Jawa Tengah Travel

26 Tempat Wisata di Magelang yang Layak dikunjungi jika Berlibur ke Magelang

Tempat Wisata di Magelang – Magelang adalah sebuah nama wilayah yang mencakup dua wilayah administratif yakni kabupaten dan kota yang masih berada di dalam Propinsi Jawa Tengah, tepatnya berada persis di sebelah utara Daerah Istimewa Yogyakarta. Perlu Anda ketahui bahwa Magelang termasuk ke dalam salah satu wilayah tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun 907 Masehi sehingga menjadikan usianya kini telah lebih dari seribu tahun. Magelang yang sering dijuluki sebagai Kota Bunga ini sebagian wilayahnya berada di dataran tinggi dan pegunungan.

Baca juga : Indahnya Kampung Warna-Warni Jodipan Malang yang Colourfull

Nama Magelang sendiri sudah sangat populer, bahkan hingga ke dunia internasional, pasalnya Magelang menyimpan potensi wisata yang sangat besar di mana hal ini akan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan domestik dan wisatawan asing untuk mengunjunginya. Ditambah lagi wilayah Magelang memiliki iklim yang sejuk sehingga sangatlah tepat sebagai tempat untuk berekreasi. Anda akan bisa menemukan berbagai macam tempat wisata di Magelang yang sangat menarik untuk dikunjungi pada saat liburan, berikut ini akan kami ulas selengkapnya.

Tempat Wisata di Magelang

  1. Candi Borobudur

Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan tempat wisata paling populer di Magelang yang beralamat di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang bisa Anda capai menggunakan bus umum. Candi Borobudur permah menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia, candi yang bercorak Buddha ini dibangun pada abad ke-7 Masehi oleh Dinasti Syailendra. Candi Borobudur dibuka pada pukul 06.00-17.00 WIB setiap harinya denga tiket masuk 20 ribu untuk anak-anak dan 40 ribu untuk orang dewasa.

  1. Candi Pawon

Wisata Candi Pawon

Selain Candi Borobudur, Anda juga bisa mengunjungi Candi Pawon yang berlokasi di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang mana sangatlah dekat dengan Candi Borobudur. Candi Pawon diyakini menjadi tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra, selain itu Anda juga akan bisa menemukan sebuah arca Boddhisatva di dalam candi. Candi Pawon dibuka untuk umum pada pukul 09.00-17.30 WIB dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

  1. Candi Mendut

Wisata Candi Mendut

Tempat wisata ketiga yang bisa dikunjungi adalah Candi Mendut yang lokasinya ada di Jalan Mayor Kusen, Desa Mendut, Mungkid, Kabupaten Magelang yang bisa diakses dari Terminal Kota Magelang. Candi Mendut juga dibangun pada masa Dinasti Syailendra, candi Buddha ini memiliki bentuk segi empat, Anda juga bisa menemukan beberapa stupa kecil dan juga relief. Candi Mendut dibuka pada pukul 07.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

  1. Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema lokasinya berada di Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Kabupaten Magelang yang mana lokasinya cukup tersembunyi. Meskipun demikian gereja ini sangatlah populer karena pernah muncul di film AADC 2, gereja yang satu ini memiliki keunikan karena bentuknya yang menyerupai seekor burung merpati yang melambangkan kedamaian. Gereja Ayam Bukit Rhema buka pada pukul 05.00-17.00 WIB setiap harinya dengan biaya masuk sebesar 15 ribu.

  1. Punthuk Setumbu

Wisata Punthuk Setumbu

Objek wisata kelima yang bisa dikunjungi yakni Punthuk Setumbu yang berlokasi di Dusun Kerahan, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang. Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut di mana Anda akan bisa menyaksikan dua gunung berapi yakni Merapi dan Merbabu, Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise di bukit ini. Punthuk Setumbu dibuka selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar 15 ribu per orang.

  1. Taman Badakan

Wisata Taman Badakan

Taman Badakan alamatnya ada di Jalan Pahlawan Nomor 190, Potrobangsan, Magelang yang bisa Anda tempuh menggunakan angkutan kota dari terminal. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Badakan adalah sebuah taman kota yang sangat tepat untuk wisata keluarga, Anda akan bisa menemukan sebuah taman yang tertata dengan rapi dan ditumbuhi banyak pepohonan, taman ini juga dilengkapi area bermain. Taman Badakan dibuka setiap hari selama 24 jam tanpa dikenakan tarif masuk.

  1. Klenteng Liong Hok Bio

Wisata Klenteng Liong Hok Bio

Klenteng Liong Hok Bio merupakan sebuah wisata religi yang berlokasi di Jalan Alun-alun Selatan Nomor 2, Kota Magelang yang mana masih berada di pusat kota. Klenteng Liong Hok Bio menjadk saksi sejarah perjuangan etnis Tionghoa yang ikut berpartisipasi untuk berperang melawan penjajah, Anda akan bisa menemukan dupa terbesar di dunia dengan berat mencapai 3,8 ton. Anda sebaiknya mengunjungi klenteng ini sebelum pukul 17.00 WIB, Anda hanya perlu memasukkan dana sumbangan untuk kebersihan.

  1. Alun-alun Kota Magelang

Wisata Alun-alun Kota Magelang

Tempat wisata ketujuh yang bisa dikunjungi adalah Alun-alun Kota Magelang yang terletak di Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang. Alun-alun Kota Magelang merupakan salah satu tempat favorit warga adan juga wisatawan untuk bersantai di hari libur, selain itu Anda juga bisa menemukan banyak penjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Alun-alun Kota Magelang dibuka selama 24 jam, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir.

  1. Gardu Pandang Mangli

Wisata Gardu Pandang Mangli

Gardu Pandang Mangli lokasi persisnya berada di Mangli, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, namun akses jalan menuju ke lokasi hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Gardu Pandang Mangli letaknya berada di ketinggian 1570 meter di atas permukaan laut yang akan menyuguhkan panorama yang sangat menawan, Anda juga akan bisa menyaksikan Gunung Sumbing jika cuaca sedang cerah. Gardu Pandang Mangli dibuka selama 24 jam setiap hari dengan tiket masuk seharga 5 ribu per orang.

  1. Delimas

Tempat Wisata Delimas

Tempat wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi adalah Delimas yang berada di Desa Girimulyo, Windusari, Kabupaten Magelang yang bisa dicapai dari terminal kota. Delimas sendiri merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di daerah dataran tinggi, Anda akan bisa menyaksikan panorama khas pegunungan yang masih asri dengan udaranya yang sangat sejuk. Kawasan Wisata Delimas dibuka pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan tiket masuk seharga 5 ribu rupiah.

  1. Kedung Sembrani

Tempat Wisata Kedung Sembrani

Kedung Sembrani lokasi persisnya berada di Ketundan, Pakis, Kabupaten Magelang yang mana sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa untuk menuju ke lokasi. Anda akan bisa menyaksikan sebuah air terjun alami yang tidak begitu tinggi namun memiliki panorama yang sangat indah, Anda juga akan menemukan sebuah kolam yang cukup dalam di bagian bawahnya. Kedung Sembrani buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 5 ribu per orang.

  1. Grenjengan Kembar

Tempat Wisata Grenjengan Kembar

Anda juga bisa mengunjungi Grenjengan Kembar yang lokasi persisnya berada di Ketundan, Pakis, Kabupaten Magelang yang letaknya tidak jauh dari Kedung Sembrani. Grenjengan Kembar merupakan dua buah air terjun kembar yang terletak di tengah hutan pinus sehingga menyuguhkan panorama alam yang sangat asri, Anda bisa merasakan kesegaran cipratan air terjun. Objek wisata Grenjengan Kembar buka pada pukul 09.00-17.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah.

  1. Sendang Mudal

Tempat Wisata Sendang Mudal

Objek wisata selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Sendang Mudal yang berlokasi di Dusun Butuh Kulon, Sawangan, Kabupaten Magelang. Perlu Anda ketahui bahwa Sendang Mudal merupakan sebuah kolam yang airnya sangat jernih dan berasal dari mata air alami, Anda bisa berenang di dalamnya serta mengambil foto di bawah air yang tentunya akan menjadi pengalaman unik. Sebaiknya Anda mengunjungi Sendang Mudal sebelum pukul 18.00 WIB dengan tarif masuk seikhlasnya.

Baca Juga :  26 Tempat Wisata di Lembang Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga
  1. Taman Kyai Langgeng

Tempat Wisata Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng lokasi tepatnya ada di Jalan Cempaka Nomor 6, Kota Magelang yang aksesnya sangat mudah karena berada di tengah kota. Taman Kyai Langgeng sangatlah tepat untuk rekreasi keluarga, taman yang meliputi area seluas 27,36 hektar ini ditumbuhi oleh banyak pepohonan sehingga suasananya sangat asri, Anda juga bisa menemukan beberapa wahana permainan. Taman Kyai Langgeng buka pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tarif masuk 24 ribu pada hari biasa dan 30 ribu pada hari libur.

  1. Ketep Pass

Objek Wisata Ketep Pass

Ketep Pass lokasi persisnya berada di Desa Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang yang mana akses jalannya cukup menanjak dan berkelok sehingga Anda harus berhati-hati. Ketep Pass sendiri berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut yang menyajikan panorama beberapa pegunungan yakni Gunung Merbabu, Semeru, Slamet, Sindoro dan Sumbing. Ketep Pass dibuka untuk umum pada pukul 06.00-17.00 WIB dengan tiket masuk seharga 7500 rupiah.

  1. Pinusan Kragilan

Objek Wisata Pinusan Kragilan

Tempat wisata selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Pinusan Kragilan yang beralamat di Desa Kragilan, Pakis, Kabupaten Magelang. Pinusan Kragilan terletak di lereng Gunung Merbabu sehingga udaranya sangat sejuk, Anda akan menyaksikan panorama hutan pinus yang indah, selain itu tempat ini juga memiliki banyak spot foto menarik. Pinusan Kragilan dibuka pada pukul 06.00-18.00 WIB, Anda akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah untuk setiap spot foto.

  1. Museum Diponegoro

Tempat Wisata Museum Diponegoro

Museum Diponegoro terletak di Jalan Diponegoro Nomor 1, Kota Magelang yang mana aksesnya tidaklah sulit karena masih berada di dalam kota. Perlu diketahui bahwa Museum Diponegoro merupakan lokasi di mana Pangeran Diponegoro diculik oleh Belanda dengan cara yang licik, Anda akan bisa menemukan berbagai macam barang pribadi milik beliau mulai dari cangkir hingga jubah. Museum Diponegoro bisa Anda kunjungi pada pukul 08.00-14.00 WIB dengan tarif masuk gratis.

  1. Museum Kapal Samudra Raksa

Tempat Wisata Museum Kapal Samudra Raksa

Museum Kapal Samudra Raksa alamatnya ada di Kompleks Candi Borobudur, Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang yang lokasinya sangat dekat dengan Candi Borobudur. Museum Kapal Samudra Raksa ini sangat sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi di mana Anda akan bisa mengetahui lebih jauh mengenai peninggalan maritim bangsa Indonesia pada jaman dahulu. Museum Kapal Samudra Raksa buka pada pukul 08.00-14.00 WIB, tarif masuk ke museum ini sudah termasuk tiket ke Candi Borobudur.

  1. Gardu Pandang Bukit Barade

Gardu Pandang Bukit Barade

Objek wisata berikutnya adalah Gardu Pandang Bukit Barade yang lokasinya berada di Dusun Sendaren, Karangrejo, Borobudur, Kabupaten Magelang yang lokasinya cukup tersembunyi. Gardu Pandang Bukit Barade merupakan sebuah tempat wisata yang menyajikan panorama alam khas perbukitan dengan udaranya yang sejuk, Anda juga akan bisa menyaksikan pesona sunrise yang sangat eksotis. Gardu Pandang Bukit Sendaren buka pada pukul 04.00-17.00 WIB dengan tarif masuk 5 ribu rupiah.

  1. Punthuk Mongkrong

Tempat Wisata Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong merupakan objek wisata yang letaknya berada di Dusun Mijil, Giritengah, Borobudur, Kabupaten Magelang yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Barade. Anda akan bisa menemukan gardu pandang di Punthuk Mongkrong yang bisa Anda gunakan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit ataupun terbenam yang menyuguhkan panorama eksotis. Anda bisa berkunjung ke Punthuk Mongkrong pada pukul 04.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Rumah Kamera

Tempat Wisata Rumah Kamera

Rumah Kamera alamatnya ada di Jalan Majaksingi Nomor 8, Borobudur, kabupaten Magelang yang bisa Anda tempuh dari Terminal Kota Magelang. Rumah Kamera ini menempati bangunan yang sangat unik karena bentuknya menyerupai sebuah kamera DSLR. Rumah Kamera didirikan oleh seorang seniman yang bernama Pak Tanggol di mana Anda bisa menyaksikan berbagai macam karya beliau. Rumah Kamera dibuka pada pukul 08.00-19.00 WIB dengan harga tiket masuk 15 ribu rupiah.

  1. Air Terjun Sekar Langit

Tempat Wisata Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit terletak di Desa Telogorejo, Grabag, Kabupaten Magelang yang mana bisa Anda capai dari Pasar Grabag menggunakan angkutan umum. Anda akan bisa menyaksikan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter dengan pemandangan yang sangat indah, objek wisata ini juga telah dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap demi kenyamanan pengunjung. Air Terjun Sekar Langit bisa dikunjungi pada pukul 07.00-17.30 WIB dengan tarif masuk 6 ribu per orang.

  1. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Selain Air Terjun Sekar Langit, Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Kedung Kayang yang berlokasi di Ketep, Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang. Anda harus melewati jalan yang cukup terjal dan licin sehingga harus berhati-hati, namun rasa letih Anda segera terbayar setelah menyaksikan Air Terjun Kedung Kayang yang sangat mempesona dengan alamnya yang asri. Air Terjun Kedung Kayang dibuka untuk umum pada pukul 07.00-17.00 WIB dengan tarif 4 ribu rupiah.

  1. Curug Silawe

Tempat Wisata Curug Silawe

Magelang memang memiliki banyak objek wisata air terjun, salah satunya adalah Curug Silawe yang terletak di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kajoran, Kabupaten Magelang. Curug Silawe adalah sebuah air terjun yang berada di lereng Gunung Sumbing, kondisi alam di kawasan ini masih asri dengan banyaknya pepohonan rindang yang tumbuh sehingga udaranya sangat sejuk. Anda bisa mengunjungi Curug Silawe pada pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Taman Bunga Dewari

Tempat Wisata Taman Bunga Dewari

Taman Bunga Dewari alamatnya ada di Baturono, Salam, Kabupaten Magelang yang mana bisa Anda tempuh dari Terminal Kota Magelang. Meskipun masih tergolong baru, namun Taman Dewari sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Anda akan bisa menyaksikan keindahan bunga matahari yang menghampar dengan luas sehingga sangat sesuai untuk spot fotografi. Taman Dewari sendiri dibuka pada pukul 07.00-18.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah.

  1. Museum Bumiputera

Museum Bumiputera

Objek wisata berikutnya adalah Museum Bumiputera yang lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 21, Kota Magelang yang masih berada di dalam kota. Perlu Anda ketahui bahwa Museum Bumiputera merupakan satu-satunya museum asuransi yang ada di Indonesia yang di dalamnya terdapat berbagai macam dokumen serta foto yang berkaitan dengan sejarah perusahaan asuransi. Museum Bumiputera dibuka pada pukul 08.00-16.30 WIB dengan tiket masuk gratis.

Baca Juga :  26 Tempat Wisata di Lembang Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Apabila Anda ingin berlibur ke Magelang, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik yang ada pada artikel di atas.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment