Kepulauan Riau Travel

25 Tempat Wisata di Batam Yang Lagi Hits dan Kekinian

Tempat Wisata di Batam – Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama Batam yang mana merupakan kota paling besar yang ada di Propinsi Kepulauan Riau, selain itu Batam juga dikenal sebagai wilayah metropolitan yang meliputi tiga pulau yakni Pulau Batam, Pulau Galang, dan Pulau Rempang. Ketiga pulau utama di Batam tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan yang sangat terkenal yakni Jembatan Barelang. Batam sendiri berada di lokasi yang sangat strategis karena dilintasi oleh jalur pelayaran internasional sehingga membuat perekonomiannya maju.

Baca juga : Indahnya Destinasi Wisata Kalibiru Yogyakarta Yang Instagrameble

Batam memang sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian di Kepulauan Riau, selain itu ternyata kota ini juga dikenal sebagai destinasi wisata yang sangat populer. Perlu Anda ketahui bahwa Batam memang menyimpan potensi wisata yang amat besar sehingga tentu akan menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Wilayah Batam memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang sangat layak untuk dikunjungi pada saat liburan, jika Anda penasaran maka berikut ini akan kami ulas mengenai tempat wisata di Batam.

Berikut Daftar Tempat Wisata di Batam:

  1. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Nongsa yang lokasinya ada di Sambau, Nongsa, Batam, Propinsi Kepulauan Riau. Pantai Nongsa menyajikan panorama khas pantai yang sangat indah, pantai ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam, Anda juga bisa melakukan snorkeling di pantai ini. Pantai Nongsa bisa dikunjungi selama 24 jam setiap harinya dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

  1. Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai Melur

Pantai Melur menjadi tempat wisata kedua yang lokasi persisnya berada di Desa Sijantung, Kelurahan Galang Barelang, Pulau Galang, Kepulauan Riau. Pantai Melur merupakan pantai favorit bagi para wisatawan karena pantai yang satu ini menyajikan keindahan panorama alam yang mempesona, ombak di pantai ini juga tidaklah besar sehingga Anda bisa berenang dengan aman. Pantai Melur dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari dengan harga tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

  1. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak

Pantai Sekilak

Tempat wisata ketiga yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Sekilak yang lokasi persisnya berada di Batu Besar, Nongsa, Propinsi Kepulauan Riau. Pantai Sekilak juga menyuguhkan panorama yang sangat mempesona, kawasan pantai ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan sehingga suasananya cukup asri, selain itu Anda juga akan bisa menemukan sebuah danau buatan. Pantai Sengkilak bisa Anda kunjungi selama 24 jam dengan tarif masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang.

  1. Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang menjadi tempat wisata keempat yang juga bisa Anda kunjungi, jembatan ini terletak di Pulau Setoko, Rempang, Kepulauan Riau. Perlu Anda ketahui bahwa Jembatan Barelang menghubungkan beberapa pulau yakni Pulau Nipah, Pulau Rimpang, Pulau Tonton, dan Pulau Galang. Jembatan yang menjadi ikon Kota Batam ini pembangunannya dirancang oleh BJ Habibie. Anda bisa mengunjungi Jembatan Barelang kapan saja karena dibuka selama 24 jam dan tidak akan dikenakan tarif apapun.

  1. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir merupakan objek wisata yang lokasinya berada di Sekupang, Tanjung Pinggir, Batam, Kepulauan Riau. Pantai Tanjung Pinggir sendiri sangatlah populer sehingga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama di akhir pekan, pantai yang satu ini juga menyuguhkan panorama yang sangat memukau dan telah dikelola secara profesional sehingga memiliki fasilitas yang lengkap. Pantai Tanjung Pinggir dibuka pada pukul 07.30-20.00 WIB dengan tiket masuk 10 ribu rupiah.

  1. Golden Prawn Bengkong

Golden Prawn Bengkong

Golden Prawn Bengkong

Golden Prawn Bengkong merupakan sebuah tempat wisata kuliner yang lokasi persisnya berada di Tanjung Buntung, Bengkong, Kepulauan Riau. Golden Prawn Bengkong tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner, pasalnya Anda akan bisa menikmati berbagai macam hidangan yang sangat lezat, selain itu Anda juga bisa menemukan tempat penginapan dengan fasilitas yang lengkap. Golden Prawn Bengkong buka pada pukul 10.00-23.00 WIB dengan harga menu yang bervariasi.

  1. Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban

Tempat wisata ketujuh yang juga wajib Anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Bemban yang alamatnya ada di Bukit Besar, Kecamatan Nongsa, Batam yang mana lokasinya tidaklah jauh dari Pantai Sekilak. Pantai Tanjung Bemban terawat dengan baik sehingga Anda akan bisa menyaksikan panoramanya yang sangat mempesona, pantai ini sangat sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga. Pantai Tanjung Bemban dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Queen Garden Waterboom

Queen Garden Waterboom

Queen Garden Waterboom

Queen Garden Waterboom merupakan objek wisata yang beralamat di Sadai, Bengkong, Kepulauan Riau yang bisa Anda akses dengan mudah dari Kota batam. Queen Garden Waterboom adalah sebuah taman bermain air yang sangat sesuai untuk wisata keluarga, taman air seluas 17 hektar ini juga telah menyediakan berbagai macam wahana permainan yang sangat seru. Queen Garden Waterboom dibuka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk sebesaf 35 ribu pada hari biasa dan 55 ribu pada hari libur.

  1. Pantai Mirota

Pantai Mirota

Pantai Mirota

Pantai Mirota juga tidak boleh Anda lewatkan, pantai ini berlokasi di Desa Siantung, Kelurahan Galang Barelang, Pulau Galang, Propinsi Kepulauan Riau. Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Mirota menyuguhkan panorama yang sangat indah dengan pasir putihnya yang menghampar luas dan air lautnya yang berwarna biru sehingga sangat sesuai sebagai tempat rekreasi. Pantai Mirota bisa dikunjungi pada pukul 06.00-19.00 WIB, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir untuk mengunjungi pantai ini.

  1. Batam City Square

Batam City Square

Batam City Square

Batam City Square lokasi persisnya berada di Jalan Bunga Raya, Batu Selicin, Lubuk Baja yang akses jalannya tergolong mudah karena masih berada di pusat kota. Jika Anda menyukai wisata belanja, maka Anda wajib mengunjungi Batam City Square yang mana merupakan pusat perbelanjaan modern terlengkap di Batam, selain itu Anda juga bisa berwisata kuliner di food court-nya. Perlu Anda ketahui bahwa Batam City Square dibuka pada pukul 10.00-22.00 WIB setiap harinya.

  1. Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati

Rumah Kopi Fatmawati

Para pecinta kopi tidak boleh melewatkan Rumah Kopi Fatmawati yang alamatnya ada di Kota Batam, Kepulauan Riau yang bisa diakses dengan mudah karena letaknya di tengah kota. Rumah Kopi Fatmawati menjadi favorit pecinta kopi karena Anda akan bisa menikmati secangkir kopi sambil menyaksikan panorama laut yang indah, Anda bisa mencicipi berbagai varian kopi dengan harga yang bervariasi. Rumah Kopi Fatmawati dibuka pada pukul 10.00-23.00 WIB.

  1. Harbour Bay Food Court

Harbour Bay Food Court

Harbour Bay Food Court

Harbour Bay Food Court alamatnya ada di Jalan Duyung, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau yang mana masih berada di pusat kota sehingga lebih mudah dicapai. Harbour Bay Food Court sendiri merupakan salah satu tempat wisata kuliner favorit yang menyajikan berbagai macam hidangan seafood yang sangat lezat, Anda bisa memesan olahan seafood goreng ataupun bakar. Perlu Anda perhatikan bahwa Harbour Bay Food Court buka pada pukul 10.00-23.00 WIB setiap harinya.

Baca Juga :  Daftar Homestay Murah Di Batu Malang Yang Dekat Dengan Tempat Wisata
  1. Waterpark Top 100 Batu Aji

Waterpark Top 100 Batu Aji

Waterpark Top 100 Batu Aji

Waterpark Top 100 Batu Aji alamat persisnya berada di Kompleks Pertokoan Mall Top 100, Jalan Letjen Suprapto, Batu Aji, Tembesi, Sagulung, Kepulauan Riau. Perlu diketahui bahwa Waterpark Top 100 Batu Aji tergolong masih baru, namun namanya sudah populer di kalangan wisatawan. Seperti namanya, Waterpark Top 100 Batu Aji adalah sebuah taman bermain yang menyediakan berbagai wahana permainan air yang sangat seru. Waterpark Top 100 Batu Aji buka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk 20 ribu pada hari biasa dan 30 ribu pada akhir pekan.

  1. Nagoya Hill ShoppingMall

Nagoya Hill Shopping Mall

Nagoya Hill Shopping Mall

Nagoya Hill Shopping Mall lokasi persisnya berada di Jalan Teuku Umar Nomor 1, Lubuk Baja Kota, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau yang lokasinya berada di pusat kota. Nagoya Hill Shopping Mall adalah sebuah mall atau pusat perbelanjaan yang menempati lahan seluas kurang lebih 8,9 hektar di mana Anda akan bisa menemukan berbagai jenis produk yang sangat lengkap, Anda juga bisa menemukan penjual souvenir. Nagoya Hill Shopping Mall dibuka pada pukul 10.00-22.00 WIB setiap harinya.

  1. Mega Wisata Ocarina Park

Mega Wisata Ocarina Park

Mega Wisata Ocarina Park

Tempat wisata berikutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Mega Wisata Ocarina Park yang alamatnya ada di Sadai Bengkong, Propinsi Kepulauan Riau. Mega Wisata Ocarina Park yang diresmikan pada tahun 2008 yang lalu ini merupakan sebuah taman hiburan yang sangat sesuai dikunjungi bersama keluarga, Anda akan bisa menemukan berbagai macam wahana permainan yang menarik. Mega Wisata Ocarina Park buka pada pukul 06.00-23.00 WIB dengan harga tiket masuk 5 ribu untuk anak-anak dan 10 ribu untuk orang dewasa.

  1. Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Sembulang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kebun Raya Batam menjadi tempat favorit bagi warga dan juga para wisatawan yang ingin melupakan hiruk pikuknya Kota Batam, Anda akan bisa menikmati suasana alam yang asri karena banyaknya pepohonan yang tumbuh serta menghirup udara yang bebas polusi. Kebun Raya Batam dibuka setiap hari selama 24 jam, Anda juga tidak akan dikenakan tarif apapun.

  1. Engku Putri

Engku Putri

Engku Putri

Engku Putri lokasi persisnya ada di Jalan Engku Putri, Kelurahan Teluk Tering, Kecamatan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau yang masih berada di pusat kota. Perlu Anda ketahui bahwa Engku Putri merupakan sebuah kawasan yang memiliki fasilitas lengkap antara lain pusat perbelanjaan, penginapan, pelabuhan, hingga tempat ibadah. Engku Putri sering dijadikan sebagai tempat rekreasi dan olahraga, kawasan wisata ini dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Kampung Vietnam

Tempat wisata berikutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Kampung Vietnam yang lokasinya ada di Pulau Galang, Kepulauan Riau yang bisa diakses dari pusat kota Batam. Tempat ini dinamakan Kampung Vietnam karena pada tahun 70-an yang lalu dijadikan sebagai tempat pengungsian warga Vietnam, tempat ini juga dikenal akan aura mistisnya yang sangat kental. Anda bisa mengunjungi Kampung Vietnam pada pukul 08.00-17.30 WIB dengan tarif masuk 5 ribu rupiah per orang.

  1. Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Masjid Agung Batam

Bagi Anda yang menyukai wisata religi, maka Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Batam yang alamatnya ada di Jalan Engku Putri, Teluk Tering, Kepulauan Riau. Masjid Agung Batam merupakan masjid paling besar yang ada di Kota Batam, masjid yang satu ini memiliki keunikan yakni desain kubahnya yang berbentuk segi empat sehingga membedakannya dari masjid pada umumnya. Masjid Agung Batam dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya, Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasukinya.

  1. Mega Mall Batam Centre

Mega Mall Batam Centre

Mega Mall Batam Centre

Mega Mall Batam Centre lokasi persisnya berada di Jalan Engku Putri Nomor 1, Teluk Tering, Batam Kota yang mana lokasinya tidaklah jauh dari Masjid Agung Batam. Perlu Anda ketahui bahwa Mega Mall Batam Centre merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern terlengkap yang ada di Batam di mana Anda akan bisa menemukan berbagai macam produk yang lengkap. Perlu diperhatikan bahwa Mega Mall Batam Centre buka pada pukul 10.00-22.00 WIB setiap harinya.

  1. Jodoh Centre

Jodoh Centre

Jodoh Centre

Anda juga bisa mengunjungi Jodoh Centre yangberlokasi di Kompleks Tanjung Pantun Blok G Nomor 15, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Propinsi Kepulauan Riau. Perlu Anda ketahui bahwa Jodoh Centre merupakan salah satu tempat yang sangat populer bagi kalangan muda untuk nongkrong atau berkumpul bersama teman-temannya, tempat ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Jodoh Centre dibuka pada pukul 10.00-22.00 WIB setiap hari, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir di tempat ini.

  1. Kota Mati Marina City

Kota Mati Marina City

Kota Mati Marina City

Tempat wisata selanjutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Kota Mati Marina City yang alamatnya ada di Tanjung Riau, Sekupang, Batam, Propinsi Kepulauan Riau. Marina City dahulunya merupakan pusat perjudian terbesar di Kota Batam, namun kawasan ini kini telah ditinggalkan seiring dengan dilarangnya kegiatan perjudian, saat ini Marina City menjadi spot foto favorit para wisatawan. Kota Mati Marina City bisa dikunjungi selama 24 jam, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasukinya.

  1. Bukit Senyum

Bukit Senyum

Bukit Senyum

Bukit Senyum merupakan objek wisata yang lokasi persisnya berada di Tanjung Uncang, Batu Aji, Kecamatan Batu Ampar, Kepulauan Riau. Bukit Senyum juga menjadi salah satu favorit bagi para wisatawan karena dari atas bukit ini Anda akan bisa menyaksikan panorama yang menakjubkan, bahkan Anda juga akan bisa menyaksikan negara tetangga yakni Singapura jika cuaca sedang cerah. Bukit Senyum sendiri dibuka selama 24 jam setiap harinya, Anda juga tidak akan dikenakan tarif masuk.

  1. Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing

Hutan Wisata Mata Kucing alamatnya ada di Jalan Taman Bukit Golf, Tanjung Riau, Kibing, Sekupang, Kepulauan Riau yang bisa Anda capai dari Kota Batam. Hutan Wisata Mata Kucing sendiri merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang sangat tepat bagi anak-anak, tempat wisata yang satu ini memiliki konsep layaknya sebuah kebun binatang di mana Anda akan bisa menyaksikan berbagai jenis binatang. Hutan Wisata Mata Kucing buka pada pukul 08.30-18.00 WIB dengan tiket masuk seharga 10 ribu rupiah.

  1. Pulau Abang Besar

Pulau Abang Besar

Pulau Abang Besar

Objek wisata berikutnya yang juga bisa dikunjungi adalah Pulau Abang Besar yang letaknya berada di Galang, Propinsi Kepulauan Riau di mana Anda harus menggunakan kapal untuk mencapai lokasinya. Pulau Abang Besar memiliki pantai dengan pasir putih yang sangat indah, selain itu Anda juga bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan terumbu karang di bawah laut. Pulau Abang Besar dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari, Anda hanya akan dikenakan biaya transportasi kapal sebesar 30 ribu rupiah.

Baca Juga :  7 Wisata Edukasi Di Malang Yang Cocok Untuk Anak

Apabila Anda ingin mengisi waktu akhir pekan atau libur panjang di Batam, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata yang telah disebutkan pada artikel di atas.

User Review
( votes)

Leave a Comment