Jawa Barat Travel

26 Tempat Wisata di Lembang Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Tempat Wisata di Lembang – Perlu Anda ketahui bahwa Lembang merupakan salah satu kecamatan yang wilayahnya masih berada di Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat. Meskipun merupakan sebuah kecamatan, namun nama Lembang sangatlah populer terutama di kalangan para wisatawan. Pasalnya Lembang memiliki potensi wisata yang sangat besar di mana Anda akan bisa menemukan banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata untuk mengisi waktu akhir pekan ataupun masa liburan panjang.

Terlebih lagi wilayah Lembang berada di kawasan dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 1312 hingga 2084 meter di atas permukaan laut dengan suhu rata-rata 17 hingga 27 derajat celcius sehingga tentu saja akan sangat sesuai untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi. Kondisi alam di Kecamatan Lembang juga juga sangat asri dengan masih banyaknya pepohonan yang tumbuh di wilayahnya. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk menghabiskan waktu liburan di Lembang, maka pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Lembang yang bisa Anda kunjungi.

Berikut ini 26 Tempat Wisata di Lembang :

  1. Taman Miniatur Kereta Api

Taman Miniatur Kereta Api

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Miniatur Kereta Api yang lokasinya berada di Jalan Grand Hotel Nomor 33E, Lembang yang bisa Anda akses dengan mudah melalui Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa menyaksikan diorama mini dari berbagai macam model kereta api. Menariknya lagi, miniatur kereta yang ada di tempat ini bisa berjalan seperti aslinya. Taman Miniatur Kereta Api buka pada pukul 09.00-20.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

  1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Tempat wisata kedua yang bisa Anda kunjungi di Lembang adalah Gunung Tangkuban Perahu yang terletak di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung yang mana bisa Anda capai dari pusat kota Bandung. Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi yang masih aktif sehingga Anda akan bisa menyaksikan kawahnya yang mengeluarkan asap. Gunung Tangkuban Perahu buka pada pukul 08.09-17.00 WIB dengan tarif masuk 20 ribu pada hari biasa serta 30 ribu pada hari libur.

  1. Farm House

Farm House

Farm House merupakan tempat wisata ketiga yang juga bisa Anda kunjungi, tempat wisata ini lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Anda harus berhati-hati karena rutenya yang menanjak dan cukup berkelok. Farm House sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi di mana Anda akan bisa belajar lebih jauh mengenai dunia peternakan. Anda bisa mengunjungi Farm House dari pukul 09.00-21.00 WIB dengan tiket masuk seharga 20 ribu rupiah.

  1. Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park

Tempat wisata keempat yang bisa Anda kunjungi yaitu Dusun Bambu Family Leisure Park yang beralamat di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang yang bisa Anda akses dari pusat kota Bandung. Dusun Bambu Family Leisure Park merupakan sebuah tempat wisata terpadu yang sangat sesuai dikunjungi oleh keluarga, selain itu Anda juga bisa menyaksikan panorama alam yang masih asri. Dusun Bambu Family Leisure Park buka pada pukul 08.00-21.00 WIB setiap harinya dengan tiket yang terjangkau yakni 15 ribu rupiah.

  1. Jendela Alam

Jendela Alam

Jendela Alam merupakan tempat wisata kelima yang berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Komplek Graha Puspa di mana Anda bisa menggunakan moda transportasi umum dari Kota Bandung. Jendela Alam sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi di mana Anda bisa mengenalkan cara beternak serta berkebun yang menyenangkan kepada anak-anak. Jendela Alam buka pada pukul 09.00-16.30 WIB dengan tiket masuk seharga 15 ribu per orang.

  1. Kampung Daun

Kampung Daun

Tidak jauh dari Jendela Alam, Anda bisa mampir ke Kampung Daun yang lokasinya berada di Jalan Sersan Bajuri KM 4,7, Lembang yang juga bisa Anda capai dari Kota Bandung. Perlu Anda ketahui bahwa Kampung Daun merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik di Lembang yang menyajikan berbagai menu kuliner Indonesia hingga mancanegara dengan konsep alam. Kampung Daun buka setiap hari pada pukul 11.00-00.00 WIB dengan harga menu mulai dari 15 ribu rupiah.

  1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Salah satu tempat wisata yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Observatorium Bosscha yang beralamat di Jalan Peneropong Bintang, Lembang, Bandung Barat yang mana Anda bisa mencapainya menggunakan berbagai moda transportasi dari Bandung. Observatorium yang berdiri pada tahun 1923 ini menjadi salah satu wisata edukasi yang paling populer di mana Anda akan bisa mengamati berbagai benda angkasa. Observatorium Bosscha buka pada pukul 09.00-13.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari 7500 rupiah per orang.

  1. BIB Lembang

BIB Lembang

BIB Lembang merupakan tempat wisata yang lokasinya berada di Jalan Kayu Ambon, Lembang, Bandung Barat yang mana akses jalannya bisa dengan mudah dilewati oleh kendaraan bermotor. BIB atau Balai Inseminasi Buatan merupakan pusat inseminasi buatan paling tua yang ada di Indonesia di mana Anda akan bisa mengetahui lebih jauh mengenai inseminasi terhadap sapi, kerbau, domba, dan kambing. BIB Lembang dibuka untuk umum pada pukul 9 pagi dengan tarif masuk gratis.

  1. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah The Lodge Maribaya yang lokasi persisnya berada di Jalan Maribaya Timur KM 6, Kosambi, Bandung Barat. The Lodge Maribaya memiliki konsep wisata terpadu di mana Anda bisa berwisata kuliner sambil menikmati keindahan panorama alamnya yang sangat mempesona, Anda juga bisa berkemah di area yang telah disediakan. The Lodge Maribaya buka setiap hari pada pukul 08.00-22.00 WIB dengan tiket masuk seharga 20 ribu rupiah.

  1. Rumah Sosis

Rumah Sosis

Rumah Sosis merupakan tempat wisata kuliner yang lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 177, Lembang, Bandung Barat yang bisa diakses dari pusat kota Bandung. Sesuai dengan namanya, tempat wisata kuliner ini menyajikan menu utama berbagai hidangan berbahan dasar sosis dengan harga mulai dari 3 ribu rupiah. Rumah Sosis buka setiap hari pada pukul 08.00-20.00 WIB, tempat wisata ini juga memiliki panorama alam yang indah.

  1. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi yakni Pine Forest Camp yang terletak di Jalan Pasir Jaya XII Nomor 10, Pasirluyu Regol yang bisa Anda tempuh dari Bandung. Pine Forest Camp akan menyuguhkan panorama alam hutan pinus yang sangat lebat dengan udaranya yang sejuk, tempat wisata ini juga biasa dijadikan sebagai lokasi berkemah dan foto prewedding. Pine Forest Camp buka pada pukul 08.00-22.00 WIB dengan harga paket camping mulai dari 150 ribu rupiah.

  1. Salian Art Space

Salian Art Space

Salian Art Space lokasi persisnya berada di Jalan Sersan Bajuri Nomor 86, Parongpong, Bandung Barat yang mana akses jalannya tergolong mudah. Salian Art Space merupakan sebuah galeri seni yang memamerkan berbagai koleksi benda seni hasil karya para seniman kreatif yang berasal dari Bandung, Anda juga bisa berwisata kuliner di tempat ini. Salian Art Space buka setiap hari pada pukul 11.00-23.00 WIB dengan tiket masuk 5 ribu per orang.

Baca Juga :  10+ Tempat Wisata di Sydney Australia yang Keren Wajib Dikunjungi
  1. Gunung Putri

Gunung Putri

Tempat wisata yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Gunung Putri yang lokasinya berada di Jalan Gunung Putri, Lembang, Bandung Barat yang mana bisa Anda tempuh menggunakan beberapa moda transportasi dari Kota Bandung. Gunung Putri sendiri menyajikan panorama alam khas pegunungan yang sangat eksotis dengan udaranya yang sejuk. Gunung Putri buka pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah.

  1. Gunung Batu

Gunung Batu

Gunung Batu merupakan tempat wisata yang terletak di Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang lokasinya cukup mudah untuk diakses. Gunung Batu sangatlah sesuai untuk dikunjungi oleh Anda yang menyukai alam dan tantangan, Anda bisa melakukan olahraga panjat tebing dan menyaksikan keindahan matahari terbit yang sangat mempesona dari puncaknya. Wisata Gunung Batu buka setiap harinya dengan tarif masuk sebesar 10 ribu rupiah.

  1. Fame Station

Fame Station

Fame Station lokasi persisnya berada di Jalan Sersan Bajuri Nomor 100, Lembang, Bandung Barat yang mana bisa Anda akses dari pusat kota Bandung. Fame Station merupakan tempat hiburan yang sangat populer terutama di kalangan anak muda yang menyukai live music, pasalnya tempat ini menyajikan pementasan berbagai grup band lokal dan juga mancanegara secara rutin, Fame Station buka setiap hari pada pukul 18.00-00.00 WIB.

  1. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat adalah tempat wisata yang lokasinya berada di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang. Curug Tilu Leuwi Opat merupakan sebuah air terjun dengan panorama alam yang sangat mempesona, Anda juga akan bisa menyaksikan kawasan hijau seluas kurang lebih 5 hektar sehingga sangatlah sesuai sebagai tempat rekreasi. Curug Tilu Leuwi Panjang buka pada hari Senin hingga Minggu pada pukul 06.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk 10 ribu per orang.

  1. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal alamatnya ada di Jalan Maribaya KM 2,4, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang rutenya bisa Anda tempuh dari Kota Bandung. Sesuai dengan namanya, Rumah Bunga Rizal merupakan sebuah taman bunga yang sangat populer di Lembang yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta bunga dan tanaman hias. Anda bisa membeli bunga untuk dijadikan oleh-oleh, perlu Anda ketahui bahwa Rumah Bunga Rizal buka pada pukul 07.00-16.00 WIB.

  1. Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro

Tempat wisata berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sanghyang Tikoro yang beralamat di Jalan PLTA Saguling, Rajamandala Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Sanghyang Tikoro sendiri merupakan sebuah tempat wisata yang unik karena menjadi bukti bahwa Bandung dahulunya merupakan sebuah danau, Anda akan bisa menyaksikan secara langsung titik di mana air danau purba tersebut menghilang. Sanghyang Tikoro buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 10 ribu per orang.

  1. Taman Begonia

Taman Begonia

Taman Begonia alamatnya ada di Jalan Maribaya Nomor 120A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang aksesnya tergolong mudah untuk ditempuh. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah pusat konservasi bunga di mana Anda akan bisa menemukan berbagai jenis bunga yang sangat indah, tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Begonia buka setiap hari mulai pukul 8 pagi dengan tarif masuk 10 ribu per orang.

  1. The Peak

The Peak

The Peak merupakan sebuah tempat wisata yang lokasi persisnya berada di Jalan Sersan Bajuri KM 4,7, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Perlu Anda ketahui bahwa The Peak sangatlah sesuai bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Lembang, Anda bisa menikmati berbagai macam hidangan sambil menyaksikan panorama pegunungan yang indah. The Peak sendiri buka pada hari Senin hingga Minggu pada pukul 08.00-22.00 WIB.

  1. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung

Tempat wisata berikutnya yang tidak kalah menariknya adalah Taman Bunga Cihideung yang alamatnya ada di Jalan Sersan Bajuri Nomor 37 Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Anda juga akan bisa menyaksikan hamparan tanaman bunga yang sangat luas dengan beberapa jenis bunga unggulan yakni anggrek dan melati. Taman Bunga Cihideung buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah.

  1. De Ranch

De Ranch

De Ranch merupakan sebuah destinasi wisata yang lokasinya ada di Jalan Maribaya Nomor 17, Kayuambon, Lembang, Bandung Barat yang rutenya bisa ditempuh dari pusat kota Bandung. De Ranch sendiri adalah tempat wisata yang sesuai untuk keluarga dengan mengusung konsep ala koboi di Amerika, Anda akan bisa naik kuda untuk berkeliling kawasan wisata. De Ranch buka setiap harinya pada pukul 09.00 hingga17.00 WIB dengan harga tiket masuk 15 ribu rupiah per orang.

  1. Situ Lembang

Situ Lembang

Tujuan wisata berikutnya yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Situ Lembang yang lokasinya berada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, Situ Lembang adalah sebuah situ atau danau dengan air yang jernih, danau ini dikelilingi oleh pegunungan sehingga memiliki panorama alam yang sangat eksotis. Wisata Situ Lembang buka pada pukul 08.00-17.00 WIB setiap harinya dengan tiket masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng Anteng Panoramic Coffee adalah tempat wisata kuliner yang lokasi persisnya berada di Jalan Baru Laksana Nomor 75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lereng Anteng Panoramic Coffee sangat sesuai untuk dikunjungi oleh para pecinta kopi, selain itu Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner lezat sambil menyaksikan panorama yang eksotis. Lereng Anteng Panoramic Coffee buka pada pukul 08.00-22.00 WIB dengan harga mulai 15 ribu rupiah.

  1. Bandung Tree Top Adventure Park

Bandung Tree Top Adventure Park

Tempat wisata yang juga bisa Anda kunjungi adalah Bali Tree Top Adventure Park yang beralamat di Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bandung Tree Top Adventure Park sangat sesuai bagi Anda yang menyukai tantangan karena Anda akan bisa melakukan kegiatan outbond yang berada di kawasan hutan pinus. Bandung Tree Top Adventure Park buka pada pukul 08.00-16.30 WIB dengan harga tiket masuk 10 ribu per orang.

  1. Curug Bellarosa

Curug Bellarosa

Curug Bellarosa adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang bisa Anda akses dari Kota Bandung. Curug Bellarosa adalah sebuah air terjun yang menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis dengan alam sekitar yang masih asri karena ditumbuhi banyak pepohonan. Perlu Anda ketahui bahwa Curug Bellarosa buka selama 24 jam dengan tiket masuk seharga 5 ribu per orang.

Baca Juga :  10+ Tempat Wisata di Sydney Australia yang Keren Wajib Dikunjungi

Apabila Anda memiliki rencana untuk menghabiskan waktu liburan di Lembang, maka tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi beberapa tempat wisata menarik di atas.

User Review
5 (1 vote)

Add Comment

Leave a Comment