by

25 Tempat Wisata di Jogjakarta Yang Perlu Anda Ketahui

Tempat Wisata di Jogjakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta atau lebih sering disebut sebagai Jogjakarta merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Pulau Jawa yang sangat populer. Jogjakarta memang memiliki sejuta pesona yang akan mampu memikat para wisatawan untuk mengunjunginya, Jogjakarta dikenal akan budaya Jawanya yang masih sangat kental dengan masyarakatnya yang sangat ramah dan terbuka terhadap para wisatawan yang berkunjung, selain itu Jogjakarta juga memiliki berbagai macam kuliner yang sangat lezat.

Read also : Rekomendasi Tempat Wisata Jogja Yang Wajib Didatangi Saat Berlibur

Tidak hanya itu saja, Jogjakarta juga memiliki sangat banyak tempat wisata menarik yang mana hal tersebut tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjunginya. Anda akan menemukan berbagai macam tempat wisata yang sangat layak untuk Anda kunjungi seperti misalnya wisata alam, wisata keluarga, wisata sejarah, wisata budaya, dan sebagainya. Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur di Jogjakarta, namun masih bingung menentukan destinasinya, maka berikut ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Jogjakarta.

Tempat Wisata di Jogjakarta

  1. Pantai Parangtritis

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Parangtritis yang lokasinya berada di Jalan Parangtritis KM 28, Desa Kretek, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul yang mana bisa diakses melalui rute Jogja – Jokteng Timur – Kretek. Pantai Parangtritis adalah pantai yang sangat populer di Jogja, pantai ini memiliki pasir yang berwarna kehitaman karena bercampur dengan material guhung berapi. Pantai Parangtritis buka setiap hari selama 24 jam dengan tiket masuk 3500 rupiah per orang.

 

  1. Malioboro

Tempat wisata kedua yang bisa Anda kunjungi adalah Malioboro yang mana berlokasi di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedung Tengen, Jogjakarta yang mana lokasinya masih berada di pusat kota sehingga bisa diakses dengan mudah. Perlu Anda ketahui bahwa Malioboro merupakan sebuah nama jalan di mana Anda bisa berwisata belanja dan juga berwisata kuliner di sepanjang jalan tersebut. Jalan Malioboro bisa Anda kunjungi selama 24 jam setiap harinya dan tidak dikenakan biaya apapun.

 

  1. Keraton Jogja

Keraton Jogja merupakan tempat wisata yang lokasinya ada di Jalan Rotowijayan, Desa Bokoharjo, Panembahan, Jogja yang mana lokasinya juga masih berada di pusat kota sehingga bisa Anda capai dari Stasiun Lempuyangan. Keraton Jogja sendiri merupakan sebuah bangunan keraton dengan arsitektur khas Jawa yang menjadi tempat tinggal bagi Sri Sultan Hamengkubuwono dan keluarganya. Keraton Jogja buka mulai pukul 08.30-12.30 WIB dengan tiket masuk seharga 10 ribu per orang.

 

  1. Benteng Vredeburg

Tempat wisata keempat yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Benteng Vredeburg yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Nomor 6, Ngupasan, Gondomanan, Jogjakarta yang mana Anda bisa mengaksesnya melalui rute dalam kota Jogjakarta. Benteng Vredeburg dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I yang kemudian direbut oleh pemerintah Belanda, kini benteng tersebut dijadikan sebagai museum yang menyimpan benda bersejarah dari masa perjuangan kemerdekaan. Benteng Vredeburg buka mulai pukul 07.30-16.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 2 ribu untuk wisatawan domestik dan 10 ribu untuk wisatawan asing.

 

  1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Kawasan Terpadu Maguwo City (KTMC), Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman yang rutenya sangatlah mudah karena jaraknya dekat dari terminal, stasiun, maupun bandara. Perlu Anda ketahui bahwa Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan taman hiburan air terbesar di Jogjakarta yang mengusung tema bajak laut. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark buka mulai pukul 09.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 135 ribu untuk dewasa dan 100 ribu untuk anak-anak.

 

  1. Pantai Siung

Tempat wisata keenam yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Siung yang berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta yang mana bisa diakses dengan rute ring road jalan Wonosari – Patuk – Jalan Baron – Tepus. Pantai Siung sendiri memiliki panorama alam yang sangat eksotis dengan pasir putih serta air laut yang berwarna kebiruan, Anda juga bisa menemukan batuan karang di beberapa bagian. Pantai Siung buka selama 24 jam setiap harinya dengan tarif masuk 3 ribu per orang.

 

  1. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi adalah tempat wisata ketujuh yang beralamat di Desa Widodonartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, Jogjakarta yang mana Anda bisa mencapainya melalui Jalan Kaliurang – Pasar Jangkang – Pemandian Tirta Budi. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah pemandian yang airnya berwarna kebiruan sehingga sering disebut dengan nama Blue Lagoon. Pemandian Tirta Budi buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB dengan tiket masuk 2 ribu rupiah.

 

  1. Puncak Becici

Puncak Becici merupakan tempat wisata yang lokasinya berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul yang bisa Anda akses dengan mudah dari pusat kota Jogja. Puncak Becici menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona dari atas ketinggian, Anda juga bisa menemukan gazebo dan bangku dari kayu untuk menikmati suasana yang asri. Puncak Becici buka dari pukul 05.00-19.00 WIB, Anda tidak perlu membeli tiket masuk di tempat wisata ini.

 

  1. Desa Wisata Ketingan

Tempat wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Wisata Ketingan yang beralamat di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Sleman dan bisa Anda akses menggunakan berbagai moda transportasi dari pusat kota Jogja. Desa Wisata Ketingan sendiri menawarkan suasana khas pedesaan dengan panorama alam yang sangat indah serta masyarakatnya yang ramah, desa ini juga menjadi habitat burung bangau. Desa Wisata Ketingan buka 24 jam di mana Anda tidak perlu membeli tket masuk ke desa ini.

 

  1. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo merupakan tempat wisata yang terletak di Desa Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Bantul yang bisa Anda capai menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dari pusat kota. Anda akan bisa menyaksikan air terjun dengan 4 kolam alami yang bisa digunakan untuk mandi atau bermain air, air terjun ini dikelilingi oleh tebing yang membuatnya sangat eksotis. Air Terjun Dlingo buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB, Anda tidak perlu membeli tiket masuk untuk menyaksikan air terjun ini.

 

  1. Museum Batik

 

Museum Batik lokasi persisnya berada di Jalan Dr Sutomo Nomor 13A, Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan, Jogjakarta yang mana jaraknya hanya sekitar satu kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Museum Batik didirikan pada tahun 1977 dan menempati lahan seluas 400 meter persegi, Anda akan bisa menemukan lebih dari 1200 koleksi batik dengan motif yang beragam. Museum Batik mulai buka pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah per orang.

 

  1. Candi Kalasan

Tempat wisata berikutnya yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Candi Kalasan yang berlokasi di Dusun Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Jogjakarta. Candi ini hanya berjarak sekitar 3 km dari Bandara Adisutjipto sehingga sangat mudah untuk diakses. Candi Kalasan merupakan sebuah candi unik yang memadukan corak Hindu dan Buddha, candi dengan arsitektur yang megah ini konon usianya lebih tua dari Borobudur. Candi Kalasan buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 2 ribu rupiah per orang.

 

  1. Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul yang mana rute menuju lokasinya cukup jauh dari pusat kota serta memiliki medan yang berkelok sehingga Anda harus berhati-hati. Perlu Anda ketahui bahwa Gunung Nglanggeran adalah gunung api purba yang terdiri dari deretan batu berukuran raksasa sehingga membuat panoramanya sangat eksotis. Gunung Nglanggeran buka selama 24 jam dengan tarif masuk 7 ribu pada siang hari dan 9 ribu pada malam hari.

 

  1. Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman yang mana aksesnya cukup mudah karena telah tersedia beragam moda transportasi dari Jogja. Kaliurang sendiri merupakan kawasan wisata di kaki Gunung Merapi yang menawarkan panorama alam yang sangat indah seperti misalnya hamparan sawah dan perbukitan. Kawasan wisata Kaliurang buka selama 24 jam setiap hari dengan tiket masuk 2 ribu rupiah pada hari biasa dan 3 ribu pada hari libur.

 

  1. Kalibiru

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi yakni Kalibiru yang beralamat di Desa Hargo Wilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo yang bisa Anda akses dari pusat kota Jogjakarta. Kalibuiru adalah sebuah desa wisata yang sebelumnya sempat tandus akibat penebangan liar, namun kini telah dibangun kembali menjadi sebuah desa ekowisata dengan lingkungan yang asri. Kalibiru bisa Anda kunjungi selama 24 jam dengan tarif masuk 3 ribu rupiah per orang.

 

  1. Waduk Sermo

Waduk Sermo merupakan tempat wisata yang lokasi persisnya berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kulonprogo yang lokasinya ini tidaklah jauh dari Kalibiru sehingga aksesnya menjadi lebih mudah. Waduk Sermo memiliki luas kurang lebih 157 hektar dan menjadi satu-satunya waduk yang berada di Jogja, lingkungan di sekitar waduk ini juga masih sangat asri. Perlu Anda ketahui bahwa Waduk Sermo buka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk seharga 3 ribu rupiah.

 

  1. De Arca Statue Museum

Tempat wisata yang juga bisa Anda jadikan pilihan yakni De Arca Statue Museum yang beralamat di Jalan Veteran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo yang mana lokasinya masih berada di pusat kota sehingga Anda bisa mencapainya dengan mudah. De Arca Statue Museum memiliki kemiripan dengan Museum Lilin Madam Tussaud yang berisi patung lilin dari berbagai publik figur ternama dengan skala 1:1. De Arca Statue Museum buka dari pukul 10.00-22.00 dan tutup pada hari Senin, tiket masuknya sebesar 50 ribu per orang.

 

  1. Museum Sandi

Museum Sandi merupakan tempat wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi, museum ini beralamat di Jalan Faridan M Noto Nomor 21, Kecamatan Gondo Kusuman, Kota Jogjakarta yang masih berada di pusat kota sehingga para wisatawan tidak akan kesulitan mencapai lokasinya. Museum Sandi sangatlah menarik karena di dalamnya Anda akan menemukan berbagai macam koleksi peralatan untuk mengirimkan pesan rahasia atau biasa disebut kriptografi. Museum Sandi buka pada pukul 08.30-15.00 WIB dengan tarif masuk seharga 3 ribu per orang.

 

  1. Sendang Sriningsih

Sendang Sriningsih adalah tempat wisata yang terletak di Dusun Jali, Desa Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman yang mana bisa Anda akses melalui ring road utara Jogja. Sendang Sriningsih sendiri memiliki arti yang sangat bermakna yakni sebuah danau yang menjadi perantara rahmat Tuhan terhadap umatnya, tempat wisata ini sangat populer di kalangan umat Katholik. Sendang Sriningsih buka selama 24 jam dengan tarif masuk yang gratis.

 

  1. Monumen Jogja Kembali

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Monumen Jogja Kembali atau biasa disingkat menjadi Monjali yang beralamat di Dusun Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman yang bisa Anda capai melalui rute jalan ring road utara Jogja. Monumen Jogja Kembali menempati sebuah bangunan yang unik berbentuk kerucut, monumen ini didirikan guna mengenang peristiwa serangan umum 1 Maret. Monumen Jogja Kembali buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dan tutup pada hari Senin, Anda bisa membeli tiket masuk seharga 10 ribu per orang.

 

  1. Museum Sasmitaloka Sudirman

 

Museum Sasmitaloka Sudirman merupakan tempat wisata yang alamatnya ada di Jalan Kapten Laut Samadikun, Kelurahan Gunungketur, Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta yang mana masih berada di pusat kota sehingga lebih mudah untuk mencapai lokasinya. Sesuai dengan namanya, Museum Sasmitaloka Sudirman didirikan untuk mengenang Panglima Besar Jenderal Sudirman, lokasi museum ini dahulunya juga menjadi tempat tinggal Jenderal Sudirman. Museum Sasmitaloka Sudirman buka mulai pukul 08.00-14.00 WIB serta tutup pada hari Sabtu dan Minggu, tiket masuk ke museum ini gratis.

 

  1. Sasana Wiratama

Tempat wisata yang juga tidak boleh Anda lewatkan yakni Sasana Wiratama yang beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto, Kecamatan Tegalrejo yang lokasinya juga berada tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah untuk dicapai. Sasana Wiratama adalah sebuah monumen dan juga museum untuk mengenang Pangeran Diponegoro, museum ini juga menjadi tempat tinggal dari Pangeran Diponegoro semasa hidupnya. Perlu Anda ketahui bahwa Sasana Wiratama buka mulai pukul 08.00-14.00 WIB dan tutup pada hari Minggu, Anda tidak perlu membayar untuk masuk ke museum.

 

  1. Candi Ijo

Candi Ijo merupakan sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman yang bisa dicapai melalui rute ring road utara – Prambanan. Candi Ijo yang dibangun pada abad IX ini memiliki desain yang sangat indah, selain itu Anda juga bisa melihat panorama dari ketinggian karena candi ini berada di atas bukit. Candi Ijo buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB, Anda tidak perlu membayar apapun untuk menyaksikan candi ini.

 

  1. Candi Barong

Jogjakarta memang memiliki banyak candi, salah satunya adalah Candi Barong yang letaknya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman di mana Anda bisa melalui rute ring road utara Jogja untuk mencapainya. Candi Barong merupakan sepasang candi kembar yang didirikan sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri, candi ini memiliki relief Kalabarong di setiap sisinya. Tiket masuk ke Candi Barong ini gratis dengan jam kunjungan mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

 

  1. De Mata Trick Eye Museum

De Mata Trick Eye Museum lokasi persisnya berada di XT Square, Jalan Veteran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Jogjakarta yang letaknya tidaklah jauh dari pusat kota sehingga Anda lebih mudah untuk mengaksesnya. De Mata Trick Eye menempati lahan seluas 1600 m² di mana Anda akan bisa menemukan 120 lukisan 3 dimensi yang bisa menghasilkan ilusi optik. De Mata Trick Eye Museum buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB dan tutup pada hari Senin dengan tiket masuk seharga 50 ribu per orang.

Apabila Anda memiliki rencana untuk mengisi waktu liburan di Jogjakarta, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata menarik yang telah disebutkan di atas.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments