by

30 Tempat Wisata di Bogor Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Bogor – Memiliki lokasi yang tak jauh dari ibukota membuat Bogor menjadi salah satu destinasi ideal untuk liburan. Hanya memerlukan 2-3 jam perjalanan dari Jakarta, anda bisa menjejakan kaki ke Kota Hujan ini. kekayaan alam Bogor sangat memukau. Alamnya yang berada di kaki pegunungan membuat banyak sekali tempat wisata yang potensial. Memang sebagian besar wisata yang ada di Bogor berkaitan dengan wisata alam dan pegunungan. Mulai dari air terjun, aneka macam danau, hingga agrowisata. Selain itu, taman rekreasi dengan konsep modern juga bisa anda jumpai ketika berlibur ke Bogor.

Baca juga : Rekomendasi 25 Tempat Wisata di Majalengka Murah Meriah dan Lagi Hits Saat ini

Mengajak serta seluruh anggota keluarga adalah pilihan tepat ketika mengunjungi Kota Hujan ini. banyak sekali pilihan tempat liburan keluarga yang dimiliki Bogor. Kawasan Puncak adalah lokasi paling menarik dan banyak dikunjungi wisatawan. Tak ayal di kawasan ini kerap terjadi kemacetan karena menumpuknya pengunjung. Selain puncak, banyak sekali pilihan tempat liburan di kawasan Bogor. Nah, bagi yang ingin liburan ke kota hujan ini, berikut berbagai pilihan tempat wisatanya untuk anda.

Berbagai Tempat Wisata di Bogor

  1. Curug Cibalung

Obyek Wisata Curug Cibalung

Air terjun yang berada di Desa Karang Tengah Bogor ini bisa anda tempuh dari Tol Jagorawi menuju Jungle Land. Air terjun yang masih sangat asri ini memang tidak terlalu tinggi. Meskipun demikian, batuan andesit di kiri dan kanannya membuat panoramanya sangat memukau. Aliran airnya sangat jernih dengan warna bening kebiruan. Bagi yang ingin merasakan sensasi berenang sembari bertualang, air terjun yang memiliki udara sejuk ini layak anda coba. Sesampainya di lokasi, anda akan dikenai tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang dan biaya parkir 5.000 rupiah.

  1. Curug Ciherang

Obyek Wisata Curug Ciherang Bogor

Curug Ciherang merupakan satu diantara sekian banyak air terjun memukau di kota hujan. Tak hanya alamnya yang memukau. Namun anda akan dibuat takjub dengan rumah pohon serta jembatan gantung. Keduanya dibangun guna semakin banyak menarik minat pengunjung. Rumah pohon dan jembatan gantung ini merupakan lokasi yang sangat instagramable. Tak heran banyak anak muda yang senang liburan ke air terjun dengan aliran deras ini. Lokasinya di Desa Sinarjaya, Sukamakmur Bogor. Jaraknya sekitar 40 km dari Jakarta dengan jam buka mulai 07.00-18.00. Tiket masuknya sendiri dipatok sekitar 15.000 rupiah.

  1. Little Venice Kota Bunga

Obyek Wisata Little Venice Kota Bunga Bogor

Tak perlu jauh ke Italia untuk menaiki Gondola ala Venesia. Di Villa Bunga Puncak, anda bisa merasakan sensasi naik gondola dengan suasana Venesia yang sangat lekat. Kawasan wisata keluarga ini menyuguhkan pengalaman romantis berkeliling sungai buatan dengan perahu khas Italia ini. Anda juga bisa bermain banana boat hingga menikmati indahnya tata kelola tempat yang instagramable. Untuk jam bukanya mulai pukul 08.00-16.00 dengan tiket sebesar 30 ribu rupiah bagi anak-anak dan 40 ribu rupiah untuk dewasa.

  1. Curug Bidadari

Obyek Wisata Curug Bidadari Bogor

Air terjun setinggi 75 meter ini dipercaya sebagai tempat para bidadari mandi serta menjadi lokasi legenda Jaka Tarub terjadi. Panorama alam yang disuguhkan sangat memukau. Tersedia kolam alami dan buatan yang mampu memanjakan pengunjung dengan air jernihnya. Sampai saat ini, tata kelola air terjun satu ini sudah semakin serius. Lokasinya di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Desa Babakan Madang, Bogor. Dengan jam buka mulai dari 07.00-17.00, anda akan dikenai tarif masuk sebesar 25.000 rupiah. Dengan tiket tersebut, anda juga bisa merasakan fasilitas lain seperti flying fozx, terapi ikan, sampai sepeda air.

  1. Gunung Pancar

Obyek Wisata Gunung Pancar Bogor

Menjelajah indahnya hutan pinus bisa anda rasakan di Gunung Pancar. Lokasinya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Dengan tiket masuk sebesar 5.000 rupiah untuk hari biasa dan 7.500 rupiah di akhir pekan, anda bisa mencoba berbagai macam keseruan di dalamnya. Mulai dari berkemah, mandi air hangat, hingga berfoto dengan latar belakang hutan pinus. Suasana alamnya sangat asri dengan udara yang sejuk karena berada di kaki gunung. Bagi yang ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas, Gunung Pancar adalah tempat yang tepat untuk disambangi.

  1. Curug Cigamea

Obyek Wisata Curug Cigamea Bogor

Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor, anda pun bisa mendapati sebuah air terjun menawan. Air terjun dengan tingkatan yang indah ini memiliki debit air yang cukup deras. Di sekelilingnya juga masih terdapat beberapa curug kecil. suasana hutan yang sangat sejuk, pepohonan rindang hingga suara kicau burungnya makin memperkuat harmoni kekayaan alam yang dimiliki tempat wisata ini. tiket masuknya sebesar 7.500 rupiah per orang. Anda juga bisa menikmati wahana flying fox dan serangkaian wahana outbond lainnya.

  1. Taman Wisata Matahari

Obyek Wisata Taman Matahari

Taman Wisata Matahari merupakan sebuah kawasan wisata yang berisi aneka wahana edukasi, tempat bermain air, hingga berbagai macam spot foto yang menarik. wisatawan bisa menikmati lima wahana yang tersedia secara bebas. Suasana liburan modern sekaligus edukatif bisa anda rasakan dengan mengitari seluruh area wisata. Uniknya lagi dengan harga tiket 25.000 rupiah, anda bisa mendapatkan potongan harga sebesar 10% jika digunakan untuk membeli makanan di Sunda Express Resto. Lokasinya di Jalan Raya Puncak Km 77 Cilember-Bogor. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 08.00-17.00.

  1. Rafting Sungai Cisadane

Rafting Sungai Cisadane Bogor

Bagi yang ingin merasakan sensasi liburan yang lebih menantang, mencoba derasnya arus sungai satu ini sangat rekomended. Anda bisa menuju Jalan Muarajaya, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong-Bogor. Untuk satu sesi rafting, anda akan dikenai biaya sebesar 150-250 ribu rupiah per orangnya. Selain menawarkan derasnya arus sungai serta aneka bebatuan yang menambah tantangan, anda juga bisa menikmati serunya bermain outbond, paintball dan berbagai keseruan lainnya di kompleks wisata alam ini.

  1. Kampung Budaya Sindang Barang

Obyek Wisata Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Tak hanya wisata alamnya, Bogor juga memiliki sebuah wisata budaya yang berada di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor. Di tempat wisata edukatif ini, anda bisa melihat 93 titik situs budaya serta berbagai macam kesenian tradisional khas Bogor. Budaya sunda kuno memang sangat ditonjolkan guna memperkenalkan generasi muda akan kekayaan budaya leluhur. Situs-situs kuno dikumpulkan dan dilindungi di tempat wisata satu ini guna tetap melestarikannya. Untuk datang ke kawasan ini, anda bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 09.00-17.00. Wisatawan juga bisa mencoba belajar berbagai macam kesenian tradisional.

  1. Jungle Land Adventure Theme Park

Obyek Wisata Jungle Land Adventure Theme Park

Tak jauh dari Gunung Pancar, anda juga bisa menikmati aneka wahana permainan di Jungle Land. Tempat wisata keluarga ini menyediakan 30 wahana permainan dan bisa anda nikmati dari pagi sampai malam. Alamatnya di kawasan Sentul Nirwana di Kaki Gunung Pancar. Jam bukanya setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.000. Untuk tiket masuknya, anda mesti membayar sebesar 125.000 rupiah pada hari biasa dan 175.000 rupiah pada akhir pekan. Selain aneka wahana permainan, anda juga bisa menyambangi pusat IPTEK terlengkap di kawasan ini.

  1. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian alami ini memiliki sumber air panas dari kaki gunung. Anda bisa menikmati sensasi berendam di sumber air panas alami sekaligus terapi kesehatan kulit. Sembari berendam, anda akan dimanjakan dengan indahnya suasana pegunungan yang hijau dan asri. Lokasinya di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Parung-Bogor. Aksesnya sudah dibenagi secara serius. Untuk jam bukanya mulai pukul 07.00-17.00. sangat disarankan berkunjung di pagi hari agar bisa merasakan sensasi berendam dan berkeliling lebih lama. Harga tiket masuk area seluas 8 hektar ini sebesar 7.000 rupiah untuk anak dan 12.000 rupiah untuk dewasa.

  1. Taman Wisata Mekarsari

Obyek Wisata Taman Wisata Mekarsari

Kawasan wisata rekreasi keluarga yang berada di Jalan Raya Jonggol-Cileungsi KM.3 ini berisi aneka macam pohon buah dari seluruh dunia. Anda dan keluarga bisa mengenal aneka macam buah serta bisa memanennya secara langsung. Selain kebun buah, anda bisa menikmati aneka wahana lainnya. mulai dari kereta Tuk-Tuk, rumah pohon, outbond spot, sepeda air, hingga berbagai macam wahana permainan untuk anak-anak. Untuk masuk ke kawasan yang diresmikan oleh mendiang Ibu Tien Soeharto ini, anda mesti membayar sebesar 25.000 rupiah. Sedangkan jam bukanya sendiri mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

  1. Fly Indonesia Paragliding

Wisata Fly Indonesia Paragliding

Anda bisa memacu adrenalin dengan mencoba olahraga paragliding yang disediakan oleh Fly Indonesian Paragliding. Lokasinya di Jalan Raya Puncak Km, 87, Bukit Paralayang Bogor. Untuk menikmati keindahan puncak tersebut, anda bisa membayar tiket masuk sebesar 13.000 rupiah. Wisatawan bisa menikmati indahnya danau dan aneka persawahan yang menyejukan mata. Untuk mencoba olahraga satu ini, wisatawan akan dikenai tarif khusus antara 150-250 ribu rupiah. Namun aktivitas paralayang tersebut hanya akan dilayani jika kondisi cuaca dan angin sedang mendukung. Jam operasional wisata petualangan ini mulai dari pukul 07-17.00 setiap hari.

  1. Museum Zoologi

Obyek Wisata Museum Zoologi Bogor

Lokasi museum yang menyuguhkan aneka koleksi awetan satwa ini tak jauh dari Kebun Raya dan Istana Bogor. Berbagai macam hewan yang diawetkan bisa anda dapati. Museum yang bisa anda jadikan sebagai destinasi pendidikan ini memiliki jam buka mulai pukul 08.00-16.00. Mengajak anak-anak dan anggota keluarga lainnya adalah hal yang tepat dalam menyambangi wisata edukasi ini. berbagai jenis hewan berdasarkan kelompok dan habitatnya juga dijelaskan secara menarik. Harga tiket masuknya hanya sebesar 15.000 rupiah untuk setiap hari.

  1. Goa Agung Garunggang

Obyek Wisata Goa Agung Garunggang Bogor

Goa yang ada di Desa Cigobang, Kecamatan Babakan Madang-Bogor ini merupakan salah satu wisata alam yang masih sangat jarang pengunjung. Untuk sampai ke goa alam ini, anda mesti mengambil jalur ke Curug Leuwi Hejo dan berjalan kaki sekitar 45 menit. Keindahan goa dengan stalaktit yang memukau ini akan mengingatkan kita dengan ngarai yang ada di Amerika. Wisatawan mesti menuruni anak tangga dan melewati batuan karst yang terbelah oleh aliran sungai. Bagi yang senang menjelajah alam, berlibur ke goa satu ini adalah pilihan tepat.

  1. Curug Ciburial

Obyek Wisata Curug Ciburial Bogor

Berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang-Bogor, air terjun dengan pemandangan hijau dan masih alami ini masih sejalan dengan Curug Leuwi Hejo. Tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah sehingga liburan ke objek satu ini tergolong liburan yang murah meriah. Saat terbaik berkunjung adalah pada waktu musim panas sehingga jalanan mudah diakses karena tidak terlalu licin. Pemandangan air terjun dan batuan-batuan alamnya semakin memesona ditambah dengan pepohonan hijau yang menambah asrinya suasana.

  1. Danau Quarry

Obyek Wisata Danau Quarry Bogor

Cerukan bekas penambangan pasir yang terbengkalai akhirnya berubah menjadi sebuah danau yang indah. danau buatan ini memiliki air berwarna hijau karena adanya ganggang yang hidup di dalamnya. Pemandangan alamnya sangat memukau. Dari perbukitan hijau yang mengelilinginya, anda bisa mendaki hingga puncak dan melihat indahnya danau dar ketinggian. Danau alam ini sangat ramai di akhir pekan dan hari libur bersama oleh wisatawan. Lokasinya di Desa Nuggaherang, Kecamatan Tegallega-Cigudeg, Bogor. Anda bisa menyewa perahu karet atau kano untuk menjelajahi danau. Tiket masuknya sebesar 20.000 rupiah belum termasuk biaya sewa perahu dan kano.

  1. Bukit Alesano

Obyek Wisata Bukit Alesano Bogor

Bukit Alesano merupakan tempat berkemah terbaik yang bisa anda kunjungi bersama kelaurga. Dari ketinggian, anda bisa mendirikan tenda dan menyaksikan pemandangan alam Bogor dari ketinggian. Aneka lampu, gemerlap bintang, dan suasana langit malam Bogor yang indah membuat liburan makin mengesankan. Aksesnya cukup mudah karena jalanannya sudah dikelola secara baik. Lokasi tepatnya di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk-Bogor. Untuk masuk, pengunjung hanya dikenai tiket sebesar 10 ribu rupiah dan sudah bebas bermalam dan mendirikan tenda disekitarnya.

  1. Pasar Ah Poong

Obyek Wisata Pasar Ah Poong

Berburu aneka kuliner lezat sangat tepat jika anda berkunjung ke Pasar Ah Poong. Wisata yang menyuguhkan aneka macam makanan tradisional Sunda ini memiliki konsep modern. Wisatawan akan merasakan serunya belanja menggunakan perahu sampan, termasuk ketika membeli aneka macam makanan. Biaya masuk ke pasar kuliner ini gratis. Pengunjung bisa datang antara pukul 09.00-22.00 setiap hari. waktu terbaik untuk datang adalah di luar akhir pekan sehingga anda tidak perlu mengantri cukup lama untuk berbelanja.

  1. Warso Farm

Obyek Wisata Warso Farm

Pecinta durian jangan sampai melewatkan liburan ke Warso Farm. Tempat wisata yang menyediakan aneka durian dan langsung dipetik dari pohonnya ini memang sangat unik. Berkonsep agrowisata, terdapat 900 pohon durian yang dibudidayakan di lahan seluas 8.5 hektar. Anda bisa berkeliling ditengah udara yang sejuk sembari melihat dan mencicipi aneka macam durian. Ketika musim durian tiba, tempat wisata alam ini semakin ramai pengunjung. Wisatawan bisa datang diantara pukul 07.00-17.00 setiap harinya. Tidak ada biaya masuk untuk datang ke tempat wisata yang ada di Desa Cihideung, Kecamatan Cipelang-Bogor ini.

  1. Taman Safari

Obyek Wisata Taman Safari

Berada di Jalan Raya Puncak, Cisarua-Bogor, tempat wisata satu ini menyuguhkan konsep menarik dalam menyaksikan aneka macam satwa. Anda bisa berkendara di tengah habitat para gajah, jerapah, zebra, hingga harimau. Berbeda dengan kebun binatang pada umumnya, satwa yang dirawat di sini bisa anda saksikan secara lebih bebas. Untuk keamanan, wisatawan dilarang membuka jendela mobil atau memberi makan. Program safari siang dan malam adalah fasilitas unggulan yang terdapat di taman safari satu ini. Tiket masuknya sebesar 140 ribu rupiah untuk anak-anak dan 150 ribu rupiah untuk dewasa. Jam bukanya mulai pukul 08-00-17.30 setiap hari.

  1. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Obyek Wisata Curug Bengkok Leuwi Hejo

Air terjun yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang-Bogor ini hanya memiliki ketinggian sekitar 2.5 meter. Debit airnya tak sederas air terjun lainnya namun tetap menawarkan keindahan yang memukau. Anda bisa berenang di kolamnya yang sangat jernih. udaranya sangat segar dengan aneka bebatuan alam dan pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan ini. selain mandi, wisatawan juga bisa berkeliling area curug sembari menikmati indahnya suasana alam khas pegunungan. Tiket masuknya hanya 5.000 rupiah. Sementara rutenya, anda bisa mengambil rute dari Jakarta kemudian mengarah ke Sentul City menuju kawasan Babakan Madang.

  1. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Obyek Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Meskipun aksesnya cukup terjal, namun tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata alam ini. anda bisa melihat aneka macam rusa yang hidup secara bebas di padang rumput. Penangkaran rusa dengan tiket masuk sebesar 2.500 rupiah ini berada di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari-Bogor. Wisatawan akan disambut dengan jembatan kayu sepanjang 30 meter. Selain melihat rusa, anda juga bisa berkemah dan memberi makan satwa satu ini secara langsung. Untuk mendirikan tenda, anda hanya dikenai tarif sebesar 3.000 rupiah.

  1. Kebun Raya Bogor

Obyek Wisata Kebun Raya Bogor

Belum lengkap pergi ke Bogor tanpa berkunjung ke Kebun Raya. Kebun raya dengan luas 87 hektar ini merupakan tempat tinggal 15.000 jenis tanaman asli Indonesia dan dunia. Tanaman tersebut dibudidayakan untuk kepentingan penelitian. Ratusan spesies anggrek juga dibudidayakan di spot khusus bernama Griya Anggrek. Selain itu ada pula Raflesia Arnoldi dan aneka macam tumbuhan langka lainnya di sini. Wisatawan bisa berpiknik sembari melihat aneka macam rusa. Kebun raya yang berada di pusat kota Bogor ini buka mulai pukul 07.30-17.00 dengan tiket masuk sebesar 15.000 rupiah.

  1. Taman Bunga Nusantara

Obyek Wisata Taman Bunga Nusantara

Dengan membayar tiket masuk sebesar 30.000 rupiah, anda bisa melihat berbagai macam jenis bunga dengan tatanan yang memikat. Tempat wisata dengan lahan seluas 23 hektar ini juga menyediakan aneka macam fasilitas lainnya. misalnya taman labirin, arena go-kart, bumper boat, hingga arena ATV. Uniknya lagi, anda bisa menyaksikan air mancur musikal yang biasanya diadakan setiap malam hari. Wisata taman bunga yang selalu ramai pengunjung ini berada di kawasan Wisata Kota Bunga, Jalan Mariwati Km.7 Desa Kawungluwuk-Bogor.

  1. Highland Park Resort

Highland Park Resort Bogor

Berlokasi di Curug Nangka, Kampung Sinarwangi-Taman Sari Bogor, anda akan merasakan sensasi berkemah ala hotel berbintang. Tenda yang disewakan memiliki bentuk ala tenda Mongolia yang unik. Selain menginap, anda juga bisa melakukan serangkaian aktivitas. Seperti flying fox, berenang, bermain outbond, hingga bermain futsal. Pemandangan dengan latar belakang Gunung Salak bisa anda nikmati sembari menginap di tenda-tenda khususnya. Mengajak serta keluarga berlibur ke kawasan satu ini adalah ide terbaik untuk menghabiskan akhir pekan. Untuk tarif per malamnya dibandrol seharga 1.500.000 rupiah. Meskipun cukup mahal namun sesuai dengan fasilitas yang anda dapatkan.

  1. Devoyage

Obyek Wisata Devoyage Bogor

Nuansa liburan ala Eropa bisa anda rasakan ketika menjejakan kaki di tempat wisata ini. terdapat miniatur Menara Eiffel, kanal-kanal ala Venesia, hingga Bryggen mini yang akan mengajak anda berlibur dengan suasana khas Eropa. Bagi yang senang berfoto-foto, tempat liburan satu ini sangat rekomended untuk disambangi. Terdapat kolam ikan, berbagai macam pepohonan, hingga aneka fasilitas lain yang memanjakan para pengunjung. Lokasinya berada di deretan Bogor Nirwana Residence. Sementara untuk tiket masuknya sebesar 25.000 rupiah di hari biasa dan 35.000 rupiah di akhir pekan.

  1. Pemandian Air Panas Ciparay

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Ciparay

Anda bisa berelaksasi di kawasan pemandian air panas yang berada di Taman Nasional Halimun, Kampung Ciparay, Desa Gunung Sari Pamijahan-Bogor ini. untuk masuk ke kawasan air panas, anda mesti melewati 400 anak tangga yang cukup menguras tenaga. Meskipun penat, namun pemandangan alam khas pegunungan yang memukau membuat penat anda lepas seketika. Harga tiket masuknya sebesar 4.000 rupiah per orangnya. anda bisa menikmati mandi air panas di kolam umum hingga berkuliner di warung-warung sekitar ditemani pemandangan alam yang hijau.

  1. Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Obyek Wisata Rumah Air Bogor Nirwana Residence

Berkunjung ke Rumah Air Bogor Nirwana Residence adalah solusi yang tepat jika ingin mencicipi aneka kuliner dengan konsep unik. Berada di saung yang didirikan diatas danau, anda bisa mencicipi aneka macam makanan ditemani live music yang menarik. Menu yang ditawarkan cukup variatif. Mulai dari aneka macam olahan ikan, ayam bekakak, sampai berbagai macam minuman segar. Anda juga bisa mencoba arena outbond di sekitarnya dan berbagai macam permainan air. Lokasinya di Jalan Boulevard CBD Bogor Nirwana Residence dengan jam buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

  1. Danau Dora

Obyek Wisata Danau Dora Bogor

Bagi yang senang berburu foto dengan latar belakang menarik, danau di kawasan Cibinong-Bogor ini merupakan lokasi yang tepat untuk dikunjungi. wisata murah meriah ini hanya mematok tiket sebesar 5 ribu rupiah. Indahnya danau dengan tata letak yang unik membuat banyak wisatawan yang senang berlibur di sekitarnya. Selain bersantai, anda juga bisa mencoba aneka permainan air, foto pre-wedding, hingga sekedar duduk-duduk menikmati semilir angin.

Itu dia sederet pilihan tempat wisata yang bisa anda sambangi di Bogor. Bagaimana, anda tertarik mengunjunginya? Semoga bermanfaat.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment