Cheap Jerseys Cheap NFL Jerseys Online Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Sports Jerseys Cheap NFL Jerseys Wholesale Jerseys Wholesale Jerseys Cheap Jerseys
Bali Travel

Daftar Tempat Wisata di Bali Yang Wajib Di Kunjungi

Tempat Wisata di Bali – Hampir semua orang mendambakan Bali sebagai lokasi untuk liburan. Pulau Dewata ini memang memiliki daya tarik besar. Baik di kalangan wisatawan dalam negeri sampai asing, pulau Seribu Pura ini menjadi lokasi idaman untuk liburan. Berbagai pilihan tempat wisata bisa anda sambangi di Pulaunya para Dewa ini. Mulai dari wisata pantai, pegunungan, agrowisata, taman bermain air, hingga museum seni dan peninggalan sejarah. berlibur ke Bali akan membuat pengalaman yang anda miliki semakin kaya dan membekas. Hampir semua tempat wisatanya dikelola secara serius.

Baik oleh pemerintah, pihak swasata, hingga swadaya masyarakat sekitar. Banyak sekali pilihan tempat berlibur yang akan membuat anda ingin kembali lagi ke Bali. Sebagian besar wisatawan sangat senang berlibur ke pantai-pantainya. Namun destinasi wisata lainnya juga mesti anda kenali sehingga anda bisa mengeksplor wisata Bali secara lebih dalam lagi. Kekayaan alam dan budaya yang menyatu memberikan warna tersendiri di pariwisata Bali. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk berbagai pilihan tempat wisata di Bali.

Baca juga : 25 Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Perlu Anda Ketahui

Daftar Tempat Wisata di Bali

  1. Pantai Sanur

Pantai yang berada di kawasan timur Denpasar ini memiliki panorama yang sangat memukau. Pemandangan matahari terbitnya merupakan andalan pantai cantik ini. Pantai yang buka selama 24 jam ini merupakan destinasi terbaik untuk menikmati indahnya matahari terbit di Bali. Untuk masuk, anda hanya dikenai tiket masuk sebesar 5 ribu bagi kendaraan motor dan 10 ribu rupiah bagi kendaraan roda empat. Dari bandara Ngurah Rai, anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 16 km melalui Jalan By Pass Ngurah Rai kemudian masuk ke Jalan Bet Ngadang kemudian menuju kawasan Jalan Danau Tambilangan.

  1. Pantai Padang-Padang

Meskipun cukup jauh dari ibukota, Pantai Padang Padang juga tak kalah rekomended untuk dijadikan destinasi liburan khususnya para peselancar. Ombaknya cukup tinggi sehingga banyak turis yang mengkhususkan diri berkunjung untuk berselancar. Pantai yang dikelola oleh masyarakat sekitar ini menawarkan tiket masuk hanya 5 ribu rupiah bagi wisatawan lokal dan 10 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Sebaiknya wisatawan tidak mengunjungi pantai selepas pukul 7 malam waktu setempat karena penerangannya yang masih minim. Untuk sampai ke pantai berpasir putih ini, anda mesti menuju arah Garuda Wisnu Kencana kemudian masuk ke arah Dreamland dan menuju ke Labuhan Sait.

  1. Pantai Karma

Pantai Karma berbeda dengan pantai lainnya di Bali. Panorama pasir putihnya bisa anda nikmati secara lebih leluasa karena minimnya pengunjung yang datang. Air lautnya sangat jernih dan pasir putihnya pun tak kalah luas. pantai pasir putih ini berada di dasar tebing sehingga mesti diakses dengan ekskalator khusus. Untuk jadwal kunjungannya hanya dari pukul 09.30 sampai 18.00 WITA. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Denpasar yaitu sekitar 27 km jika dari Pantai Dreamland, anda hanya memerlukan jarak sekitar 1 km.

  1. Pantai Lovina

Menikmati pemandangan matahari terbit di Pantai Lovina akan membuat pengalaman liburan anda semakin melekat. Pantai berpasir putih kecoklatan dan berombak cukup besar ini juga menjadi lokasi untuk melihat lumba-lumba dari alam bebas. Kemunculan mamalia laut ini sangat dicari wisatawan. Anda bisa menyewa perahu dengan kapasitas 4 orang untuk melihat lumba-lumba dari dekat. Untuk sampai ke kawasan wisata ini, anda memerlukan perjalanan ke Bali Utara atau sekitar 78 km dari Pelabuhan Gilimanuk. Untuk parkir dan menyewa kapal, anda dikenai biaya sebesar 500 ribu rupiah.

  1. Pantai Balangan

Pantai berpasir putih ini berjarak 8 km dari Garuda Wisnu Kencana. Jika perjalanan ditempuh dari Pura Uluwatu, anda memerlukan perjalanan sejauh 12 Km. Pasir pantai yang putih bersih berpadu sempurna dengan biru jernihnya air laut. Pantai Balangan juga menjadi lokasi terbaik untuk membeli aneka hasil tangkapan laut. anda bisa bersantai, berselancar, hingga snorkeling di sekitar perairannya. Tidak dikenai tiket masuk. Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan roda dua sebesar 2 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

  1. Pantai Dreamland

Hamparan air laut yang biru jernih dengan tebing yang menjulang sempurna, membuat panorama alamnya semakin memukau. Suasana pantai yang tidak terlalu ramai makin membuat tempat wisata satu ini terlihat eksklusif. Di sekitarnya juga tersedia resort Pecatu yang bisa anda jadikan sebagai tempat menginap. Untuk pengunjung yang ingin datang, anda mesti datang antara pukul 07.00 sampai 20.00 WITA. Anda hanya dikenai tarif parkir kendaraan untuk masuk ke kawasan wisata ini dengan tarif 15 ribu rupiah untuk mobil dan 3 ribu rupiah untuk motor.

  1. Pantai Nusa Dua

Tanpa adanya batasan waktu, anda bisa lebih leuasa bersambang dan menikmati alam di pantai cantik ini. Ombaknya lebih tenang dari pantai-pantai lainnya sehingga aman jika digunakan untuk berenang bersama keluarga. Di pantai berpasir putih ini, anda bisa bersantai, berjemur di tepian pantai, snorkeling, hingga berenang. Pantainya sangat tenang karena tidak adanya pedagang dan tukang pijat keliling. Untuk sampai ke kawasan wisata ini, anda memerlukan perjalanan selama 20 menit dari Kuta. Sedangkan dari Jimbaran perjalanan hanya memerlukan waktu 15 menit.

  1. Pantai Seminyak

Karakter Pantai Seminyak mirip seperti Pantai Kuta dan Legian. Ombak besarnya sangat menantang untuk berselancar. Pasir putihnya memiliki kontur yang landai dengan panorama matahari terbenam yang memukau. Pantai Seminyak memiliki fasilitas akomodasi yang cukup memadai. Mulai dari hotel, bungalow, hingga pusat perbelanjaan. Lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Kuta dan Legian membuat destinasi wisata bahari ini tergolong mudah dijangkau. Untuk masuk ke kawasan ini, anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 2 ribu untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat.

  1. Pantai Tuban

Pantai Tuban tergolong sangat dekat dari Bandara Ngurah Rai. Kondisinya memang tidak seramai Pantai Kuta namun tetap memiliki daya tarik tersendiri terutama yang senang liburan ke tempat-tempat tenang. Pantai yang juga dinamakan Pantai Jerman ini bisa dijangkau sekitar 10 menit perjalanan. Dari bandara anda menuju arah utara kemudian menemukan pertigaan dan belok ke Jalan Dewi Sartika. Setelah itu anda bisa mengarah ke kawasan Patung Holiday Inn Resort untuk sampai ke Pantai Tuban. Pantai dengan ombak tenang dan pasir hitam kecoklatan ini tidak memiliki harga tiket yang mahal. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah untuk biaya parkir kendaraan.

  1. Pantai Kuta

Pantai Kuta menjadi salah satu destinasi paling populer di Pulau Dewata. Pantai favorit para turis asing ini berjarak 9 km dari Denpasar dan 4.5 km dari Bandara Ngurah Rai. Kawasan wisata satu ini memang sangat ramai baik oleh wisatawan lokal maupun asing. Anda bisa bebas mendatangi pantai berpasir putih dan berombak besar ini kapan saja. berjemur, bermain volli, hingga berselancar merupakan cara terbaik untuk menikmati indahnya pantai cantik ini. menikmati panorama matahari tenggelam juga menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Tanah Lot

Tanah Lot temple, Bali, Indonesia.

Tanah Lot berada di Desa Beraban, Tabanan-Bali. Dari Pantai Kuta, anda bisa menempuh perjalanan dengan jarak 24 km. Untuk rute paling cepat, anda bisa berkendara melewati Jalan By Passs Tanah Lot. Pantai dengan ombak besar ini memiliki pemandangan karang besar yang menjadi tempat pura berdiri. Pura yang menjorok laut ini menjadi ikon tersendiri dari destinasi liburan satu ini. Suasana alam di pantai cantik ini sangat asri. Ombak besar, angin yang semilir, hingga pasir pantai kecoklatan menjadi ciri khas pantai yang buka mulai pukul 07.00-19.00 WITA. Wisatawan lokal dikenai tiket sebesar 15 ribu rupiah dan wisatawan asing dikenai tarif sebesar 30 ribu rupiah untuk masuk ke kawasan wisata ini.

  1. Museum Pasifika

Berada di kawasan Nusa Dua, museum yang diresmikan pada 2006 silam ini memajang berbagai macam karya seni dari negara Asia-Pasifik. Banyak karya seni dari para seniman ternama yang dipajang di tempat wisata edukasi ini. Seniman seperti Le Mayeur, Antonio Blanco, Theo Meier, hingga Affandi. Museum yang buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WITA ini memberlakukan tiket masuk sebesar 50 ribu rupiah untuk turis lokal dan 75 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Untuk beberapa kepentingan, pengunjung diminta untuk tidak mengambil foto kecuali di beberapa ruangan khusus.

  1. Museum Bali

Baca Juga :  9 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda yang Wajib Dikunjungi

Museum Bali berada di Denpasar. Tempat wisata yang ada di Pura Agung Jagat Natha ini bisa anda tempuh selama 45 menit dari Bandara Ngurah Rai. Menempuh perjalanan dengan kendaraan roda dua adalah cara terbaik agar tidak terjebak oleh kemacetan. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 08.00-15.00 WITA khusus Minggu sampai Kamis. Sedangkan pada hari Jumat buka mulai pukul 08.00-12.30 WITA. Harga tiket masuknya sendiri hanya 5000 rupiah. Jika ingin menggunakannya sebagai lokasi pre-wedding, anda dikenai biaya sebesar 150 ribu rupiah. Anda bisa menikmati aneka koleksi karya seni, aneka peninggalan pra sejarah, hingga berbagai perlengkapan upacara keagamaan yang dipajang di sekitar museum.

  1. Monumen Bajra Sandhi

Monumen yang berada di depan Kantor Gubernur Bali ini dibangun guna mengenang perjuangan rakyat Bali. Monumen satu ini dibangun tepat di lahan yang dulunya menjadi lokasi Perang Puputan. Terdapat diorama sejumlah 33 buah yang menceritakan perjuangan rakyat Bali dalam merebut kemerdekaan. Untuk masuk ke monumen satu ini, anda mesti berkunjung di hari Senin-Jumat dari pukul 08.00-17.00 WITA. Tiket masuknya sendiri sebesar 5 ribu rupiah termasuk untuk masuk ke kawasan kolam ikan, pameran kerajinan, hingga perpustakaan.

  1. Pura Besakih

Pura Besakih berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem-Bali. Destinasi liburan satu ini bisa menjadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga untuk mengenal budaya Bali lebih dekat. Kompleks rumah ibadah ini terdiri atas bangunan Penataran Agung Besakih dan 18 pura pendamping lainnya. Pura yang berada di kaki Gunung Agung ini menjadi pusat kegiataan umat Hindu di Bali. UNESCO mencatat Pura Besakih sebagai warisan budaya pada tahun 1995. Untuk masuk ke kawasan pura, anda mesti membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah mulai pukul 09.00-17.00 WITA.

  1. Pulau Penyu

Pulau Penyu merupakan salah satu pilihan wisata keluarga yang sangat rekomended untuk anda sambangi. Di sini, anda bisa melihat wilayah khusus konservasi penyu. Untuk sampai ke kawasan Pulau Penyu, anda mesti masuk ke Tanjung Benoa terlebih dulu kemudian membayar donasi sebesar 10 ribu rupiah untuk dewasa dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak. Pulau dengan panorama alam memukau ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WITA. Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling mengitari area perairannya untuk menikmati suasana alam di kawasan pulau ini.

  1. Air Terjun Gitgit

Air terjun yang berada di Buleleng, Singaraja ini merupakan perpaduan menarik antara wisata air dengan trekking. Bagi yang senang bertualang menyusuri tebing, kawasan air terjun ini sangat rekomended untuk dijelajahi. Airnya sangat jernih ditambah dengan panorama alamnya yang sangat sejuk khas udara pegunungan. Tempat wisata alam ini bisa anda masuki dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah untuk dewasa dan 3 ribu rupiah untuk anak-anak. sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan kebun cengkih, kopi, hingga persawahan.

  1. Gua Gajah

Situs Gua Gajah merupakan salah satu tempat yang disucikan umat Hindu dan Budha terutama pada masa Dinasti Warnadewa. Sampai saat ini pun kerap dijumpai aneka ritual keagamaan umat Hindu dan Budha. Suasana gua yang indah, udara sejuk, hingga rimbunan pepohonan membuat wisatawan banyak yang betah liburan ke tempat wisata satu ini. Sebelum memasuki gua, anda mesti menuruni anak tangga. Dengan membayar  tiket sebesar 15 ribu rupiah, anda sudah bisa menjelajah kawasan gua ini. Gua alam ini beroperasi mulai pukul 08.00-17.00. aksesnya bisa dari Jalan Raya Ubud kemudian belok kanan ke arah Jalan Cok Gede Rai, belok kiri ke Jalan Raya Teges kemudian sampai ke kawasan wisata religi ini.

  1. Bali Bird Park

Taman burung seluas 2 hektar ini diresmikan pada tahun 1995. Destinasi wisata edukasi dan rekreasi ini merupakan taman burung paling besar di Indonesia. lebih dari 1000 unggas dari 250 spesies tinggal di taman burung ini. Sensasi teater 4D juga bisa anda nikmati di wisata yang ada di Gianyar ini. Untuk jam bukanya mulai pukul 09.00 sampai 17.30 WITA. Pengunjung dikenai tiket masuk sebesar 150 ribu rupiah bagi dewasa. Khusus anak-anak tiket masuknya hanya 75 ribu rupiah. Lokasi tepatnya di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Batubulan-Gianyar.

  1. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional dengan tiga zona khusus ini merupakan salah satu lokasi untuk melestarikan ekosistem laut dan darat. sejak tahun 1911, taman nasional ini sudah difungsikan sebagai tempat penelitian. Berbagai macam margasatwa baik itu darat dan laut bisa anda saksikan. Anda bisa datang dari Gilimanuk kemudian mengunjungi area Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat. Atau dari arah Denpasar menuju Pulau Menjangan kemudian menyebrang ke Teluk Labuhan Lalang. Tiket masuk ke kawasan konservasi ini sebesar 2.500 untuk turis lokal dan 25.000 rupiah untuk turis asing. Sedangkan jika menyebrang dari Pulau Menjangan, anda mesti membayar biaya perahu dengan tarif 200 ribu rupiah.

  1. Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Fores merupakan sebuah kawasan penangkaran kera ekor panjang. suasana alam sejuk khas pegunungan dengan kera ekor panjangnya yang khas, membuat tempat wisata satu ini sayang dilewatkan. Anda bisa melihat kera ekor panjang berkeliaran secara bebas di habitatnya. Namun disarankan untuk tidak membawa barang berlebih karena bisa mengundang perhatian para kera kemudian mengambil barang bawaan anda. Untuk masuk ke kawasan ini, anda dikenai biaya masuk sebesar 30.000 rupiah mulai pukul 08.30-18.00 WITA. Anda bisa memulai perjalanan dari Pasar Sukawati kemudian menuju Jalan Raya Sakah dan Jalan Mas. Tidak terlalu jauh, Jalan Monkey Forest sudah bisa anda jumpai.

  1. Waterboom Bali

Waterpark terbaik di Asia dan terbaik kedua di dunia ini tentu sayang anda lewatkan. Nuansa pemandangan khas Bali yang tropis menjadi ciri khas tempat bermain air ini. Taman tropisnya ditata sedemikian rupa. Tempat wisata yang dibangun diatas lahan seluas 3.8 hektar ini buka mulai pukul 09.00-18.00 WITA. Berbagai macam wahana seperti boogie ride, jungle rides, boomerang climax sampai ace track bisa anda coba untuk memicu adrenalin. Tiket masuknya sebesar 310 ribu rupiah untuk dewasa dan 265 ribu rupiah untuk anak-anak. Lokasi waterboom satu ini berada di Jalan Kartika Plaza Kuta.

  1. Kebun Raya Bedugul

Kebun raya dengan aneka macam tanaman tropis ini berada di area Bedugul, Tabanan-Bali. Lokasinya berada di ketinggian 1250-1459 mdpl. Hal ini membuat suasana udaranya sangat sejuk. Kebun raya kebangaan masyarakat Bali ini memiliki berbagai macam tanaman gymnosperma dari berbagai macam negara. Selain kaya akan tanaman, tempat wisata yang menyejukan mata ini juga menyediakan sejumlah wahana pendukung lainnya. Mulai dari sarana outbond, lokasi berpiknik, dll. Tiket masuknya sebesar 9 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 17 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Tempat liburan yang beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WITA ini berada di Jalan Baturiti, Candikuning-Tabanan.

  1. Taman Kupu-Kupu Bali

Selain Kebun Raya Bali, anda juga bisa menyambangi area Taman Kupu-Kupu yang ada di kawasan Tabanan. Ribuan ekor kupu-kupu dari berbagai macam spesies bisa anda jumpai. Area wisata yang dibuka dari tahun 1996 ini beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 WITA. Berbagai macam tanaman serta rerumputan hijau makin menambah cantik pemandangan alam dikawasan wisata ini. Untuk tiket masuknya, anda hanya dikenai tarif sebesar 15 ribu rupiah. Dari Pura Batukaru, anda bisa mengendarai selama 25 menit. Rutenya meliputi Jalan Penatahan kemudian maju ke Jalan Gunung Batukaru lalu melaju ke Wanasari. Setibanya di km 3,7 anda mesti belok kanan dan Taman Kupu-Kupu ada di area tersebut.

  1. Pura Ulun Danu

Berada di wilayah Bedugul yang merupakan kawasan dataran tinggi, Pura Ulun Danu diselimuti udara yang sejuk. Iklim sejuknya ini sangat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Di dalamnya terdapat beberapa kompleks yang berisi lima buah pura serta stupa Budha. Di dekat pura, anda juga bisa melihat Danau Beratan yang makin menambah indah pemandangan. Tiket masuknya sebesar 10 ribu rupiah untuk wisatawan lokal dan 30 ribu rupiah untuk wisatawan asing. Berada di kawasan Bedugul, anda memerlukan perjalanan sekitar 2 jam dari kawasan Kuta untuk sampai objek wisata satu ini.

Baca Juga :  10 Foto Wisata Pura Lempuyang Bali yang Eksotis dan Keramat

Demikian berbagai macam pilihan tempat wisata yang bisa anda sambangi di Bali. Semoga bermanfaat dan menambah referensi tempat liburan anda.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment