Jawa Barat Travel

26 Tempat Wisata di Garut Yang Murah dan Banyak di Kunjungi

Tempat Wisata di Garut – Garut merupakan nama dari sebuah kabupaten yang masih berada di Propinsi Jawa Barat, kabupaten yang beribukota di Kecamatan Tarogong Kidul ini secara geografis wilayahnya membentang dari bagian tengah Jawa Barat hingga ke pesisir selatan propinsi tersebut sehingga membuatnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Kabupaten yang terkenal akan dombanya ini ternyata juga memiliki potensi wisata yang begitu besar, bahkan Kabupaten Garut menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Propinsi Jawa Barat.

Baca juga : Objek Wisata Eco Green Park Malang yang Seru dan Menyenangkan

Kabupaten Garut memang memiliki berbagai macam tempat wisata menarik yang mana hal ini tentu saja akan mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan domestik dan juga mancanegara untuk mengunjunginya. Anda akan bisa menemukan berbagai tempat wisata alam dengan panorama yang indah, situs budaya, tempat bersejarah, wisata kuliner, wisata keluarga, spot foto yang keren, dan sebagainya yang tentu akan sangat sayang untuk dilewatkan. Apabila Anda ingin pergi liburan, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Garut berikut ini.

Berikut  Tempat Wisata di Garut Yang Murah :

  1. Pantai Santolo

Pantai Santolo lokasinya berada di Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut yang mana bisa Anda akses dari Kecamatan Tarogong Kidul menggunakan moda transportasi yang ada. Pantai Santolo memiliki bibir pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang luas dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga sangat sesuai untuk liburan keluarga. Pantai Santolo dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tarif masuk sebesar 3500 rupiah per orang.

  1. Darajat Pass

Tempat wisata kedua yakni Darajat Pass yang beralamat di jalan Darajat KM 14, Kampung Bedeng, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Garut yang akses jalannya tidaklah sulit. Darajat Pass sendiri merupakan sebuah water park yang menyediakan wahana permainan air, pemandian air panas, serta taman yang tertata rapi. Perlu Anda ketahui bahwa Darajat Pass buka mulai pukul 7 pagi dengan harga tiket masuk sebesar 25 ribu pada hari biasa dan 30 ribu pada hari libur.

  1. Sabda Alam Waterpark

Tempat wisata berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Sabda Alam Waterpark yang berlokasi di Jalan Cipanas Nomor 3, Kecamatan Rancabango, Kabupaten Garut. Sabda Alam Waterpark telah menyediakan wahana permainan air yang sangat lengkap antara lain sliderboom, waterboom, kolam terapi ikan, goa harimau, dan masih banyak lagi. Sabda Alam Waterpark buka pada pukul 08.00-16.00 WIB dengan tarif masuk seharga 30 ribu pada hari biasa serta 40 ribu pada akhir pekan.

  1. Kampung Sampireun

Tempat wisata keempat yang bisa dikunjungi yakni Kampung Sampireun yang alamatnya ada di Jalan Raya Samarang Kamojang KM 4, Ciparay, Sukakarya yang bisa Anda tempuh dari Tarogong Kidul. Kampung Wisata Sampireun sendiri merupakan sebuah kawasan wisata yang mengusung konsep alam dengan suasana tradisional khas Sunda, kawasan wisata ini memiliki fasilitas resort. Kampung Wisata Sampireun buka selama 24 jam setiap harinya dengan harga tiket masuk yang berbeda-beda sesuai dengan paket yang Anda pilih.

  1. Pantai Puncak Guha

Tempat wisata yang juga tidak boleh Anda lewatkan yakni Pantai Puncak Guha yang berada di Sinar Jaya, Bungbulang, Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Lokasi Pantai Puncak Guha memang cukup tersembunyi, namun Anda akan bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat eksotis, kondisi pantai yang sepi sangat sesuai untuk menenangkan pikiran. Pantai Puncak Guha bisa Anda kunjungi selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Kampung Sumber Alam

Kampung Sumber Alam beralamat di Jalan Raya Cipanas Nomor 122, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler yang bisa Anda tempuh dari pusat kota Garut. Kampung Sumber Alam merupakan sebuah destinasi wisata yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menginap, Anda akan bisa merasakan suasana khas perkampungan Sunda yang masih asri. Anda bisa berkunjung selam 24 jam dengan tarif yang berbeda-beda tergantung dari paket yang Anda ambil.

  1. Gunung Papandayan

Tempat wisata ketujuh yang juga sangat sayang untuk Anda lewatkan adalah Gunung Papandayan yang lokasinya masih berada di bagian utara Kabupaten Garut, tempat wisata ini sangat sesuai bagi para pecinta alam. Gunung Papandayan memiliki jalur pendakian yang tergolong landai sehingga sangat sesuai untuk para pendaki pemula, Anda akan bisa menyaksikan panorama yang sangat indah dengan udara yang sejuk. Wisata Gunung Papandayan buka selama 24 jam dengan tarif masuk sebesar 7500 per orang.

  1. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas adalah tempat wisata yang lokasinya berada di Jalan Telaga Bodas Nomor 5, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut yang bisa Anda akses dari Tarogong Kidul. Perlu Anda ketahui bahwa Kawah Talaga Bodas merupakan sebuah kawah yang kini terisi dengan air sehingga membentuk danau, lingkungan di sekitar kawah masih sangat asri dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh. Kawah Talaga Bodas dibuka selama 24 jam dengan harga tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Gunung Guntur

Gunung Guntur lokasi persisnya berada di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut yang mana akses jalannya cukup menanjak dan berliku sehingga Anda harus berhati-hati. Gunung Guntur merupakan sebuah gunung berapi dengan aktivitas vulkanik yang ringan, gunung ini sangat populer di kalangan para pendaki karena keindahan alamnya yang mempesona. Gunung Guntur bisa Anda kunjungi selama 24 jam dengan tarif masuk 7500 per orang.

  1. Gunung Cikuray

Selain Gunung Papandayan dan Guntur, Anda juga bisa mengunjungi Gunung Cikuray yang berlokasi di Kecamatan Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut yang bisa Anda akses dari Kota Garut. Gunng Cikuray dikenal akan wana wisatanya, selain itu jalur pendakian Gunung Cikuray menawarkan panorama yang eksotis dengan hamparan kebun teh dan hutan pinus. Wisata Gunung Guntur juga dibuka selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah per orang.

  1. Karacak Valley

Karacak Valley lokasi persisnya berada di Jalan Karacak Valley, Margawati, Kecamatan Sukanegla yang mana aksesnya terbilang mudah untuk dijangkau oleh wisatawan. Karacak Valley adalah sebuah kawasan wisata yang memadukan konsep wisata alam, wisata air, serta bumi perkemahan. Selain itu Anda juga bisa menemukan air terjun yang bernama Curug Ngebul di jalur trekking. Karacak Valley buka pada pukul 08.00-17.00 WIB setiap harinya dengan tarif masuk 5 ribu untuk anak-anak serta 10 ribu untuk dewasa.

  1. Situ Bagendit

Baca Juga :  Menjelajah Wisata Candi Prambanan Yang Unik di Jogja

Tempat wisata berikutnya yang bisa dikunjungi yakni Situ Bagendit yang lokasinya ada di jalan KH Hasan Arif, Sukamukti, Kecamatan Banyuresmi di mana Anda bisa menempuhnya dalam waktu sekitar 1 jam dari pusat kota. Situ Bagendit adalah sebuah danau alami dengan air yang jernih, Anda juga bisa menyaksikan panorama alam di sekitar danau yang masih terjaga kelestariannya. Wisata Situ Bagendit dibuka selama 24 jam dengan harga tiket masuk 5 ribu rupiah per orang.

  1. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang alamatnya ada di Leuwigong, Karanganyar, Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut yang mana akses jalannya terbilang cukup mudah untuk ditempuh. Candi Cangkuang ini terletak di sebuah pulau yang ada di tengah danau sehingga para wisatawan harus menaiki perahu untuk bisa menyaksikan candi dengan arsitektur yang sangat indah. Wisata Candi Cangkuang buka pada pukul 09.00-17.00 WIB setiap harinya dengan harga tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Tebing Batu Alam Tumpang

Tebing Batu Alam Tumpang lokasi persisnya berada di Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi yang mana bisa Anda capai dari pusat kota Garut. Perlu Anda ketahui bahwa Tebing Batu Alam merupakan sebuah wisata alam yang sangat sesuai bagi Anda yang menyukai tantangan karena Anda akan bisa melakukan olahraga panjat tebing yang bisa memacu adrenalin. Wisata Tebing Batu Alam dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Arung Jeram Sungai Cimanuk

Bagi Anda yang menyukai petualangan, maka Anda wajib mengunjungi Sungai Cimanuk yang berlokasi di Jalan Raya Bayongbong Timur, Cigedug Nomor 119, Blok Dawuan, Panembong. Perlu Anda ketahui bahwa Sungai Cimanuk memiliki arus yang cukup deras sehingga tentu saja sangat sesuai sebagai tempat arung jeram, Anda akan menyusuri sungai sepanjang 7 hingga 10 km. Sungai Cimanuk buka pada pukul 8 pagi dengan tarif yang bervariasi tergantung paket yang Anda pilih.

  1. Pantai Sayang Heulang

Tempat wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi yakni Pantai Sayang Heulang yang lokasinya ada di Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut yang bisa Anda capai dari pusat kota Garut. Pantai Sayang Heulang sangatlah menarik karena pantai ini memiliki tebing yang tinggi, Anda juga akan menemukan batuan karang dengan bentuk yang unik. Pantai Sayang Heulang buka selama 24 jam dengan tarif masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Pantai Rancabuaya

Selain Pantai Sayang Heulang, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Rancabuaya yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut yang aksesnya cukup mudah untuk Anda capai dari Tarogong Kidul. Pantai Rancabuaya merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas sehingga sangat sesuai sebagai tempat rekreasi keluarga. Wisata Pantai Rancabuaya dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan harga tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Kebun Binatang Cikembulan

Jika Anda adalah seorang pecinta hewan, maka Anda tidak boleh melewatkan Kebun Binatang Cikembulan yang lokasinya ada di Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Anda akan bisa menyaksikan secara langsung berbagai jenis hewan yang menjadi koleksi Kebun Binatang Cikembulan antara lain harimau, kasuari, merak, lutung merah, dan hewan lainnya. Kebun Binatang Cikembulan buka pukul 09.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 20 ribu untuk dewasa dan 10 ribu untuk anak-anak.

  1. Curug Citiis

Curug Citiis merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut yang aksesnya terbilang sangat mudah. Curug Citiis adalah sebuah air terjun yang berada di kaki Gunung Guntur, Anda juga bisa menyaksikan panorama alam yang masih sangat asri dengan udara sejuk khas pegunungan. Wisata Curug Citiis dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan harga tiket masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Curug Orok

Selain Curug Citiis, Anda juga bisa berkunjung ke Curug Orok yang berlokasi di Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut yang bisa Anda akses dari pusat kota dengan mudah. Anda akan bisa menyaksikan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 45 meter dan juga dua air terjun kecil yang berada di dekatnya, kondisi alam di sekitar Curug Orok masih sangat terjaga kelestariannya. Wisata Curug Orok dibuka pukul 08.00-20.00 WIB dengan tarif masuk seharga 10 ribu rupiah.

  1. Pantai Karang Paranje

Tempat wisata berikutnya yang juga wajib untuk dikunjungi yakni Pantai Karang Paranje yang terletak di Karyasari, Kecamatan Cibalong, Garut yang bisa Anda tempuh melalui Tarogong Kidul. Pantai Karang Paranje merupakan pantai dengan kontur yang landai di mana Anda akan bisa menyaksikan hamparan pasir putih serta batuan karang di beberapa bagiannya yang menambah keeksotisan pantai ini. Untuk masuk ke Pantai Karang Paranje, Anda tidak perlu membayar apapun, pantai ini juga dibuka selama 24 jam.

  1. Curug Cimandi Racun

Curug Cimandi Racun adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut yang mana jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Curug Cimandi Racun merupakan sebuah air terjun alami dengan ketinggian sekitar 25 meter yang berasal dari mata air Gunung Mandalawangi, para wisatawan akan disuguhi oleh pemandangan yang eksotis. Wisata Curug Cimandi Racun dibuka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis.

  1. Curug Sanghyang Taraje

Wilayah Garut memang memiliki banyak air terjun, salah satunya adalah Curug Sanghyang Taraje yang berlokasi di Desa Cibuluh, Cikajang, Jatiwangi, Kecamatan Pakenjeng. Setibanya di lokasi Anda akan menyaksikan panorama air terjun yang sangat mempesona, ada mitos yang mengatakan bahwa air terjun ini dahulunya merupakan tangga menuju kayangan. Anda tidak perlu membayar apapun untuk menikmati keindahannya, Curug Sanghyang Taraje ini juga dibuka selama 24 jam.

  1. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa merupakan tempat wisata yang beralamat di Jalan Raya Kamojang KM 5, Samarang, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Garut yang bisa Anda tempuh dari pusat kota. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa menyaksikan hamparan kebun bunga mawar dengan warna yang beraneka ragam, Anda juga bisa berwisata kuliner sambil menikmati keindahannya. Kebun Mawar Situhapa dibuka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 20 ribu per orang.

  1. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang lokasinya berada di Kamojang, Loa, Paseh, Kabupaten Garut yang mana akses jalan menuju ke lokasi ini cukup menanjak serta penuh dengan kelokan tajam. Kawah Kamojang merupakan sebuah kawah gunung berapi yang masih aktif sehingga Anda akan bisa menyaksikan asap yang mengepul dengan aroma belerang yang cukup kuat. Wisata Kawah Kamojang dibuka selama 24 jam dengan harga tiket masuk 5 ribu pada hari biasa serta 7500 pada hari libur.

  1. Pantai Cicalobak

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa dikunjungi adalah Pantai Cicalobak yang lokasi persisnya berada di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut yang bisa ditempuh melalui Tarogong Kidul. Pantai Cicalobak memiliki karakteristik khas pantai selatan dengan tepian yang curam serta ombaknya yang ganas, namun pantai ini menyuguhkan panorama yang sangat eksotis. Wisata Pantai Cicalobak dibuka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu per orang.

Baca Juga :  30 Tempat Wisata di Bogor Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Apabila Anda ingin mengajak keluarga liburan ke Kabupaten Garut, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata menarik yang telah disebutkan di atas.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment