by

10 Foto dan Ulasan Wisata Taman Tebing Breksi Yogyakarta Paling Lengkap

Taman Tebing Breksi Yogyakarta – Jika sedang berkunjung ke Kota Gudeg alias Kota Yogyakarta anda wajib mengunjungi tempat wisata yang diberi nama Tebing Breksi. Tempat ini bisa dibilang fenomenal karena banyak sekali orang yang mengabadikan fotonya di sini kemudian diunggah di instagram. Beberapa waktu yang lalu, artis Afgan juga melakukan pembuatan video klip di taman tebing breksi ini.

Baca juga : 10 Foto Serunya Wahana yang Ada di Taman Kelinci Malang

Ulasan Wisata Taman Tebing Brexit Yogyakarta Paling Lengkap
Ulasan Wisata Taman Tebing Breksi Yogyakarta Paling Lengkap

Taman tebing breksi  menyuguhkan keindahan alam berupa pepatahan batu kapur sekaligus taman yang sangat indah dan instagramable banget.Sehingga jika anda hoby berfoto dengan latar yang indah maka tempat ini bisa anda jadikan referensi.

Dibawah ini akan diulas secara lengkap mengenai sejarah taman tebing breksi, harga tiket masuk, lokasi dan review apa saja yang bisa anda nikmati di dalam tempat wisata tersebut.

Bagaimana Sejarah Taman Tebing Breksi?

Nama taman tebing breksi sebenarnya adalah sebutan masyarakat sendiri. Dahulu di wilayah sekitar taman tersebut ada yang namanya Gunung Nglanggeran. Gunung Nglanggeran merupakan gunung yang berumur tersier yaitu sekitar 70 juta tahun yang lalu. Gunung Nglanggeran sendiri terletak di daerah sub zona pegunungan Baturagung.

Diduga Gunung Nglanggeran pernah mengalami aktivitas vulkanik, sehingga di sekitarnya ditemukan batu berupa breksi andesit, tuff dan adanya bekas aliran larva andesit. Jadi, tebing breksi ini adalah bebatuan dari aktivitas vulkanik gunung Nglanggeran yang disebut dengan batuan tuff. Banyak yang mengira bahwa ini adalah batu kapur.Tetapi sebenarnya bukan batu kapur melainkan batuan tuff.

Bagaimana Sejarah Taman Tebing Brexit
Sejarah Taman Tebing Breksi

Nah, masyarakat sekitar melakukan aktivitas penambangan batu untuk dikirim ke beberapa wilayah lainnya yang dimulai sekitar tahun 80’an. Hasil penambangan masyarakat ini dilakukan secara terus menerus sehingga membentuk batuan yang terjal. Kemudian beberapa peneliti yang pernah mengunjungi tempat ini  menilainya sebagai lokasi yang sangat eksotis.

Pada tahun 2014, Kepala Badang Geologi dengan didukung oleh Bapak Gubernur DIY menetapkan wilayah ini sebagai kawasan wisata yang memang pada saat itu pemerintah mempunyai program pengembangan wisata Dinas Pariwisata.

Pada waktu itu di Kecamatan Prambanan memang masih banyak masyarakat yang masih berada dalam garis kemiskinan. Sehingga membuat Pemerintah DIY bersama dengan pemerintah daerah setempat merencanakan pembangunan kawasan tambang ini menjadi kawasan wisata agar masyarakat sejahtera sekaligus melestarikan keindahan alam.

Pada awalnya mendapat pertentangan dari masyarakat yang mana banyak yang tidak percaya bahwa pariwisata adalah sesuatu yang menjanjikan, sehingga mereka masih saja melakukan aktivitas tambang di taman tebing breksi ini. Kemudian, pemerintah dibantu dengan beberapa komunitas mencoba mengedukasi masyarakat.

Pemerintah membutuhkan beratus-ratus truk pengangkut pasir untuk melakukan pengurukan bekas tambang. Tetapi, setelah proses tersebut dilalui dengan baik barulah pada tahun 2015 secara resmi dibuka oleh pemerintah, dan masyarakat kemudian mau menerimanya.

Harga Tiket Masuk Taman Tebing Breksi

Harga Tiket Masuk Taman Tebing Brexi
Harga Tiket Masuk Taman Tebing Breksi

Pengunjung hanya diwajibkan membayar parkir motor yaitu Rp.2.000 dan parkir mobil Rp. 5.000. Harga tiket masuknya adalah Rp.0 alias gratis. Tetapi sebagai warga negara yang baik hendaknya anda memberikan sumbangan untuk pembangunan lokasi wisata ini. Bagaimana murah sekali kan ?

Untuk lokasi taman tebing breksi terletak di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan. Jika anda dari arah Candi Prambanan perlu menempuh perjalanan sekitar 7 km sebelum candi Ijo.

Jika anda dari arah Yogya nampaknya ada jalur yang lebih cepat yaitu dari pertigaan Piyungan anda belok ke kanan kemudian lurus hingga ruas jalan Prambanan Piyungan. Setelah itu, ikuti papan penunjuk jalan hingga ke Candi Ijo. Kemudian di sebelah kiri jalan ada spanduk bertuliskan taman tebing breksi.Selesai, anda sudah sampai di tempat tujuan.

Jam Buka Taman Tebing Breksi

Jam Buka Taman Tebing Brexi
Jam Buka Taman Tebing Breksi

Taman tebing breksi buka dari pukul 5 pagi dan tutup pukul 6 sore. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan sunrise anda bisa datang pada pukul 5 pagi. Dan jika ingin menikmati keindahan sunset anda bisa datang pada pukul 5 sore.

Sekedar informasi, waktu terbaik untuk berkunjung di taman ini adalah pagi atau sore hari. Mengapa demikian ? karena tebing breksi adalah lokasi terbuka tanpa pepohonan sehingga akan sangat panas sekali jika anda berkunjung pada waktu siang hari.

Menikmati Keindahan Taman Tebing Breksi

Menikmati Keindahan Taman Tebing Brexit
Menikmati Keindahan Taman Tebing Breksi

Jauh-jauh pergi ke Yogyakarta, pastinya anda tidak ingin kan mendatangi tempat wisata yang tidak sesuai dengan ekspektasi atau keinginan anda.Tetapi, jangan khawatir karena taman tebing breksi tidak akan mengecewakan anda.

Kira-kira apa saja ya yang bisa dinikmati jika berkunjung ke taman tebing breksi ?

Menikmati Sunrise dan Sunset

Menikmati Sunrise dan Sunset
Menikmati Sunrise dan Sunset

Pertama anda akan bisa menikmati suasana sunrise dan sunset melalui tangga di dalam tempat wisata. Dari atas bukit anda akan disuguhkan dengan view romantis dan indah bangunan yang ada di Jogja.

Sepeda Gunung Menaiki Tebing

Sepeda Gunung Menaiki Tebing
Sepeda Gunung Menaiki Tebing

Selain itu, jika ingin mendapatkan sesuatu yang lebih menantang anda bisa menggunakan sepeda gunung untuk menaiki tebing. Nah, bagaimana apakah anda tertarik untuk berkunjung ke sini ?

Pagelaran Seni di Area Tlatar Seneng

Pagelaran Seni di Area Tlatar Seneng
Pagelaran Seni di Area Tlatar Seneng

Di dalam taman tebing breksi juga ada yang namanya area tlatar seneng. Apa itu area tlatar seneng ? area tlatar seneng adalah sebuah lingkaran dan tengahnya seperti panggung. Area tlatar seneng rencananya akan dijadikan tempat pagelaran seni budaya dari pagi hingga malam.

Fasilitas Taman Tebing Breksi

Fasilitas Taman Tebing Brexi
Fasilitas Taman Tebing Breksi

Fasilitas di taman ini juga cukup lengkap. Sudah tersedia toilet, area parkir, lokasi off road. Sayangnya, belum ada area penginapan di sini, anda harus kembali ke arah prambanan terlebih dahulu untuk menemukan penginapan.

Walaupun fasilitasnya masih dibilang cukup minim, tetapi tidak menutup kemungkinan nantinya pemerintah dan pengelola wisata setempat akan berbenah demi kenyamanan pengunjung. Jadi, apakah anda tertarik mengunjungi tempat wisata ini ? Setiap sudut Kota Yogya itu romantis lho.

Tips Mengunjungi Taman Tebing Breksi

Tips Mengunjungi Taman Tebing Breksi
Tips Mengunjungi Taman Tebing Breksi

Ada beberapa tips yang harus anda lakukan ketika berkunjung ke taman ini. Seperti yang sebelumnya dijelaskan bahwa lokasi di tebing ini lumayan panas. Untuk menghindari pecah-pecah pada kaki anda harus memakai kaos kaki.

Kedua, hendaklah anda memakai topi, penutup kepala atau payung ketika berkunjung pada waktu siang hari. Agar merasa nyaman walaupun terkena terik matahari. Usahakan topi yang anda gunakan bertali karena angin di sana juga cukup kencang.

Ketiga, siapkan perbekalan air minum yang cukup. Jika anda tidak ingin dehidrasi, hendaknya anda bersedia air minum ketika di lokasi. Anda bisa membawanya di rumah atau membeli di warung terdekat dari lokasi wisata.

Keempat, jangan membuang sampah sembarangan. Biasanya salah satu kelalaian para wisatawan adalah suka membuang sampah tidak pada tempatnya. Jadi, anda harus ikut serta dalam melestarikan wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Nah, ulasan di atas adalah informasi lengkap mengenai Taman Tebing Breksi Yogyakarta. Jangan lupa tips-tipsnya dilaksanakan. Selamat menikmati liburan anda. Semoga menyenangkan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment