Jawa Barat

25 Tempat Wisata di Bandung Yang Kekinian

Tempat Wisata di Bandung – Bandung merupakan ibukota dari Propinsi Jawa Barat, kota yang satu ini juga menjadi kota yang paling besar di propinsi tersebut, bahkan Bandung juga memiliki kawasan metropolitannya sendiri yang sering disebut sebagai Bandung Raya. Sebagai ibukota propinsi, tentu saja Bandung menjadi pusat perekonomian dengan pertumbuhan infrastruktur yang sangat pesat. Tidak hanya itu saja, Bandung juga dikenal sebagai tujuan wisata paling favorit bagi para wisatawan, terutama mereka yang berasal dari Jakarta.

Baca juga : 7 Wisata Edukasi Di Malang Yang Cocok Untuk Anak

Bandung memang memiliki sejuta pesona karena kota yang satu ini menyimpan potensi wisata yang sangat besar, hal tersebut pastinya akan bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Di Bandung sendiri Anda akan bisa menemukan begitu banyak tempat wisata menarik yang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai destinasi baik pada saat akhir pekan ataupun masa liburan panjang. Jika Anda berencana untuk pergi berwisata ke Bandung, maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Bandung.

Tempat Wisata di Bandung

  1. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang beralamat di Jalan Grand Hotel Nomor 33E, Lembang, Bandung Barat yang mana lokasinya sangat mudah untuk dicapai karena masih berada di dalam kota. Sesuai dengan namanya, Floating Market Lembang menyuguhkan konsep wisata unik di mana Anda bisa menemukan penjual makanan di atas perahu. Floating Market Lembang buka mulai dari pukul 08.00-20.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 15 ribu pada hari biasa dan 20 ribu rupiah pada akhir pekan.

  1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Tempat wisata yang kedua adalah Gunung Papandayan yang lokasinya ada di Sirnajaya, Cisurupan, Bandung yang mana bisa Anda akses melalui Garut, kemudian diteruskan hingga alun-alun Cisurupan, untuk selanjutnya menuju Gunung Papandayan. Anda akan bisa menyaksikan panorama gunung berapi setinggi 2664 meter di atas permukan laut dengan kawahnya yang mengeluarkan asap belerang. Tiket masuk ke Gunung Papandayan yakni sebesar 30 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 300 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara.

  1. Situ Bagendit

Situ Bagendit

Situ Bagendit

Situ Bagendit menjadi tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi, tempat wisata ini beralamat di Jalan Banyuresmi, Garut yang mana bisa Anda akses dari Kota Bandung. Situ Bagendit sendiri merupakan sebuah danau yang sangat luas dengan airnya yang jernih serta pepohonan hijau di sekitarnya, Anda bisa menyewa rakit untuk mengelilingi danau tersebut. Situ Bagendit buka mulai pukul 08.00-18.00WIB dengan biaya yang gratis, namun Anda akan dikenakan tarif 20 ribu hingga 50 ribu untuk menyewa rakit.

  1. Goa Pawon

Goa Pawon

Goa Pawon

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi yakni Goa Pawon yang terletak di Desa Gunung Masigit, Cipatat yang bisa Anda akses dari Jakarta melalui rute Jalan Tol Padalarang. Goa Pawon merupakan sebuah goa alami dengan ukiran yang sangat mempesona, Anda juga bisa menemukan fosil tengkorak dari manusia purba. Goa Pawon buka 24 jam setiap harinya dengan tarif masuk yang sangat terjangkau yakni 10 ribu rupiah per orang.

  1. Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah Putih juga sangat layak untuk Anda kunjungi, tempat wisata ini berada di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung yang bisa Anda akses dari Kota Bandung menggunakan berbagai moda transportasi yang tersedia. Kawah Putih menyuguhkan pemandangan alam yang sangat eksotis dengan lingkungan yang asri serta udara yang sejuk. Kawah Putih buka mulai dari pukul 07.00-15.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 18 ribu untuk wisatawan domestik dan 50 ribu untuk wisatawan mancanegara.

  1. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi Perkemahan Ranca Upas

Tempat wisata keenam yang bisa Anda kunjungi yakni Bumi Perkemahan Ranca Upas yang letaknya ada di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali, Bandung yang bisa Anda akses melalui Jalan Selatan Bandung ke arah Soreang. Bumi Perkemahan Ranca Upas sendiri berada di kawasan hutan lindung seluas 200 hektar yang menyajikan panorama alam indah dengan udara yang sejuk. Bumi Perkemahan Ranca Upas buka selama 24 jam setiap hari dengan tarif masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago beralamat di Jalan Ir Haji Djuanda, Bandung, Jawa Barat yang mana lokasinya sangat dekat dengan pusat kota sehingga bisa Anda akses dengan mudah. Curug Dago merupakan sebuah air terjun alami dengan debit air yang deras, Anda akan bisa merasakan sejuknya air dan indahnya panorama alam yang ada di sekitarnya. Perlu Anda ketahui bahwa Curug Dago buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari dengan tiket masuk sebesar 15 ribu per orang.

  1. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ Patenggang

Tempat wisata kedelapan yang juga bisa Anda kunjungi yakni Situ Patenggang yang lokasinya berada di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung yang bisa Anda akses melalui rute Jalan Ciwidey Rancabali. Situ Patenggang sendiri adalah sebuah danau dengan air yang jernih serta dikelilingi oleh hijaunya hamparan kebun teh. Situ Patenggang buka dari pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar 18 ribu rupiah per orang.

  1. Tebing Keraton

Tebing Keraton

Tebing Keraton

Objek wisata Tebing Keraton lokasinya terletak di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung yang bisa Anda akses melalui rute Bandung – Dago Pakar – Tahura Djuanda – Tebing Keraton. Tebing keraton sendiri berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut sehingga para wisatawan akan bisa menyaksikan indahnya panorama alam dari ketinggian sambil menikmati kesejukan udaranya. Tebing Keraton buka dari pagi hingga sore hari dengan tarif masuk sebesar 11 ribu rupiah per orang.

  1. Curug Orok

 Curug Orok

Curug Orok

Curug Orok merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Cikandang, Cikajang, Bandung, Jawa Barat yang bisa Anda akses dari Kota Bandung menggunakan beberapa moda transportasi yang tersedia. Curug Orok menyajikan sebuah air terjun dengan pemandangan alam yang masih sangat asri dengan banyaknya pepohonan rindang di sekelilingnya. Perlu Anda ketahui bahwa Curug Orok buka mulai dari pukul 08.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Curug Malela

Curug Malela

Curug Malela

Tempat wisata selanjutnya yang sangat layak untuk dikunjungi adalah Curug Malela yang letaknya ada di Cicadas, Rongga, Gunung Halu, Bandung Barat yang bisa diakses melalui rute Cimahi – Batujajar – Cihampelas – Gunung Halu – Curug Malela. Anda akan bisa menyaksikan keindahan Curug Malela setinggi kurang lebih 69 meter dengan alam yang masih sangat asri. Curug Malela sendiri buka dari pagi hingga sore hari dengan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata yang juga bisa dikunjungi adalah Gunung Tangkuban Perahu yang lokasinya berada di Sukajaya Lembang, Bandung Barat yang bisa Anda akses melalui rute Jalan Kolonel Masturi – pertigaan jalan raya Lembang belok kiri – Tangkuban Perahu. Gunung yang dikenal dengan legenda Sangkuriang ini memiliki panorama yang sangat mempesona dengan beberapa kawahnya yang eksotis. Anda bisa mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu dengan membayar tiket masuk sebesar 13 ribu untuk wisatawan domestik dan 50 ribu untuk wisatawan mancanegara.

Baca Juga :  10 Keindahan Wisata Alam Ranca Upas Bandung yang Mengedukasi
  1. Situ Cileunca

Situ Cileunca

Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan sebuah tempat wisata yang beralamat di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung yang mana bisa diakses dengan rute Soreang – Banjaran, Dangdeur – Situ Cileunca. Anda akan bisa menyaksikan danau dengan luas sekitar 180 hektar dengan panorama yang mempesona, Anda juga bisa menemukan kebun strawberi di kawasan ini. Situ Cileunca buka dari pagi hingga sore hari dengan tarif masuk sebesar 5 ribu pada hari biasa serta 10 ribu rupiah pada akhir pekan.

  1. Curug Jagapati

Curug Jagapati

Curug Jagapati

Tempat wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Curug Jagapati yang berada di Desa Neglasari, Cisompet, Garut, Jawa Barat yang mana bisa dicapai melalui rute Bandung – Cikajang, Cisompet, Curug Jagapati. Curug Jagapati adalah sebuah air terjun yang sangat unik karena memiliki tiga tingkatan, selain itu Anda juga bisa menyaksikan panorama alam yang masih sangat asri. Curug Jagapati buka mulai pukul 08.00 setiap harinya dengan tarif masuk sebesar 5 ribu per orang.

  1. Paris Van Java

Paris Van Java

Paris Van Java

Paris Van Java adalah tempat wisata selanjutnya yang berada di Jalan Sukajadi Nomor 131-139, Cipedes, Sukajadi, Bandung yang bisa Anda capai melalui rute jalan layang Pasteur. Paris Van Java sendiri merupakan sebuah tempat wisata yang memadukan wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata edukasi sehingga sangat sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga. Perlu Anda ketahui bahwa Paris Van Java buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 30 ribu rupiah per orang.

  1. Kampung Dukuh

Kampung Dukuh

Kampung Dukuh

Tempat wisata selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Kampung Dukuh yang beralamat di Desa Ciroyom, Cikelet, Garut, Jawa Barat dan bisa Anda akses dengan rute Bandung – Garut – Cikelet – Kampung Dukuh. Perlu Anda ketahui bahwa Kampung Dukuh merupakan sebuah kampung wisata dengan penduduknya yang masih memegang budaya lokal, kampung ini bahkan belum memiliki penerangan listrik. Kampung Dukuh buka setiap hari, selain itu Anda bisa masuk tanpa dikenakan biaya apapun.

  1. Kampung Naga

Kampung Naga

Kampung Naga

Selain Kampung Dukuh, Anda juga bisa mengunjungi Kampung Naga yang lokasinya berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Bandung, Jawa Barat yang mana bisa Anda capai dari Kota Bandung. Kampung Naga dikenal akan masyarakatnya yang masih menjaga kelestarian budaya dan adat istiadatnya. Uniknya semua rumah harus menghadap ke arah utara ataupun selatan. Kampung Naga juga bisa Anda kunjungi setiap hari dengan tiket masuk gratis.

  1. Kampung Gajah

Kampung Gajah

Kampung Gajah

Kampung Gajah adalah sebuah tempat wisata yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parompong, Lembang, Bandung yang bisa Anda capai dari Kota Bandung menggunakan berbagai moda transportasi yang tersedia. Kampung Gajah memadukan konsep wisata alam dengan taman hiburan di mana Anda akan bisa menemukan berbagai macam wahana permainan yang seru. Perlu Anda ketahui bahwa Kampung Gajah buka mulai pukul 08.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 25 ribu per orang.

  1. Bandros

Bandros

Bandros

Bandros sendiri bukanlah nama sebuah tempat, melainkan nama kendaraan wisata khas Bandung yang tidak boleh Anda lewatkan. Bandros memiliki bentuk menyerupai mini bus dengan desain yang berwarna warni, Anda bisa berkeliling Kota Bandung yang dimulai dari halte Taman Pustaka Bunga dengan waktu tempuh 30-45 menit dengan tarif yang sangat terjangkau yakni 10 ribu per orang, Bandros juga menyediakan fasilitas wifi dan pemandu wisata.

  1. Dusun Bambu

Dusun Bambu

Dusun Bambu

Dusun Bambu merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Bandung Barat yang bisa Anda capai melalui rute Jalan Tol Pasteur – Ledeng – Lembang. Dusun Bambu menyuguhkan wisata dengan konsep alam dengan pemandangan yang indah dan juga telah menyediakan fasilitas lengkap. Dusun Bambu sendiri buka mulai dari pukul 08.00-21.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah per orang.

  1. Farm House

Farm House

Farm House

Tempat wisata selanjutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Farm House yang berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudang Kahuripan, Lembang, Bandung Barat yang bisa diakses dengan mudah melalui Kota Bandung. Farm House sangat sesuai untuk Anda jadikan sebagai wisata edukasi di mana Anda bisa mengenal lebih dekat kehidupan di peternakan. Perlu Anda ketahui bahwa Farm House buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB dengan tiket masuk 20 ribu per orang yang bisa ditukar dengan sebotol susu dan sosis bakar.

  1. Kampung Daun

Kampung Daun

Kampung Daun

Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner, maka Anda bisa mampir ke Kampung Daun yang lokasinya berada di Jalan Sersan Bajuri KM 4,7 Nomor 88, Bandung, Jawa Barat yang bisa Anda akses dari Terminal Ledeng. Kampung Daun merupakan sebuah tempat makan dengan konsep tradisional yang menyajikan makanan yang sangat beragam yakni makanan Indonesia, Chinese food, dan western food dengan harga mulai dari 8 ribu hingga 115 ribu, Kampung Daun buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB.

  1. Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya Hot Spring Resort

Maribaya Hot Spring Resort beralamat di Jalan Maribaya Nomor 105-212, Lembang, Bandung yang bisa dicapai melalui rute Dago Giri – Cikidang – Lembang. Sesuai dengan namanya, Maribaya Hot Spring Resort merupakan sebuah wisata pemandian air panas dengan pemandangan alam yang mempesona, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Maribaya Hot Spring Resort buka mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 35 ribu per orang.

  1. Taman Begonia

Taman Begonia

Taman Begonia

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Begonia yang mana beralamat di Jalan Maribaya Nomor 102A, Lembang, Bandung yang bisa Anda akses melalui rute Lembang Kota – Dago – Lawang Wangi. Anda akan bisa menyaksikan taman yang dipenuhi denga berbagai jenis bunga seperti misalnya bunga celosia, geranium, salvia, dan masih banyak lagi. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Begonia buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk 10 ribu per orang.

  1. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang

Bukit Bintang adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya ada di Coblong, Bandung, Jawa Barat dan bisa Anda akses melalui rute Jalan Padasuka – Cicaheum – Bukit Bintang. Bukit Bintang sendiri menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona dari atas bukit, selain itu Anda juga akan bisa menemukan hutan pinus yang masih asri. Pada malam hari, Anda akan bisa melihat lampu kota layaknya bintang. Bukit Bintang buka setiap hari dengan tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

Baca Juga :  10 Keindahan Wisata Alam Ranca Upas Bandung yang Mengedukasi

Apabila Anda ingin pergi liburan ke Bandung, maka Anda wajib mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang telah disebutkan di atas.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment