by

25 Daftar Tempat Wisata di Malang Yang Lagi Trend Saat ini

Malang menjadi satu diantara sekian banyak daerah wisata unggulan Indonesia. Kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur ini memang kaya akan potensi alamnya. Mulai dari area pegunungan, dataran rendah, sampai pantai ada di daerah yang terkenal dengan apel dan baksonya. Selain itu dukungan pengelolaan serius dari pemerintah, masyarakat, hingga para investor membuat pariwisata Malang menjadi jauh lebih maju. Aneka tempat wisata baik itu wisata alam, agrowisata, sampai rekreasi keluarga bisa anda sambangi di kawasan Malang.

Baca juga : 25 Tempat Wisata di Lombok Yang Indah dan Mempesona

Bagi yang sedang mencari lokasi ideal untuk berlibur, Kota Apel ini sangat rekomended disambangi. Berbagai wisata khusus keluarga hingga yang memacu adrenalin bisa anda sambangi. Malang memiliki berbagai macam jenis pantai, area pegunungan, sampai dengan berbagai macam wisata yang bertema pendidikan. Bagi yang ingin berlibur sekaligus menjelajah aneka tempat-tempat baru, anda bisa menempatkan Malang di list liburan kali ini. Berikut ini berbagai macam pilihan destinasi wisatanya untuk anda.

Berbagai Tempat Wisata di Malang

  1. Pantai Balekambang
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur, Desa Srigonco-Malang. Ciri khas pantai berpasir putih ini adalah adanya sebuah pulau kecil yang menjorok ke lautan. Pulau kecil ini disebut Pulau Ismoyo. Sekilas, panorama alamnya mirip seperti Tanah Lot di Bali. Biasanya pada saat bulan-bulan tertentu, banyak orang yang berziarah ke pantai satu ini sembari menikmati indahnya alam pantai cantik ini. Untuk tiket masuknya sebesar 15.000 rupiah. Selain bersantai dan berziarah, anda juga bisa mencoba sensasi permainan flying fox. Wahana permainan tersebut hanya buka sampai sore. Sedangkan pantainya sendiri bisa anda akses selama 24 jam.

  1. Mata Air Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah
Mata Air Sumber Sirah

Tempat wisata satu ini merupakan sebuah kolam dengan air yang jernih dan segar. Pengunjung bisa berenang di kolam atau mencoba melakukan snorkeling. Keindahan kolam air tawarnya memang sangat memikat. Ditambah adanya tumbuhan air serta aneka macam ikan yang makin menambah keindahannya. Untuk masuk ke kawasan ini, anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk mobil dan 2 ribu rupiah untuk motor. Tempat wisata yang beroperasi setiap hari pukul 07.00-18.00 ini berada di Desa Jawa, Kecamatan Godanglengi-Malang.

  1. Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Pemandangan alamnya yang memukau membuat kawasan air terjun satu ini ramai dikunjungi wisatawan. Air terjun dengan latar belakang pemandangan hijau ini menjadi destinasi yang tepat untuk melepas penat. Lokasinya di Jalan Coban Rondo, Desa Pandansari, Kecamatan Pujung-Malang. Selain berenang dan bermain air, anda juga bisa mencoba aneka wahana lainnya. mulai dari arung jeram, paralayang, kano, hingga bercamping di area air terjun. Tiket masuknya sebesar 15.000 rupiah di hari biasa dan 18.000 rupiah di akhir pekan. Jam operasionalnya sendiri antara pukul 07.00-17.00 setiap hari.

  1. Jatim Park I
Jatim Park I
Jatim Park I

Jatim Park I berisi kolam renang raksasa dengan patung tokoh Kerajaan Singasari. Selain kolam renang, anda juga bisa menikmati aneka permainan di arena taman hiburan. Buka dari pukul 08.30 sampai 17.00, tempat wisata rekreasi keluarga ini menyediakan 50 lebih wahana permainan. Tidak cukup rasanya sehari saja untuk menjelajah kawasan taman bermain air ini. Tiket masuknya sebesar 100 ribu rupiah di akhir pekan dan hari libur bersama. Sedangkan di hari biasa, hanya sekitar 70 ribu rupiah. Lokasinya di Jalan Kartika No.2, Sisir, Kota Batu-Malang.

  1. Jatim Park II
Jatim Park II
Jatim Park II

Masih satu kelola dengan Jatim Park I, tempat rekreasi keluarga ini memiliki konsep yang sedikit berbeda. Anda akan mendapati aneka wahana yang sifatnya edukasi. Mulai dari kebun binatang, museum satwa yang menampilkan aneka jenis binatang dari seluruh dunia. Bagi yang ingin membawa serta anak-anak untuk belajar, kawasan wisata ini sangat cocok untuk disambangi. Lokasinya di Jalan Oro-Oro Ombo Nomor 9, Kota Batu-Malang. Jika dari pusat kota, anda hanya memerlukan perjalanan selama 60 menit saja. Harga tiketnya sebesar 120 ribu rupiah dengan jam operasional mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

  1. Hawai Waterpark
Hawai Waterpark
Hawai Waterpark

Taman bermain air satu ini berda di Jalan Graha Kencana Raya, Singosari, Malang. Seperti waterpark pada umumnya, anda akan mendapati sejumlah wahana permainan air. Mulai dari kolam ombak, sungai buatan, hingga seluncuran setinggi 3 meter yang mampu memicu adrenalin. Anda bisa mengajak serta seluruh anggota keluarga untuk berkunjung ke kawasan wisata ini. Tiket masuknya sebesar 75 ribu rupiah di hari biasa. Ketika akhir pekan, harga tiket masuknya sebesar 100 ribu rupiah. Selain bermain air, anda juga bisa menonton berbagai pertunjukan band music hingga DJ di taman bermain air yang beroperasi mulai pukul 10.00-16.00 WIB.

  1. Batu Night Spectacular
Hawai Waterpark
Hawai Waterpark

Bagi yang sedang mencari wisata malam di Malang, Batu Nigh Spectacular ini cocok anda kunjungi. Jam bukana mulai pukul 15.00-23.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar 20.000 rupiah di hari biasa dan 25.000 di akhir pekan, anda bisa melihat aneka macam lampion dengan bentuk megah dan indah. Berbagai macam lampion aneka bentuk, komedi putar, Gravitron, hingga berbagai macam sarana hiburan lainnya juga tersedia di kawasan wisata ini. Taman lampion yang instagramable ini bisa anda jumpai di Jalan Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Malang.

  1. Taman Selecta
Taman Selecta
Taman Selecta

Puluhan jenis bunga dengan penataan indah bisa anda dapati di kawasan wisata ini. berbagai macam jenis bunga ditata secara rapi dan artistik. Hal ini membuat lokasinya sangat ideal untuk berfoto. Pemandangan alam khas pegunungan juga bisa anda saksikan sehingga suasana alamnya terasa semakin sejuk. Tiket masuk tempat wisata yang ada di jalur Batu-Malang ini sebesar 25.000 rupiah setiap hari. Jam operasionalnya sendiri setiap hari mulai pukul 07.00-17.00. Untuk alamat lengkapnya, Taman Selecta berada di Desa Tulungreji, Bumiaji, Batu.

  1. Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar
Pemandian Air Panas Cangar

Anda juga bisa berendam air panas dari mata air Gunung Welirang. Tempat wisata alam ini masuk ke dalam kawasan Cangar, Bumiaji, Kota Batu. Air panasnya dialirkan ke kolam-kolam khusus bersebelahan dengan kolam air dingin. anda bisa melepas penat sembari berendam dan menghirup udara segar khas pegunungan. Air panasnya sangat baik untuk kesehatan kulit karena mengandung belerang. Dengan biaya masuk sebesar 10.500 rupiah, wisatawan bisa puas berendam di pemandian yang buka dari pagi sampai malam ini. disarankan datang pada pagi hari sehingga anda bisa lebih leluasa jika hendak berendam.

  1. Coban Talun
Coban Talun
Coban Talun

Lokasi air terjun satu ini cukup tersembunyi. Suasana alamnya masih sangat asri dan belum banyak terjamah manusia. Bagi yang senang berlibur dengan suasana tenang, air terjun satu ini cocok untuk anda sambangi. Lokasinya di Dusun Wonorejo, Kecamatan Bumiaji, Batu-Malang. Berada di lereng Gunung Arjuna, pemandangan alamnya pun sangat sejuk dan asri. Anda juga bisa berkemah dan trekking di sekitar area air terjun. Di kawasan wisata yang buka selama 24 jam juga terdapat Apache Camp yang bisa anda jadikan tempat menginap dengan biaya sewa 4.000 rupiah. Sementara untuk tiket masuknya sendiri sebesar 7.500 rupiah.

  1. Coban Pelangi
Coban Talun
Coban Talun

Air terjun satu ini memiliki ciri khas yang unik.  Nama pelangi disematkan karena adanya titik air warna-warni yang dihasilkan dari berkas cahaya. Pelangi tersebut biasanya akan muncul antara pukul 10.00-14.000. Tiket masuknya sebesar 6.000 rupiah per orangnya dan biaya parkir 2.000 rupiah untuk kendaraan roda dua serta 5.000 rupiah untuk mobil. Jika cuaca buruk, air terjun Coban Pelangi akan tutup lebih awal karena medannya yang licin menjadi pertimbangannya. Diperlukan waktu 2 jam perjalanan menuju Poncokusumo kemudian lanjut dengan berjalan kaki dengan medan menantang.

  1. Kampung Warna-Warni Jodipan
Kampung Warna-Warni Jodipan
Kampung Warna-Warni Jodipan

Sebelum disulap menjadi kampung dengan aneka warna menggoda, tempat wisata yang ada di bantaran Sungai Brantas ini hanyalah sebuah perkampungan kumuh. Keindahan warna-warni bangunannya membuat tempat wisata satu ini dilirik banyak pengunjung. Bagi yang senang berburu foto dengan latar belakang menarik, tempat wisata yang berlokasi sejauh 300 meter dari Stasiun Malang ini adalah tempat yang rekomended untuk dicova. Beragam lukisan dinding 3D juga bisa anda dapati yang mampu menambah daya tarik tempat wisata satu ini. Tiket masuknya sebesar 3.000 rupiah dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00

  1. Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok memiliki panorama alam yang sangat memukau dimana air terjunnya bertemu secara langsung dengan air laut. adanya pasir pantai di kawasan air terjun membuat pemandangannya sangat unik dan beda dari lainnya. Kawasan wisata alam ini berada di Desa Tirtoyudo, Malang. Untuk sampai ke tempat wisata mirip Pantai Banyu Tibo Pacitan ini, anda mesti menempuh perjalanan melewati kebun kopi selama 30 menit. Selain menikmati deburan air terjun, anda bisa mencoba snorkeling, berenang di pantai, hingga berperahu mengelilingi perairan. Tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah. Sedangkan sewa perahunya sendiri sebesar 50.000 rupiah.

  1. Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari
Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari berada di kaki Gunung Arjuna. Lebih tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singasari, Malang. Hamparan perkebunan teh dengan latar belakang pepohonan menjadi hal utama yang menarik perhatian para pengunjung. Selain berfoto di kebun teh, anda juga bisa menikmati wahana flying fox, paint ball, hingga mencoba menaiki kuda mengelilingi kawasan wisata. Udaranya sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.200 mdpl. Untuk aksesnya diperlukan waktu 45 menit dari Pasar Singasari. Sedangkan tiket masuknya sebesar 8.000 rupiah di hari besar dan 12.000 rupiah di akhir pekan.

  1. Waduk Selorejo
Waduk Selorejo
Waduk Selorejo

Waduk Selorejo memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik. Fungsinya semakin meluas sebagai tempat wisata berkat pemandangan alamnya yang indah. pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang waduk serta kawasan perbukitan hijau. Setelah puas berkeliling, anda bisa mencoba menikmati kuliner khas waduk yang menggoyang lidah. Lokasi tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Malang. Pengunjung juga bisa menikmati wahana mancakrida, arena pemancingan hingga flying fox. Tiket masuknya sebesar 15.000 rupiah dengan jam buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

  1. Eco Green Park
Eco Green Park
Eco Green Park

Eco Green Park juga masih satu manajemen dengan Jatim Park Group. Kawasan wisata dengan aneka wahana menarik ini layak disambangi bersama keluarga di akhir pekan. Tiket masuknya sebesar 60.000 rupiah di akhir pekan dan 40.000 rupiah di hari biasa. Anda bisa bermain dan belajar di wahana Geology Science Center, Duck Kingdom, Animal Farm, hingga Wolrd Parrots. Bersama anak-anak juga bisa belajar secara langsung menanam padi hingga aneka sayuran. Lokasinya di Jalan Oro-Oro Ombo No.9A Batu, Malang.

  1. Museum Brawijaya
Museum Brawijaya
Museum Brawijaya

Museum yang berada di Jalan Besar Ijen, atau 10 menit dari pusat kota Malang ini menyimpan berbagai koleksi kendaraan tempur masa lalu hingga berbagai jenis senjata. Pengunjung bisa datang dan mempelejari berbagai jenis kendaraan dan berbagai perlengkapan kemiliteran. Ada pula beberapa jenis senjata serta gerbong khusus untuk mengangkut tawanan perang. Bagi yang ingin berlibur sekaligus mendapatkan nilai edukasi yang tinggi, anda bisa datang ke Museum Brawijaya mulai pukul 08.00-14.00 setiap hari. tiket masuknya sangat terjangkau yaitu sekitar 3.000 rupiah saja.

  1. Museum Angkut
Museum Angkut
Museum Angkut

Lokasinya di Kota Batu tepatnya di Malang Utara. Berkunjung ke Museum Angkut dijamin tidak akan bosan sama sekali. Aneka kendaraan lintas generasi bisa anda saksikan dengan penataan yang menarik. anda bisa berburu foto sembari melihat-lihat aneka kendaraan tempo dulu dengan cara yang lebih menarik. Di lahan yang sangat luas, konsep pameran barang koleksinya dibagi menjadi beberapa zona. Tiket masuknya sebesar 100.000 rupiah di hari libur serta akhir pekan. Di luar itu, anda hanya dikenai tiket sebesar 70.000 rupiah. Anda bisa mengaksesnya dari Kota Malang dengan perjalanan 60 menit. Lokasi tepatnya di Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik Malang.

  1. Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep
Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep memiliki hamparan pasir putih serta air lautnya yang sangat jernih. panorama alamnya semakin indah dengan aneka karang-karang yang berdiri di beberapa sudut pantai. karang yang ditumbuhi tanaman ini terlihat seperti pulau kecil. Pantai yang bisa anda jadikan sebagai destinasi untuk berjemur, bermain air, olahraga air, hingga aktivitas seru lainnya ini memiliki tiket masuk 15.000 rupiah dan parkir sebesar 5.000 rupiah. Lokasi tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulto. Jika dari pusat kota, anda memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

  1. Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna
Pantai Tiga Warna

Pantai dengan air yang terlihat berlapis tiga warna ini berada di tengah cagar alam. Hal ini membuat pengunjung yang ingin datang mesti menghubungi pihak pengelola. Rombongan juga dibatasi hanya 10 orang serta mewajibkannya menyewa jasa guide. Memerlukan perjuangan ekstra untuk sampai di pantai cantik ini. jalanannya sangat berliku sehingga lebih mudah jika perjalanan ditempuh dengan kendaraan roda dua. Selain bermain air, anda bisa mencoba bermain snorkeling, menyelam, hingga bersantai di tepian pantai. Jam bukanya mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

  1. Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina
Pantai Goa Cina

Dinamakan dengan nama Pantai Goa Cina disebabkan dulunya tempat wisata alam ini menjadi lokasi bertapa seorang keturunan Cina sampai akhir hayatnya, dan sampai sekarang dinamai Pantai Goa Cina. Aksesnya sangat mudah dari pusat kota Malang. Jalanannya sudah beraspal meskipun cukup berkelok. Panorama pantai berpasir putih makin memukau dengan tebing yang membentuk goa. Terdapat sebuah pulau karang besar yang ada di jarak 300 meter dari daratan. Untuk mengakses pantai yang buka 24 jam ini, anda dikenai tarif masuk sebesar 5.000 rupiah. Lokasi lengkapnya sendiri berada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

  1. Pantai Bajul Mati
Pantai Bajul Mati
Pantai Bajul Mati

Masih satu garis dengan Pantai Goa Cina, wisata bahari ini juga tak kalah memukau berkat panorama ombak Samudra Hindia yang sangat memukau. Sebelum sampai di pantai satu ini, anda bisa menemukan jembatan panjang yang menghubungkan daratan dengan muara sungai. Pantai dengan pasir pantai hitam kecoklatan dan ombak besar ini berada di Desa Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Tiket masuknya sebesar 5.000 rupiah serta biaya parkit motor dan mobil sebesar 5.000 rupiah. Pantai Bajul Mati buka dari pagi sampai sore. Namun ada pula yang memutuskan mendirikan tenda untuk bermalam di dekat pantai.

  1. Pantai Sendiki
Pantai Sendiki
Pantai Sendiki

Wisata bahari satu ini tergolong baru namun tak kalah memukaunya dengan pantai yang sudah lebih dulu eksis. Pantainya masih sangat sepi sehingga cocok untuk menepi sejenak dari rutinitas. Pasir pantainya sangat luas sehingga cocok untuk berjemur, bermain pasir, hingga melakukan aneka olahraga khas pantai. wisatawan mesti menggunakan kendaraan khusus untuk sampai ke kawasan Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Dari pusat kota, anda bisa menempuh perjalanan selama 2 jam dengan kondisi jalanan yang masih berliku. Tiket masuknya sangat terjangkau yakni sebesar 5.000 rupiah per orang. Tidak ada jam operasional resmi membuat anda bisa berkunjung kapanpun dan dimanapun.

  1. Kampung Keramik Dinoyo
Kampung Keramik Dinoyo
Kampung Keramik Dinoyo

Bagi yang mencari oleh-oleh berupa gerabah, tempat wisata ini cocok disambangi. Disinilah anda bisa melihat proses pembuatan aneka vas, pot bunga, gelas, asbak hingga aneka souvernir dari keramik. Para pengrajin berdomisili di kawasan satu ini sejak 1957 sampai sekarang. Puluhan jenis keramik bahkan sudah ada yang tembus pasar ekspor. Produk keramik khas Malang ini memiliki mutu dan ciri khas khusus. Kawasan yang selalu ramai di akhir pekan ini bisa anda tempuh selama 15 menit dari pusat kota Malang. Lokasi tepatnya sendiri di Jalan MT.Haryono XIII No.450. Uniknya lagi, tidak ada tiket khusus untuk masuk ke kawasan wisata ini.

  1. Wisata Petik Apel
Wisata Petik Apel
Wisata Petik Apel

Belum lengkap berkunjung ke Malang tanpa menyambangi wisata petik apel. Apel malang yang menjadi komoditi khas kota satu ini memang sangat rekomended untuk dijadikan buah tangan. Anda bisa merasakan serunya memetik buah apel dengan harga 15.000 rupiah per kg. Tiket masuknya sebesar 20.000 per orang. Saat panen apel adalah momen yang tepat menyambangi kawasan wisata ini. kebun apel dengan luas puluhan hektar ini bisa anda sambangi di kawasan Bumi Aji, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Malang.

Demikian berbagai pilihan tempat wisata yang bisa anda sambangi di Malang. Semoga bermanfaat dan menambah referensi liburan anda.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *