by

27 Tempat Wisata di Purwakarta yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Purwakarta – Seperti yang Anda ketahui bahwa Purwakarta merupakan sebuah kabupaten yang secara administratif wilayahnya berada di Propinsi Jawa Barat. Kabupaten yang beribukota di Kota Purwakarta ini secara geografis lokasinya berada di sebelah tenggara Jakarta dengan jarak kurang lebih 80 km. Purwakarta sendiri berada di wilayah yang cukup strategis karena berada di jalur utama yang menghubungkan beberapa kota penting di Pulau Jawa bagian barat yakni Jakarta, Bandung, Cirebon, dan beberapa kota lainnya.

Tidak hanya itu saja, Purwakarta juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Jawa Barat, hal ini dikarenakan kabupaten ini memiliki potensi wisata yang besar sehingga akan bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Anda akan bisa menemukan berbagai macam tempat wisata menarik yang tentu saja sangat layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan. Apabila Anda sedang merencanakan liburan ke Purwakarta, maka pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa tempat wisata di Purwakarta.

Tempat Wisata di Purwakarta

  1. Waduk Jatiluhur

Salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi yakni Waduk Jatiluhur yang mana lokasinya berada di Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy yang bisa Anda akses dari Kota Purwakarta. Waduk Jatiluhur sendiri dibangun pada tahun 1957 dan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan mulai dari irigasi hingga PLTA, selain itu waduk ini juga dijadikan sebagai tempat rekreasi karena panoramanya yang indah. Waduk Jatiluhur buka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Taman Air Mancur Sri Baduga Raja

Taman Air Mancur Sri Baduga Raja merupakan tempat wisata yang lokasinya ada di Jalan Lodaya Kampung Baru Nomor 46, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta yang lokasinya masih berada di pusat kota sehingga tidak akan sulit untuk mencapainya. Tempat wisata ini sering disebut sebagai taman air mancur terbesar yang ada di Asia Tenggara di mana Anda akan bisa menyaksikan tarian air mancur setinggi 6 meter yang diiringi efek cahaya. Anda tidak perlu membayar untuk menyaksikannya, tempat wisata ini buka mulai pukul 05.00-09.00 dan 17.00-19.00 WIB.

  1. Grama Tirta Jatiluhur

Tempat wisata ketiga yang bisa dikunjungi adalah Grama Tirta Jatiluhur yang beralamat di Desa Margalaksana, Kecamatan Cipeundeuy, Purwakarta yang mana letaknya tidaklah jauh dari Waduk Jatiluhur. Perlu Anda ketahui bahwa Grama Tirta Jatiluhur adalah kawasan wisata terpadu di mana Anda bisa menemukan beberapa wahana menarik dan fasilitas outbond yang lengkap. Grama Tirta Jatiluhur buka dari pagi hingga sore hari dengan tiket masuk seharga 20 ribu per orang.

  1. Panenjoan

Panenjoan merupakan tempat wisata keempat yang terletak di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojang yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota Purwakarta. Nama Panenjoan berasal dari bahasa Sunda yang berarti tempat memandang yang mana para wisatawan akan bisa menyaksikan panorama alam dari atas ketinggian. Panenjoan buka mulai dari pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk 5 ribu rupiah per orang.

  1. Desa Wisata Sejuta Batu

Tempat wisata kelima yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Desa Wisata Sejuta Batu yang berlokasi di Desa Pesanggaran, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta yang bisa Anda capai menggunakan kendaraan umum dari pusat kota. Desa Wisata Sejuta Batu sendiri sangat sesuai bagi Anda yang menyukai wisata adventure, selain itu Anda juga bisa menyaksikan panorama Gunung Salasih dan Gunung Batok. Desa Wisata Sejuta Batu buka selama 24 jam, Anda juga tidak dikenakan biaya sama sekali.

  1. Pasanggrahan Pajajaran

Pasanggrahan Pajajaran merupakan tempat wisata keenam yang lokasinya berada di Jalan Gandanegara, Kabupaten Purwakarta, Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi dari Kota Purwakarta untuk mengunjunginya. Pasanggrahan Pajajaran adalah sebuah bangunan yang mengusung konsep bernuansa etnis Sunda yang dipadukan dengan seni arsitektur modern di beberapa bagiannya. Pasanggrahan Pajajaran buka pukul 06.00-09.00 dan 16.00-20.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

  1. Sungai Cikondang

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Sungai Cikondang yang letaknya berada di Kampung Tanjak Nangsi, Desa Raharja, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Sungai Cikondang sangatlah sesuai bagi Anda yang menyukai petualangan seru, pasalnya Anda akan bisa melakukan body rafting menyusuri sungai ini. Anda bisa mengunjungi Sungai Kondang antara pukul 08.00-16.00 WIB dengan tarif 60 ribu per orang untuk melakukan body rafting.

  1. Mata Air Cijanunan

Mata Air Cijanunan lokasinya berada di Kampung Cijanunan, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong yang mana telah tersedia beberapa moda transportasi yang akan mengantar Anda ke lokasi wisata. Anda akan bisa menemukan kolam dengan ukuran 10×6 meter dengan air yang berasal dari mata air alami yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Mata Air Cijanunan buka pukul 08.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu per orang.

  1. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas letaknya ada di Kampung Babakan, Desa Garokgek, Kecamatan Kiarapedes di mana Anda bisa menggunakan beberapa moda transportasi umum dari Purwakarta. Sungai Cidomas juga sering disebut dengan nama Blue River karena airnya yang berwarna kebiruan di mana Anda bisa berenang dan bermain air di dalamnya sambil menyaksikan panorama alam di sekitarnya. Sungai Cidomas bisa Anda kunjungi setiap saat, Anda juga tidak akan dikenakan biaya apapun.

  1. Sungai Ciherang

Selain Sungai Cidomas, Anda juga bisa mengunjungi Sungai Ciherang yang berlokasi di Cijambu, Tanjung Sari yang mana akses jalan menuju tempat wisata ini tergolong cukup mudah. Sungai Ciherang juga sangat sesuai bagi Anda yang menyukai wisata petualangan karena Anda akan bisa melakukan body rafting di sungai ini sambil menikmati panoramanya. Anda bisa mengunjungi Sungai Ciherang dengan tarif 10 ribu per orang mulai dari pukul 08.00-18.00 WIB.

  1. Curug Suhada

Tempat wisata selanjutnya yang juga tidak boleh dilewatkan adalah Curug Suhada yang lokasinya berada di Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani yang bisa Anda tempuh dalam waktu sekitar satu jam dari Kota Purwakarta. Curug Suhada sendiri adalah sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 7 meter, Anda bisa merasakan kesegaran air terjun sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya. Curug Suhada buka selama 24 jam setiap harinya, Anda juga tidak akan dikenakan tarif untuk menyaksikan keindahannya.

  1. Curug Tilu

Selain Curug Suhada, Anda juga bisa mengunjungi Curug Tilu yang lokasinya berada di Kampung Ciririp, Desa Kartamanah, Kecamatan Sukasari yang akses jalan menuju lokasinya sudah tergolong baik. Air terjun di Curug Tilu tidaklah terlalu tinggi, namun memiliki kondisi alam yang masih sangat asri dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Anda bisa berkunjung kapan saja karena Curug Tilu buka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis.

  1. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta yang lokasinya tidaklah terlalu jauh dari pusat kota. Situ Wanayasa adalah sebuah danau dengan air yang jernih dan kondisi alam yang masih asri, selain itu Anda juga bisa menyaksikan Gunung Burangrang di kejauhan. Situ Wanayasa bisa Anda kunjungi selama 24 jam tanpa dikenakan biaya apapun.

  1. Curug Cipurut

Tempat wisata yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah Curug Cipurut yang lokasinya ada di Desa Sumurugul, Kecamatan Babakan, Kabupaten Purwakarta yang rutenya bisa Anda akses dari Kota Purwakarta. Anda akan bisa menemukan tiga buah air terjun yakni air terjun utama setinggi 25 meter serta dua air terjun lainnya yang lebih kecil, Anda bisa bermain air di bawahnya. Curug Cipurut juga bisa dikunjungi selama 24 jam dengan tarif masuk 3 ribu rupiah.

  1. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan lokasinya berada di Jalan Raya Wanayasa, Desa Taringgul, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta yang mana akses jalannya tergolong mudah. Giri Tirta Kahuripan sendiri merupakan sebuah tempat wisata berupa kolam pemandian yang terletak di atas bukit sehingga akan memberikan pengalaman tersendiri, Anda juga bisa menemukan berbagai wahana permainan seru. Giri Tirta Kahuripan mulai buka pukul 08.00 WIB dengan tarif masuk 20 ribu rupiah.

  1. Goa Jepang

Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, maka Anda bisa mengunjungi Goa Jepang yang berada di Gunung Gokaramai, Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes yang mana bisa Anda akses dari Kota Purwakarta. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa menemukan sebuah goa peninggalan Jepang dengan lebar 2 meter dan tinggi 1,5 meter, Anda akan bisa menyusuri goa sepanjang kurang lebih 300 meter. Goa Jepang buka mulai pukul 9 pagi, Anda tidak akan dikenakan tarif masuk.

  1. Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered merupakan tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Anda bisa menggunakan berbagai moda transportasi yang tersedia. Sesuai dengan namanya, di kecamatan inilah Anda akan bisa menemukan industri keramik terbesar di Purwakarta yang produknya bahkan telah diekspor ke luar negeri. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk masuk ke Sentra Keramik Plered.

  1. Taman Pancawarna

Taman Pancawarna lokasi persisnya berada di Jalan Ganda Negara, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta yang lokasinya masih berada di dalam kota sehingga bisa Anda capai dengan mudah. Anda akan bisa menyaksikan taman yang sejuk dan tertata dengan rapi, Anda juga akan bisa menemukan air mancur dan patung harimau yang menjadi ciri khas taman ini. Taman Pancawarna buka mulai pukul 8 pagi dengan tiket masuk gratis.

  1. Ujung Aspal

Tempat wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Ujung Aspal yang yang lokasinya berada di Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiara Pedes di mana akses jalannya terbilang mudah untuk dilalui. Ujung Aspal menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona dengan banyaknya pohon pinus yang tumbuh di kawasan ini, selain itu Anda juga bisa berkemah di area yang telah disediakan. Ujung Aspal buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 3 ribu rupiah.

  1. Gunung Lembu

Objek wisata alam Gunung Lembu lokasinya ada di Desa Panyindangan, Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang memiliki ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Karena tidak terlalu tinggi, maka Gunung Lembu sangatlah sesuai untuk didaki oleh para pendaki pemula dengan waktu tempuh sekitar 4 jam, Anda akan disuguhi oleh panorama alam yang sangat indah. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mendaki Gunung Lembu.

  1. Gunung Bangkok

Selain Gunung Lembu, Anda juga bisa mendaki Gunung Bangkok yang lokasinya berada di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta. Gunung Bangkok memiliki ketinggian 875 meter di atas permukaan laut yang mana juga sangat sesuai untuk para pendaki pemula karena medannya yang tidak terlalu berat, Anda akan bisa menyaksikan panorama dari ketinggian. Anda tidak perlu membayar untuk mendaki Gunung Bangkok, sebaiknya Anda mendaki gunung ini pada pagi hari.

  1. Bukit Pinus Panyawangan Kiarapedes

Bukit Pinus Panyawangan Kiarapedes juga tidak boleh Anda lewatkan, tempat wisata ini lokasinya berada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes yang mana rute perjalanannya cukup mudah untuk ditempuh oleh para wisatawan. Sesuai dengan namanya, Anda akan menyaksikan hutan pinus yang sangat asri, selain itu Anda juga akan bisa menemukan air terjun di kawasan hutan ini. Bukit Pinus Panyawangan Kiarapedes buka selama 24 jam dengan tarif masuk gratis.

  1. Bale Panyawangan

Tempat wisata selanjutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Bale Panyawangan yang letaknya berada di Nagritengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta yang lokasinya ada di dalam kota sehingga bisa dicapai dengan mudah. Bale Panyawangan merupakan sebuah museum sejarah dari Kabupaten Purwakarta di mana Anda akan bisa menyaksikan berbagai diorama lengkap dengan cuplikan videonya. Bale Panyawangan buka pada pukul 09.00-15.00 WIB dengan tarif masuk 5 ribu rupiah per orang.

  1. Kampung Sadang

Kampung Sadang lokasi persisnya berada di Jalan Veteran, Gang Buana Indah, Desa Mulya Mekar, Kecamatan Babakancikao yang letaknya tidaklah jauh dari pusat kota Purwakarta. Kampung Sadang sendiri mengusung konsep agrowisata  yang sangat sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi untuk mengenal lebih jauh mengenai pertanian dan perkebunan. Perlu Anda ketahui bahwa Kampung Sadang buka pada pukul 7 pagi dengan tiket masuk sebesar 150 ribu per orang.

  1. Curug Ponggang

Curug Ponggang adalah sebuah tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Sukajaya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta yang mana letaknya cukup jauh dari pusat kota. Curug Ponggang sendiri berbeda dengan air terjun lainnya di mana air di Curug Ponggang keluar dari beberapa gorong-gorong alami dengan aliran yang deras, lingkungan di sekitar curug ini juga sangatlah asri. Curug Ponggang buka pada pagi hari di mana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk menyaksikannya.

  1. Mata Air Cisaladah

Mata Air Cisaladah merupakan tempat wisata yang terletak di Kampung Cikarang, Desa Gandasari, Kecamatan Bojong yang rutenya bisa Anda tempuh dari Kota Purwakarta. Anda akan bisa menyaksikan sebuah kolam dengan air yang sangat jernih, Anda bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan ikan mas yang hidup di dalamnya. Mata Air Cisaladah buka mulai pukul 08.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

  1. Situ Cikamar

Tempat wisata berikutnya yang juga bisa Anda kunjungi adalah Situ Cikamar yang beralamat di Kampung Tanjung, Desa Cijunti, Kecamatan Campaka yang jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota Purwakarta. Situ Cikamar adalah sebuah danau dengan air yang sangat jernih, danau ini sering dijadikan sebagai objek foto dan juga tempat untuk memancing ikan. Situ Cikarang buka selama 24 jam, Anda tidak akan dikenakan tarif apapun.

Apabila Anda memiliki rencana untuk liburan di Purwakarta, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata yang telah disebutkan pada artikel di atas.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments