by

Ini 25 Tempat Wisata di Bekasi yang Tak kalah Menarik dengan Daerah Lain

Tempat Wisata di Bekasi – Bekasi merupakan wilayah kabupaten dan kota yang secara administratif masih termasuk ke dalam Propinsi Jawa Barat. Perlu diketahui bahwa nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang sama artinya dengan candrabaga sebagaimana yang tertulis pada Prasasti Tugu yang mana merupakan nama dari sebuah sungai yang membelah wilayah tersebut. Bekasi sendiri terletak di lokasi yang sangat strategis yakni persis berada di sebelah timur Ibukota Jakarta, bahkan Bekasi masih menjadi bagian dari kawasan metropolitan Jabodetabek.

Baca juga : 30 Tempat Wisata di Bogor Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Dikarenakan lokasinya yang amat strategis tersebut membuat Bekasi memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Tidak hanya itu saja, ternyata Bekasi juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit karena kota ini memang menyimpan potensi yang cukup besar di bidang pariwisata. Hal tersebut tentu saja akan menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, Anda akan bisa menemukan berbagai macam tempat wisata di Bekasi yang bisa Anda kunjungi pada saat akhir pekan maupun libur panjang, berikut ini akan kami ulas selengkapnya.

25 Tempat Wisata di Bekasi

  1. Rumah Pohon Jatiasih
Wisata Rumah Pohon Jatiasih Bekasi

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Rumah Pohon Jatiasih yang mana lokasinya berada di Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi yang mana sangat sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga. Rumah Pohon Jatiasih merupakan objek wisata yang mengusung konsep keindahan alam, Anda akan bisa menemukan beberapa rumah pohon yang berada di lingkungan yang asri. Rumah Pohon Jatiasih buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk yang bervariasi sesuai dengan paket yang Anda pilih.

  1. Taman Buaya Indonesia Jaya
Obyek Wisata Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya lokasi persisnya berada di Jalan Raya Serang-Cibarusah KM 3, Sukaragam, Serang Baru, Kota Bekasi. Sesuai dengan namanya, Taman Buaya Indonesia Jaya merupakan sebuah pusat penangkaran buaya, Anda akan bisa menyaksikan lebih dari 500 ekor buaya yang terdiri dari beberapa spesies sehingga sangat sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi. Taman Buaya Indonesia Jaya dibuka pada pukul 08.00-16.00 WIB dengan tiket masuk seharaga 20 ribu untuk orang dewasa dan 10 ribu untuk anak-anak.

  1. Pura Agung Tirta Bhuana
Pura Agung Tirta Bhuana Bekasi

Objek wisata ketiga yang tidak boleh dilewatkan adalah Pura Agung Tirta Bhuana yang terletak di Jalan Jatiluhur Raya, Jakasampurna, Bekasi Barat yang masih berada di dalam kota. Jika Anda ingin merasakan suasana liburan di Bali, maka Pura Agung Tirta Buana merupakan destinasi wisata yang tepat, pura ini merupakan satu-satunya tempat peribadatan umat Hindu di Bekasi. Pura Agung Tirta Buana dibuka untuk umum pada pukul 08.00-18.00 WIB, Anda tidak akan dikenakan tarif masuk.

  1. Klenteng Liem Thay Soekong
Klenteng Liem Thay Soekong Bekasi

Klenteng Liem Thay Soekong alamatnya ada di Jalan Kyai Haji Fudholi, Desa KarangAsih, Kecamatan Cikarang Utara, Bekasi yang bisa ditempuh dari pusat kota Bekasi. Klenteng Liem Thay Soekong dibangun pada abad ke-16 dan berdiri di atas lahan seluas 300 meter persegi, klenteng yang didominasi warna merah ini selalu dipadati dengan pengunjung pada saat perayaan tahu baru China. Anda bisa mengunjungi Klenteng Liem Thay Soekong pada pukul 04.00-22.00 WIB, Anda tidak akan dikenakan tarif apapun untuk memasukinya.

  1. Pantai Muara Gembong
Obyek Wisata Pantai Muara Gembong Bekasi

Tempat wisata kelima yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Muara Gembong yang letaknya berada di Desa Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi. Bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan, maka Anda bisa mengunjungi Pantai Muara Gembong yang mana wilayahnya dikelilingi oleh hutan bakau yang bisa Anda jelajahi menggunakan sampan. Pantai Muara Gembong dibuka selama 24 jam, Anda hanya dikenakan biaya sewa kapal sebesar 20 ribu rupiah.

  1. Curug Parigi
Obyek Wisata Curug Parigi

Curug Parigi merupakan tempat wisata keenam yang letaknya berada di Jalan Pangkalan 5, Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi. Curug Parigi memiliki keunikan tersendiri karena menyerupai Air Terjun Niagara sehingga sering dijuluki sebagai Niagara Mini, air terjun yang ketinggiannya hanya tiga meter ini menyuguhkan panorama alam yang masih asri. Curug Parigi dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Gedung Juang Tambun
Obyek Wisata Gedung Juang Tambun Bekasi

Gedung Juang Tambun beralamat di Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 5, Tambun Selatan, Kota Bekasi. Gedung Juang Tambun atau sering disebut juga dengan nama Gedung Juang 45 ini memiliki sejarah yang sangat penting, gedung yang dibangun pada tahun 1910 ini pernah dijadikan sebagai kantor pemerintahan Jatinegara, kini bangunan tersebut menjadi cagar budaya. Gedung Juang Tambun buka pada pukul 08.00-15.00 WIB dengan tarif masuk 5 ribu untuk orang dewasa dan 2 ribu untuk anak-anak.

  1. Saung Ranggon
Obyek Wisata Saung Ranggon Bekasi

Objek wisata selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah Saung Ranggon yang berlokasi di Kampung Cikedokan, Cikarang Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Saung Ranggon merupakan bangunan yang dibuat dari kayu ulin dan dibangun pada abad ke-16 yang hingga saat ini masih berdiri dengan kokoh, Saung Ranggon diyakini pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Rangga. Saung Ranggon buka pada pukul 06.00-21.00 WIB dengan harga tiket masuk 20 ribu rupiah per orang.

  1. Pantai Mekar
Obyek Wisata Pantai Mekar

Pantai Mekar adalah salah satu wisata alam yang lokasi persisnya berada di Jalan Raya Muara Gembong, Bekasi yang mana lokasinya masih berdekatan dengan Pantai Muara Gembong. Pantai Mekar menyajikan panorama alam yang mempesona di mana Anda bisa menikmati suasana pantai dari sebuah gazebo yang ada di pantai ini, Anda juga bisa memancing sambol menikmati semilirnya angin laut. Pantai Mekar dibuka untuk umum selama 24 jam setiap hari, Anda hanya dikenakan biaya parkir.

  1. Situ Cibeureum
Obyek Wisata Situ Cibeureum

Situ Cibeureum lokasinya ada di Perumahan Grand Wisata, Bekasi yang mana akses jalannya sangatlah mudah untuk dicapai. Perlu Anda ketahui bahwa Situ Cibeureum merupakan sebuah danau yang terbentuk secara alami, meskipun danau ini ukurannya tidaklah terlalu besar namun pemandangan di sekitarnya sangatlah mempesona sehingga menjadi tujuan wisata favorit keluarga. Anda tidak akan dikenakan tarif apapun untuk memasukinya, selain itu Situ Cibeureum juga dibuka selama 24 jam setiap harinya.

  1. Venetian Water Carnaval
Obyek Wisata Venetian Water Carnaval

Venetian Water Carnaval adalah salah satu objek wisata yang berlokasi di Villa Mutiara Gading II, Tambun Utara, Bekasi. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa merasakan suasana karnaval seperti halnya di Venesia yang ada di Benua Eropa. Setelah Anda tiba di lokasi, maka Anda akan langsung bisa menyaksikan kemeriahan suasana karnaval dengan warna-warna yang cerah. Venetian Water Carnaval dibuka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif masuk 20ribu pada hari biasa dan 50 ribu pada hari libur.

  1. Fun Park Waterboom
Obyek Wisata Fun Park Waterboom

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Fun Park Waterboom yang mana beralamat di Jalan Raya Bantar Gebang, Setu, Cimuning Raya, Bekasi. Fun Park Waterboom merupakan sebuah taman bermain air yang memiliki 4 buah kolam dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda, selain itu taman bermain ini juga telah dilengkapi dengan beberapa wahana permainan yang seru. Fun Park Waterboom buka pada pukul 07.00-18.00 WIB dengan tiket masuk seharga 15 ribu pada hari biasa dan 20 ribu pada hari libur.

  1. Danau Marakas
Obyek Wisata Danau Marakas

Danau Marakas terletak di Perumahan Pesona Ungu, Jalan Sejahtera, Bahagia, Bekasi yang mana lokasinya masih berada di dalam kota. Perlu Anda ketahui bahwa Danau Marakas merupakan sebuah danau buatan yang memang sengaja dibuat sebagai tempat penampungan air dan juga tempat rekreasi, selain itu danau ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap demi kenyamanan pengunjung. Danau Marakas dibuka selama 24 jam, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasukinya.

  1. Taman Rusa Kemang Pratama
Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama berlokasi di Jalan Niaga Raya Blok C Nomor 3, Sepanjang Jaya, Bojong Rawalumbu, Bekasi. Anda akan bisa menyaksikan kawanan rusa yang ada di Taman Rusa Kemang Pratama, selain itu taman ini ternyata juga memiliki koleksi beberapa jenis binatang lainnya sehingga menyerupai sebuah kebun binatang mini, taman ini juga sering dijadikan sebagai pusat olahraga. Taman Rusa Kemang Pratama buka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

  1. Hutan Kota Patriot Bunga Bangsa
Obyek Wisata Hutan Kota Patriot Bunga Bangsa

Anda juga bisa mengunjungi Hutan Kota Patriot Bunga Bangsa yang lokasi persisnya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 2, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Hutan Kota Patriot Bangsa merupakan sebuah tempat yang sangat tepat jika Anda ingin melupakan hiruk pikuknya perkotaan, hutan kota ini dibuat sebagai ruang hijau yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan yang rindang. Hutan Kota Patriot Bunga Bangsa dibuka selama 24 jam, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

  1. Masjid Nurul Islam
Masjid Nurul Islam

Bagi Anda yang menyukai wisata religi, maka Anda bisa berkunjung ke Masjid Nurul Islam yang alamatnya ada di Kompleks Islamic Center, Jalan Ahmad Yani Nomor 23, Marga Jaya, Bekasi Selatan. Masjid Nurul Islam memiliki arsitektur yang indah dan terdiri dari tiga lantai, masjid yang bisa menampung hingga 4 ribu jamaah ini juga telah dilengkapi ruang pertemuan dan kompleks perkantoran. Anda bisa mengunjungi Masjid Nurul Islam kapan saja dan tidak perlu membayar apapun untuk memasukinya.

  1. Bumi Perkemahan Karang Kitri
Bumi Perkemahan Karang Kitri

Bumi Perkemahan Karang Kitri letaknya berada di Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmanu, Bekasi. Bumi Perkemahan Karang Kitri bisa menjadi tujuan wisata yang sangat menyenangkan bagi keluarga, Anda bisa berkemah di area yang disediakan untuk bisa merasakan pengalaman liburan yang unik, selain itu tempat ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas outbond yang lengkap. Bumi Perkemahan Karang Kitri dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk seharga 2 ribu rupiah.

  1. Waterboom Lippo Cikarang
Obyek Wisata Waterboom Lippo Cikarang

Salah satu tujuan wisata favorit di Bekasi dalah Waterboom Lippo Cikarang yang beralamat di Jalan Madiun Kavling 115, Lippo Cikarang, Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi. Waterboom Lippo Cikarang menawarkan sesuatu yang unik di mana Anda akan bisa merasakan suasana Bali yang sangat kental, selain itu taman bermain ini juga telah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang menantang. Waterboom Lippo Cikarang bisa dikunjungi pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif masuk 60 ribu pada hari biasa dan 95 ribu pada hari libur.

  1. Situ Gede
Obyek Wisata Situ Gede Bekasi

Situ Gede lokasinya berada di Jalan Kampung Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi, Propinsi Jawa Barat. Situ Gede merupakan objek wisata yang sangat tepat bagi Anda yang menyukai keindahan alam, pasalnya di tempat ini Anda akan bisa menemukan danau dan rawa yang masih sangat asri dengan banyaknya pohon besar yang tumbuh di sekelilingnya. Perlu Anda ketahui bahwa Situ Gede dibuka selama 24 jam setiap hari, Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasukinya.

  1. Vihara Dharma Jaya
Vihara Dharma Jaya

Bekasi juga memiliki tujuan wisata religi bagi umat Buddha yakni Vihara Dharma Jaya yang alamatnya ada di Jalan Bajir Nomor 19, Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi. Vihara Dharma Jaya memiliki dua lantai yang terdiri dari 14 altar persembahyangan di masing-masing lantainya, Anda akan disambut oleh dua patung singa di pintu masuk dan dua patung naga di bagian atapnya. Vihara Dharma Jaya dibuka untuk umum pada pukul 06.00-21.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

  1. Snow World International Revo Town
Obyek Wisata Snow World International Revo Town

Tujuan wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi yakni Snow World International Revo Town yang lokasinya ada di Jalan Ahmad Yani Kav 1, Pekajon Jaya, Bekasi Selatan. Bagi Anda yang ingin merasaka iklim bersalju di Indonesia, maka Snow World International Revo Town merupakan tempat yang tepat. Anda juga akan bisa menemukan suatu karya seni berupa pahatan es yang sangat indah, Snow World International buka pada pukul 14.00-19.30 WIB dengan tiket masuk 60 ribu untuk orang dewasa dan 50 ribu untuk anak-anak.

  1. Taman Alamanda Regency
Obyek Wisata Taman Alamanda Regency

Taman Alamanda Regency berlokasi di Jalan Taman Amanda Raya, Karangsatria, Tambun Utara, Bekasi yang mana masih bearda di kompleks perumahan Alamanda Regency Raya. Anda akan bisa menemukan sebuah taman yang tertata dengan sangat rapi dengan kondisi yang masih asri, Anda juga bisa menemukan danau buatan serta fasilitas outbond yang cukup lengkap. Menariknya Anda tidak dipungut biaya apapun, Taman Alamanda Regency juga buka selama 24 jam.

  1. Transera Waterpark Harapan Indah
Transera Waterpark Harapan Indah

Transera Waterpark Harapan Indah beralamat di Harapan Indah Boulevard, Kavling V, Kota Harapan Indah, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Bekasi. Sesuai dengan namanya, Transera Waterpark Harapan Indah merupakan taman bermain air yang sangat sesuai dikunjungi bersama keluarga, Anda bisa mengajak keluarga untuk mencoba berbagai macam wahana permainan yang ada di tempat ini. Transera Waterpark Harapan Indah buka pada pukul 10.00-18.00 WIB dengan tiket masuk 85 ribu pada hari biasa dan naik menjadi 125 ribu pada akhir pekan.

  1. Taman Kota Alun-alun Bekasi
Taman Kota Alun-alun Bekasi

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Taman KotaAlun-alun Bekasi yang berada di Jalan Raya Veteran, Desa Margahayu, Bekasi Selatan. Tempat wisata ini adalah salah satu proyek pemerintah Bekasi yang diresmikan pada tahun 2012, Taman Kota Alun-alun Bekasi dijadikan sebagai paru-paru kota dengan banyaknya pohon yang rindang. Taman Kota Alun-alun Bekasi buka pada pukul 08.30-21.00 WIB dengan tarif masuk gratis.

  1. Columbus Waterpark
Columbus Waterpark

Tujuan wisata lainnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Columbus Waterpark yang berlokasi di Perumahan Mutiara Gading Timur, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Columbus Waterpark sendiri adalah taman bermain air yang mengusung tema pelayaran Christopher Columbus di mana Anda bisa menemukan replika kapal Santa Maria, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana permainan air yang menantang. Columbus Waterpark buka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif masuk 40 ribu untuk orang dewasa dan 30 ribu untuk anak-anak.

Jika Anda ingin menikmati liburan di Bekasi, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata di Bekasi yang telah diulas di atas.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment