Manca Rp 12.000

Fasilitas dan Akomodasi Taman Sari Jogja

Fasilitas dan Akomodasi Taman Sari Jogja

Fasilitas dan Akomodasi Taman Sari Jogja

Fasilitas yang tersedia di Taman Sari Yogyakarta ini cukup lengkap, mulai dari lahan area parker yang luas, toilet, dan tentu saja spot favorit  yang akan membuat lelahnya perjalanan anda terbayarkan.

Rute Menuju Taman Sari Jogja

Rute Menuju Taman Sari Jogja

Rute Menuju Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta ini beralamatkan di Jalan Tamanan, Patehan Keraton,  Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55133. Untuk sampai pada lokasi ini, jika anda berada di pusat Kota Yogyakarta, silahkan ke arah selatan menuju  Keraton Jogja atau alun-alun utara Jogja. Setelah itu silahkan menuju ke sebelah barat alun-alun hingga bertemu perempatan jalan yang pertama. jika sudah sampai di perempatan pertama, maka silahkan anda  berbelok kiri kemudian mengikuti jalan dan petunjuk arah.

Ketika berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta ini, pastikan kamera HPmu tidak kehabisan baterai ya. Karena berbagai spot foto menarik terlalu sayang untuk dilewatkan!

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment