by

25 Ulasan Tempat Wisata di Depok yang Layak untuk di Kunjungi

Tempat Wisata di Depok – Depok merupakan nama dari kotamadya yang ada di Propinsi Jawa Barat, kota yang satu ini letaknya berada tepat di sebelah selatan Ibukota Jakarta. Perlu Anda ketahui bahwa Depok sebelumnya merupakan sebuah kecamatan yang berada di dalam wilayah Kabupaten Bogor yang mana kemudian menjadi sebuah kotamadya pada tahun 1999. Depok sendiri merupakan salah satu kota penyangga Jakarta, bahkan kota yang satu ini juga masih menjadi bagian dari wilayah metropolitan terbesar di Indonesia yakni Jabodetabek.

Baca juga : 10 Foto Pesona Pantai Klayar yang Wajib Untuk Anda Nikmati

Tidak hanya itu saja, Kota Depok ternyata juga dikenal memiliki potensi wisata yang cukup besar sehingga membuatnya populer di kalangan wisatawan yang mengunjungi Jawa Barat. Depok memang memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang tentu saja sangatlah sesuai untuk dikunjungi pada saat liburan akhir pekan atau masa libur panjang. Jika Anda belum memiliki tujuan untuk mengisi waktu liburan, maka tidak ada salahnya apabila Anda menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Depok seperti di bawah ini.

  1. Situ Jatijajar
Situ Jatijajar
Situ Jatijajar

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi adalah Situ Jatijajar yang lokasi persisnya berada di Jalan Raya Bogor KM 3,7, Jatijajar, Tapos, Kota Depok. Situ Jatijajar adalah sebuah danau yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona sehingga sangat sesuai sebagai tempat rekreasi, selain itu Anda juga bisa memancing di danau ini. Perlu Anda ketahui bahwa Situ Jatijajar buka selama 24 jam setiap harinya, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

  1. Jembatan Panus
Jembatan Panus
Jembatan Panus

Jembatan Panus menjadi tempat wisata kedua yang lokasinya berada di Jalan Tole Iskandar, Mekar Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat. Jembatan Panus sendiri merupakan salah satu peninggalan sejarah yang populer di Kota Depok, jembatan ini dibangun pada tahun 1917 dan masih kokoh hingga sekarang, jembatan ini juga sering dijadikan sebagai spot fotografi bagi wisatawan. Anda bisa mengunjungi Jembatan Panus kapan saja selama 24 jam tanpa dikenakan biaya apapun.

  1. Gereja Immanuel
Gereja Immanuel
Gereja Immanuel

Objek wisata ketiga yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Gereja Immanuel yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 70, Pancoran Mas, Kota Depok. Gereja Immanuel merupakan destinasi wisata religi bagi umat Kristen, gereja yang didirikan pada abad ke-18 ini memiliki desain renaissance yang dipenuhi dengan ukiran gaya Belanda yang sangat khas. Untuk Mengunjungi Gereja Immanuel, Anda bisa menyesuaikan dengan waktu ibadah yang sedang berlangsung, Anda juga tidak akan dikenakan tiket masuk.

  1. Aquatic Fantasy
Aquatic Fantasy
Aquatic Fantasy

Aquatic Fantasy merupakan tujuan wisata yang lokasi persisnya ada di Jalan Raya Muchtar, Sawangan, Kota Depok. Aquatic Fantasy adalah sebuah taman bermain air yang tidak boleh Anda lewatkan, pasalnya Anda akan bisa menemukan berbagai macam wahana permainan air seru yang sangat sesuai jika Anda mengajak keluarga untuk liburan ke Depok. Aquatic Fantasy buka hari Selasa hingga Minggu pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 30 ribu pada hari biasa dan 35 ribu pada hari libur.

  1. Situ UI
Situ UI
Situ UI

Situ UI adalah sebuah objek wisata yang beralamat di Universitas Indonesia, Pondok Cina, Beji, Kota Depok. Meskipun berada di dalam kompleks Universitas Indonsia, namun Situ UI bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Perlu Anda ketahui bahwa Situ UI terdiri dari 4 buah danau yakni Situ Kenanga, Situ Puspa, Situ Mahoni, dan Situ Agathis yang memiliki panorama indah. Situ UI sendiri dibuka selama 24 jam setiap harinya, Anda tidak akan dikenakan tarif untuk memasukinya.

  1. Taman Rekreasi Wiladatika
Taman Rekreasi Wiladatika
Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Rekreasi Wiladatika terletak di Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok. Taman yang yang juga dikenal dengan sebutan Wiladatika Recreation Park ini sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagi wisata keluarga, Anda akan bisa menemukan sebuah taman yang tertata dengan sangat rapi dan telah memiliki berbagai macam fasilitas yang terbilang sangat lengkap. Taman Rekreasi Wiladatika buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tarif masuk seharga 8 ribu per orang.

  1. Studio Alam TVRI
 Studio Alam TVRI
Studio Alam TVRI

Destinasi wisata ketujuh yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Studio Alam TVRI yang alamatnya ada di Jalan Raden Saleh Nomor 90, Kampung Cikumpa, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Studio Alam TVRI merupakan objek wisata yang menyuguhkan panorama alam yang masih asri dengan udaranya yang sejuk karena banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang rindang. Studio Alam TVRI dibuka untuk umum pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif masuk  seribu rupiah per orang.

  1. Kampung 99 Pepohonan
Kampung 99 Pepohonan
Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan alamatnya ada di Jalan KH Muhasan II, Meruyung, Limo, Kota Depok. Kampung 99 Pepohonan atau dikenal juga dengan nama Kampung Rusa merupakan sebuah tempat wisata yang mengusung konsep alam dan wisata edukasi di mana para wisatawan bisa terlibat langsung pada beberapa kegiagan menarik seperti memanen sayuran, memberi makan hewan, dan lainnya. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasuki Kampung 99 Pepohonan, namun Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

  1. Taman Lembah Gurame
Taman Lembah Gurame
Taman Lembah Gurame

Taman Lembah Gurame juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata pilihan yang mana berlokasi di Jalan Gurame Raya, Depok Jaya, Pancoran Mas, Kota Depok. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Lembah Gurame merupakan sebuah taman yang sering dijadikan sebagai pusat rekreasi dan juga olahraga, taman yang satu ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Taman Lembah Gurame dibuka untuk umum pada pukul 06.00-18.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

  1. Taman Pasir Putih
Taman Pasir Putih
Taman Pasir Putih

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah Taman Pasir Putih yang beralamat di Jalan Raya Pasir Putih, Kekupu, Sawangan, Kota Depok. Taman Pasir Putih adalah sebuan taman hiburan yang di dalamnya telah dilengkapi dengan berbagai wahana air, kolam renang, serta fasilitas outbond yang lengkap sehingga sangatlah sesuai dikunjungi bersama keluarga. Taman Pasir Putih sendiri buka hari Sabtu hingga Kamis pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 20 ribu untuk orang dewasa dan 15 ribu untuk anak-anak.

  1. Pondok Zidane
Pondok Zidane
Pondok Zidane

Pondok Zidane lokasi persisnya berada di Jalan Kekupu Blok Porek 1 Nomor 32, Bedahan, Sawangan, Kota Depok. Pondok Zidane sendiri merupakan objek wisata yang mengusung konsep taman rekreasi edukatif yang sangat sesuai dikunjungi oleh keluarga, Anda akan bisa menemukan berbagai wahana permainan, fasilitas outbond, kolam pemancingan, hingga fasilitas outbond. Pondok Zidane buka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif mulai dari 40 ribu rupiah (tergantung dari paket yang dipilih).

  1. Depok Fantasy Waterpark
Depok Fantasy Waterpark
Depok Fantasy Waterpark

Depok Fantasy Waterpark merupakan destinasi wisata pilihan yang beralamat di Jalan Boulevard Grand Depok City Nomor 1, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok. Perlu Anda ketahui bahwa Depok Fantasy Waterpark adalah sebuah taman bermain yang mengusung tema Negeri 1001 Malam, Anda akan bisa menemukan kolam renang dan beberapa wahana permainan. Depok Fantasy Waterpark dibuka untuk umum pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tarif masuk 40 ribu pada hari biasa dan 65 ribu pada hari libur.

  1. Godong Ijo
Godong Ijo
Godong Ijo

Tempat wisata yang juga sangat sayang jika dilewatkan adalah Godong Ijo yang berlokasi di Jalan Raya Cinangka KM 10 Nomor 60, Serua, Bojongsari, Depok. Godong Ijo adalah sebuah tujuan wisata yang mengusung konsep agrowisata, pasalnya tempat ini juga menjadi lokasi pengembangan serta pembibitan tanaman, Anda akan bisa terlibat langsung pada beberapa aktivitas pertanian. Godong Ijo buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif mulai dari 70 ribu rupiah per orang.

  1. Taman Wisata Permata Buana
Taman Wisata Permata Buana
Taman Wisata Permata Buana

Taman Wisata Permata Buana lokasi persisnya berada di Jalan Haji Hanafi Nomor 33, Bojongsari, Serua, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat. Taman Wisata Permata Buana merupakan sebuah taman yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kolam renang, taman bermain anak, tempat makan, dan kolam pemancingan, Anda juga bisa menyewa cottage di kawasan ini. Taman Wisata Permata Buana buka pada pukul 06.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 100 ribu hingga 150 ribu tergantung paket yang dipilih.

  1. Rumah Keramik F Widayanto
Rumah Keramik F Widayanto
Rumah Keramik F Widayanto

Rumah Keramik F Widayanto alamatnya ada di Jalan Curug Agung, Tanah Baru, Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Rumah Keramik F Widayanto ini dibuat oleh seniman keramik yang bernama F Widayanto yang memamerkan berbagai koleksi kerajinan keramik, selain itu Anda juga bisa mengikuti workshop dengan membayar 140 ribu rupiah per orang sehingga Anda bisa belajar membuat keramik. Rumah Keramik F Widayanto buka pada pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya.

  1. Pemancingan Setu Pengasinan
Pemancingan Setu Pengasinan
Pemancingan Setu Pengasinan

Destinasi wisata lainnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Pemancingan Setu Pengasinan yang terletak di Jalan Utomo Nomor 19-22, Pengasinan, Sawangan, Kota Depok. Tempat wisata yang satu ini sangatlah sesuai untuk dikunjungi oleh Anda yang memang memiliki hobi memancing, selain itu tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan beberapa wahana seperti sepeda air, perahu rakit, dan lainnya. Pemancingan Setu Pengasinan buka pada pukul 08.00-17.30 dengan tarif 6 ribu rupiah per 15 menit.

  1. Pemancingan Damar Poldung
Pemancingan Damar Poldung
Pemancingan Damar Poldung

Selain Setu Pengasinan, Anda juga bisa mengunjungi Pemancingan Damar Poldung yang berlokasi di Jalan Gas Alam Raya Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok. Pemancingan Damar Poldung sedikit berbeda dengan Setu Pengasinan, pasalnya tempat yang satu ini tidak dilengkapi dengan wahana permainan yang bisa mengganggu konsentrasi sehingga Anda bisa fokus untuk memancing. Pemancingan Damar Poldung dibuka selama 24 jam, namun sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu.

  1. Pemancingan Murti Fish
Pemancingan Murti Fish
Pemancingan Murti Fish

Ada satu lagi tempat pemancingan yang bisa Anda kunjungi yakni Pemancingan Murti Fish yang alamatnya ada di Jalan Haji Mawi Nomor 42, Bojong Induk, Parung, Depok. Sama halnya dengan Damar Poldung, Pemancingan Murti Fish juga hanya menyediakan fasilitas untuk memancing saja dan tidak memyediakan wahana permainan yang justru akan mengganggu kegiatan memancing. Anda diharuskan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum mengunjungi Pemancingan Murti Fish.

  1. Situ Pancoran Mas
Situ Pancoran Mas
Situ Pancoran Mas

Situ Pancoran Mas adalah sebuah destinasi wisata yang lokasinya ada di Jalan Aula Pancoran Mas RT 05 RW 07, Kota Depok, Propinsi Jawa Barat. Perlu Anda ketahui bahwa Situ Pancoran Mas merupakan sebuah danau dengan pemandangan sekitar yang masih asri dengan udaranya yang sejuk, kawasan danau ini sering dijadikan sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Situ Pancoran Mas dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan harga tiket masuk gratis.

  1. Masjid Kubah Emas
Masjid Kubah Emas
Masjid Kubah Emas

Bagi Anda yang menyukai wisata religi, maka Anda tidak boleh melewatkan Masjid Kubah Emas yang beralamat di Jalan Raya Meruyung, Limo, Kota Depok. Masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas merupakan salah satu masjid yang paling terkenal di Depok, pasalnya masjid ini memiliki kubah yang berlapis emas sehingga membuatnya sangat indah. Masjid Kubah Emas bisa Anda kunjungi selama 24 jam setiap harinya, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk masuk ke dalam masjid.

  1. Waterpark Ceria
Waterpark Ceria
Waterpark Ceria

Tujuan wisata berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Waterpark Ceria yang lokasi persisnya berada di Jalan KH Usman Nomor 110, Kukusan, Beji, Kota Depok. Waterpark Ceria merupakan taman bermain air yang menjadi pilihan favorit keluarga pada saat liburan, Anda akan bisa menemukan beberapa kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air. Waterpark Ceria buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif masuk 25 ribu pada hari biasa dan naik menjadi 27 ribu pada hari libur.

  1. Kolam Renang Tirta Sari
Kolam Renang Tirta Sari
Kolam Renang Tirta Sari

Kolam Renang Tirta Sari lokasi persisnya berada di Jalan Bahagia Raya Nomor 8, Abadi Jaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Kolam Renang Tirta Sari merupakan salah satu wisata air favorit bagi warga Kota Depok, Anda akan bisa menemukan beberapa kolam yang ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa yang dilengkapi dengan seluncuran. Perlu Anda ketahui bahwa Kolam Renang Tirta Sari buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk seharga 20 ribu rupiah per orang.

  1. Kolam Renang Mini Waterpark Paragon
Kolam Renang Mini Waterpark Paragon
Kolam Renang Mini Waterpark Paragon

Satu lagi wisata air yang bisa Anda kunjungi yakni Kolam Renang Mini Waterpark Paragon yang berlokasi di Jalan Haji Dimun IV Nomor 1, Sukamaju, Kota Depok. Bagi Anda yang ingin merasakan serunya berwisata di taman air dengan budget yang murah, maka Kolam Renang Mini Waterpark Paragon merupakan tempat yang tepat di mana Anda bisa mencoba beberapa wahana permainan yang seru. Kolam Renang Mini Waterpark Paragon buka pada pukul 07.00-18.00 WIB dengan tiket masuk 20 ribu rupiah.

  1. Agrowisata Belimbing Dewa
Agrowisata Belimbing Dewa
Agrowisata Belimbing Dewa

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Agrowisata Belimbing Dewa yang beralamat di Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Belimbing Dewa merupakan sebuah objek wisata yang mengusung konsep agrowisata di mana Anda bisa menemukan perkebunan buah belimbing yang luasnya hampir meliputi seluruh Kelurahan Pasir Putih, tempat ini juga sangat sesuai untuk dijadikan wisata edukasi. Agrowisata Belimbing Dewa buka selama 24 jam, namun sebaiknya anda melakukan reservasi terlebih dahulu.

  1. D’Kandang Amazing Farm
D'Kandang Amazing Farm
D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm adalah tempat wisata yang berlokasi di Jalan Penarikan, Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok. Sesuai dengan namanya, D’Kandang Amazing Farm merupakan objek wisata yang mengusung konsep peternakan sehingga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak, Anda bisa menemukan peternakan sapi, kambing, bahkan kuda di kawasan ini. D’Kandang Amazing Farm sendiri buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tiket masuk seharga 10 ribu rupiah per orang.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Depok, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata menarik yang ada di atas.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment