by

6 Tempat Wisata di Batam yang Bikin Traveler Kangen

Tempat Wisata di Batam – Batam adalah pulau yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi wisatawan. Sebagai ibukota dari provinsi Kepulauan Riau, Batam juga menjadi kota transit para pedagang dan wisatawan yang ingin berkunjung ke negeri tetangga, Singapura dan Malaysia. Ya, letaknya di utara Indonesia sangat strategis sehingga membuat Batam harus masuk dalam wish list wisata.

Baca juga : 14 Pantai di Tulungagung yang Keren dan Seru Abis yang Wajib di Kunjungi

Ada banyak tempat wisata alam dan buatan yang ada di Batam. Sebagian besar tempat wisata tersebut terus mengalami perkembangan dalam usaha menarik minat wisatawan. Tak heran, jumlah wisatawan yang berwisata ke Batam terus meningkat dari tahun ke tahun. Nah kalau kamu juga ingin berwisata ke Batam, jangan lewatkan enam tempat wisata ini untuk dikunjungi.

  1. Pantai Melayu Nongsa

Pantai ini adalah salah satu pantai terindah yang ada di Batam. Jaraknya hanya sekitar 15 km dari pusat Kota Batam dan letaknya sangat dekat dengan dermaga. Traveler dari Singapura dapat menuju pantai ini dengan menaiki kapal ferry dan berlabuh di Terminal Ferry Nongsa. Di sepanjang garis pantai ini, banyak penginapan berbagai jenis yang menawarkan beragam tarif dari hotel biasa hingga resor bertaraf internasional.

Di pantai yang berpasir putih ini, pengunjung bisa menikmati birunya laut dan pemandangan Kota Singapura. Ya, karena jaraknya yang cukup dekat maka gedung-gedung pencakar langit di Singapura terlihat jelas dari Pantai Nongsa Batam. Apalagi jika ke sana pada malam hari, gemerlap lampu dari hutan beton tersebut seperti mampu menandingi kerlip bintang di langit Batam.

  1. Pulau Galang

Di Pulau Galang, kita bisa belajar sejarah. Di era tahun 70 hingga 80-an terjadi perang Vietnam dan membuat ratusan ribu warga Vietnam melarikan diri dengan perahu. Para warga Vietnam ini dijuluki sebagai ‘manusia perahu’ karena hidup terombang-ambing di atas perahu dalam waktu yang lama. Tidak sedikit dari mereka yang meninggal dunia dalam perjalanan mengarungi laut lepas. Pada akhirnya, mereka terdampar dan diterima di Pulau Galang. Ketika PBB saat itu mengetahui kondisi tersebut, maka didirikanlah berbagai fasilitas kesehatan pendidikan dan tempat ibadah di Pulau Galang untuk mendukung aktivitas sehari-hari para pengungsi.

Bekas kamp pengungsian (Ex-Camp Vietnam) itu kini dijadikan sebagai tempat wisata sejarah untuk mengenang tragedi berpuluh-puluh tahun silam. Di sini, para pengunjung dapat melihat monumen dan sisa peninggalan dari kamp pengungsian. Barak-barak pengungsian, gereja, sekolah, kantor polisi, penjara, rumah sakit, wihara, dan bahkan replika kapal yang digunakan para pengungsi selama terombang-ambing di laut pun ada di kawasan wisata sejarah ini.

Dari kunjungan ke Pulau Galang ini, wisatawan dapat belajar sejarah memilukan korban perang Vietnam. Bagaimana cara agar para pengungsi tersebut bisa tetap selamat dari keganasan perang, terjangan ombak, dan bahaya kelaparan adalah perjuangan panjang yang melelahkan. Dapat dibayangkan bagaimana gigihnya mereka hidup di tanah rantau nan jauh dari asal mereka untuk mencari perlindungan dan kehidupan yang lebih baik.

  1. Pulau Bintan

Pulau Bintan adalah pusat rekreasi sekaligus pulau peristirahatan di Kepulauan Riau. Tak heran banyak penginapan yang penuh ketika weekend atau hari libur. Wisata di Batam satu ini bisa dibilang spesial loh,  pasalnya jaraknya yang hanya satu jam menggunakan ferry dari Malaysia atau Singapura membuat turis asing juga banyak yang berkunjung ke sini. Wisata

Akomodasi yang mewah dan berkelas menunjukkan bahwa pantai ini adalah tempat wisata bertaraf internasional. Bahkan di pulau ini terdapat fasilitas hotel berbintang, bar dan diskotik, spa mewah, dan beberapa lapangan golf. Pulau menawan ini dapat dijangkau menggunakan transportasi laut dari Pulau Batam dengan jarak tempuh sekitar 15 menit menggunakan kapal cepat.

  1. Nagoya

Dari namanya, sekilas tempat ini ada di Jepang padahal ada di Batam. Nagoya adalah pusat wisata belanja dan sentra bisnis di kawasan Batam. Jika ingin mencari barang elektronik dengan harga murah, Nagoya adalah tempatnya. Tak heran, Nagoya sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin membeli barang-barang elektronik dengan harga terjangkau. Selain gadget, di Nagoya juga terdapat tas branded dan parfum berkelas. Beragam toko berdiri di sepanjang area superblok Nagoya. Deretan foodcourt di Nagoya juga dapat menjadi pilihan yang menarik untuk berwisata kuliner.

  1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang adalah ikon Kota Batam. Jangan heran kalau ada yang bilang belum ke Batam kalau belum berwisata ke jembatan ini. Jembatan Barelang ini terdiri atas enam buah jembatan dengan beragam arsitektur. Berturut-turut, dari jembatan I sampai VI namanya adalah Jembatan Tengku Fisabilillah, Jembatan Nara Singa, Jembatan Raja Ali Haji, Jembatan Sultan Zainal Abidin, Jembatan Tuanku Tambusai, dan Jembatan Raja Kecik. Nama-nama tersebut diambil dari nama-nama raja pada zaman Melayu Riau.

Jembatan Barelang melewati tiga buah pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang. Gabungan dari nama ketiga pulau inilah yang menjadi kata ‘Barelang’. Lokasi jembatan sepanjang lebih dari 2 km ini dari Bandara Internasional Hang Nadim hanya sekitar 30 menit perjalanan.

  1. Pulau Belakang Padang

 

Kota Batam terletak di tengah-tengah Kepulauan Riau yang memiliki banyak pulau kecil. Pulau-pulau kecil ini masing-masing memiliki keunggulan potensi wisatanya sendiri-sendiri. Salah satu pulau dengan pesona wisata yang sulit dilewatkan adalah Pulau Belakang Padang. Objek paling menarik di pulau ini adalah Pantai Pasir Putih yang memang memiliki pasir putih menawan. Lokasi pantai ini ada di bagian belakang pulau, dari pelabuhan dapat dicapai dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek motor dari para penduduk setempat. Diberi julukan sebagai Pulau Penawar Rindu, Pulau Belakang Padang memang mengobati kerinduan para pelancong terhadap keindahan alam yang masih asri dan sepi.

 

Bagaimana, apakah keenam tempat wisata tersebut sudah menambah ketertarikanmu untuk berkunjung ke Batam? Meskipun terlihat sebagai kota kecil, tapi wisata di Batam menawarkan fasilitas kelas internasional. Kesibukannya pun tak kalah dengan kota besar lain di Indonesia. So, jangan anggap Batam sebagai kota transit menuju negeri tetangga saja, jadikan Batam sebagai destinasi wisata juga. Tunggu apa lagi, rencanakan liburanmu ke Batam sekarang juga

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *