by

Ini 26 Tempat Wisata di Solo yang tak boleh ketinggalan jika berlibur ke Solo

Tempat Wisata di Solo – Solo atau Surakarta merupakan nama dari sebuah kota yang masih berada di Propinsi Jawa Tengah, kota yang satu ini juga dikenal sebagai jantung dari budaya Jawa. Secara geografis, wilayah Solo sangatlah strategis karena lolasinya berada di tengah perlintasan jalur utama yang menghubungkan beberapa kota penting di Pulau Jawa seperti Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Jakarta, dan beberapa kota lainnya. Nama Solo berasal dari nama sebuah desa yakni Sala yang pada jaman dahulu pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Mataram.

Selain lokasi wilayahnya yang sangat strategis, Solo juga menyimpan potensi wisata yang tergolong sangat besar. Hal tersebut menjadikan Solo sebagai salah satu tujuan wisata yang populer di Propinsi Jawa Tengah, Anda akan bisa menemukan banyak tempat wisata menarik yang mana hal ini tentu saja akan bisa menjadi magnet bagi para wisatawan baik domestik maupun asing untuk mengunjunginya. Apabila Anda belum menentukan destinasi pada  saat liburan, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Solo seperti di bawah ini.

26 Tempat Wisata di Solo

  1. Kampung Batik Laweyan
Obyek Wisata Kampung Batik Laweyan

Tempat wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Kampung Batik Laweyan yang beralamat di Jalan Dr Radjiman Nomor 521, Laweyan, Surakarta yang mana aksesnya terbilang sangat mudah. Anda akan menemukan sebuah kampung seluas 24 hektar yang terbagi menjadi 3 blok dimana sebagian besar penduduknya merupakan pengrajin batik, Anda bisa menyaksikan proses pembuatan batik dan juga membeli batik. Kampung Batik Laweyan dibuka setiap hari dengan tiket masuk gratis.

  1. Pasar Klewer
Obyek Wisata Pasar Klewer

Bagi Anda yang suka belanja, maka Anda harus mengunjungi Pasar Klewer yang berada di Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah. Perlu Anda ketahui bahwa Pasar Klewer adalah pasar tekstil terbesar di kawasan Asia Tenggara, sebagian besar produk yang dijual di sini adalah kain batik dan beberapa produk fashion lainnya. Pasar Klewer buka pada pukul 08.00-17.00 WIB, Anda akan bisa memilih berbagai macam kain batik dengan harga yang bervariasi.

  1. Museum Purbakala Sangiran
Obyek Wisata Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran beralamat di Kalijambe, Sragen, Krikilan yang mana bisa Anda tempuh melalui rute Solo – Karanganyar – Kalijambe. Museum Purbakala Sangiran telah diresmikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO di mana di kawasan Kubah Sangiran ini telah ditemukan beberapa fosil manusia purba serta berbagai macam peralatan yang digunakannya. Museum Purbakala Sangiran buka pada pukul 08.00-16.30 WIB dengan tarif masuk 5 ribu untuk wisatawan domestik dan 7500 untuk wisatawan asing.

  1. Museum Radya Pustaka
Obyek Wisata Museum Radya Pustaka

Tempat wisata keempat yang juga bisa Anda kunjungi yakni Museum Radya Pustaka yang lokasi persisnya ada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi, Sriwedari, Laweyan, Surakarta. Di museum ini Anda akan bisa melihat berbagai macam benda peninggalan sejarah dari Keraton Mataram seperti arca, keramik, gamelan, wayang kulit, keris, dan sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa Museum Radya Pustaka buka pada pukul 07.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Pasar Antik Triwindhu
Obyek Wisata Pasar Antik Triwindhu

Pasar Antik Triwindhu menjadi tempat wisata kelima yang juga bisa dikunjungi, tempat wisata ini berlokasi di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Sesuai dengan namanya, Pasar Antik Triwindhu merupakan tempat di mana Anda bisa membeli berbagai macam benda-benda antik seperti lampu antik, cermin antik, gelas antik, lukisan kuno, keris, dan benda antik lainnya. Pasar Antik Triwindhu buka pada pukul 09.00-16.00 WIB setiap harinya.

  1. Kampung Batik Kauman
Obyek Wisata Kampung Batik Kauman

Tempat wisata berikutnya adalah Kampung Batik Kauman yang terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah yang masih berada di dalam kota. Anda akan bisa menemukan banyak showroom yang memamerkan kain batik, selain itu Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung di Kampung Batik Kauman dan membeli batik sebagai oleh-oleh. Kampung Batik Kauman dibuka untuk umum selama 24 jam di mana Anda tidak akan dikenakan tarif apapun.

  1. Museum Batik Danar Hadi
Obyek Wisata Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi lokasi persisnya berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261, Laweyan, Surakarta yang akses jalannya terbilang mudah. Museum ini sangatlah sesuai untuk dikunjungi para pecinta batik karena Anda akan bisa menemukan berbagai macam batik yang berasal dari seluruh penjuru Nusantara mulai dari batik klasik hingga kontemporer. Museum Batik Danar Hadi buka pada pukul 09.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk 15 ribu untuk pelajar dan 25 ribu untuk umum.

  1. Alun-Alun Kidul
Obyek Wisata Alun-Alun Kidul

Destinasi wisata berikutnya yang juga bisa dikunjungi yakni Alun-Alun Kidul yang berlokasi di Gajahan, Pasar Kliwon, Surakarta yang bisa diakses dari Jalan Tirtonadi. Anda akan bisa menemukan dua pohon beringin besar yang sering digunakan untuk melakukan ritual topo bisu, konon hanya orang yang bersih saja yang bisa melewati kedua beringin tersebut. Alun-Alun Kidul juga sering dijadikan sebagai tempat rekreasi dan olahraga. Alun-Alun Kidul dibuka selama 24 jam dan Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

  1. Taman Sriwedari
Obyek Wisata Taman Sriwedari

Taman Sriwedari beralamat di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah di mana Anda bisa mencapainya melalui Jalan Hasanuddin. Perlu Anda ketahui bahwa Taman Sriwedari adalah sebuah taman yang sudah ada sejak jaman Pakubuwana X, taman yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan tradisi Malam Selikuran. Anda juga bisa menemukan Gedung Wayang Orang Sriwedari, taman ini dibuka pada pukul 10.00-22.00 WIB dengan tarif masuk 12 ribu per orang.

  1. Ngarsopuro Night Market
Obyek Wisata Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market terletak di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta yang bisa diakses melalui rute Jalan Reksoniten dan Jalan Yos Sudarso. Ngarsopuro Night Market sangat sesuai bagi Anda yang hobi berbelanja di mana Anda akan bisa menemukan produk fashion, benda kerajinan, jajanan, batik, dan sebagainya. Namun Ngarsopuro Night Market hanya buka pada malam Minggu saja yakni pada pukul 16.00-23.00 WIB dengan tiket masuk gratis.

  1. Taman Cerdas Kelurahan Jebres
Obyek Wisata Taman Cerdas Kelurahan Jebres

Destinasi wisata berikutnya yang juga harus Anda kunjungi yakni Taman Cerdas Kelurahan Jebres yang lokasinya ada di Jalan Ki Hajar Dewantara RT 02 RW 25, Jebres, Kota Surakarta. Taman Cerdas sendiri adalah sebuah tempat wisata edukasi yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap seperti gedung kesenian, teater terbuka, gedung IT, dan taman rekreasi. Taman Cerdas dibuka pada pukul 08.00-22.00 WIB, Anda tidak akan dikenakan tarif masuk.

  1. Benteng Vastenburg
Obyek Wisata Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg lokasinya berada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Kota Surakarta yang bisa diakses dari Jalan Kapten Mulyadi. Perlu Anda ketahui bahwa Benteng Vastenburg merupakan bangunan bersejarah peninggalan kolonial yang dibangun pada tahun 1745, benteng ini didirikan agar pihak Belanda bisa mengawasi wilayah Surakarta, benteng ini telah mengalami restorasi. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasukinya, Benteng Vastenburg buka selama 24 jam setiap harinya.

  1. Monumen Pers Nasional
Obyek Wisata Monumen Pers Nasional

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Monumen Pers Nasional yang alamatnya berada di Jalan Gajah Mada, Timuran, Banjarsari, Surakarta. Monumen Pers Nasional merupakan sebuah museum yang didirikan pada tahun 1978, Anda akan bisa menyaksikan berbagai macam benda koleksi yang berkaitan dengan dunia pers Indonesia seperti misalnya koran, majalah, dan lainnya. Monumen Pers Nasional buka pada pukul 08.00-16.00 WIB, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

  1. Taman Patung Kuda Manahan
Obyek Wisata Taman Patung Kuda Manahan

Taman Patung Kuda Manahan beralamat di Jalan MT Haryono, Manahan, Banjarsari, Surakarta yang bisa diakses melalui Jalan Doktor Moewardi. Taman Patung Kuda Manahan merupakan sebuah taman yang sering digunakan sebagai tempat rekreasi dan olahraga, Anda akan bisa menemukan patung kereta kuda yang menjadi ikon dari taman ini, taman ini rencananya akan dikembangkan sebagai pusat hiburan dan rekreasi. Taman Patung Kuda Manahan dibuka setiap hari dengan tiket masuk gratis.

  1. Taman Balekambang
Obyek Wisata Taman Balekambang

Selain Taman Patung Kuda Manahan, Anda juga bisa mengunjungi Taman Balekambang yang lokasi persisnya ada di Jalan Balekambang Nomor 1, Banjarsari, Manahan, Kota Surakarta. Anda akan bisa menemukan dua pintu utama yakni Partinah Bosch yang merupakan sebuah hutan kota serta Partini Tuin yang merupakan sebuah kolam air, pada jaman dahulu taman ini tidak dibuka untuk umum. Taman Balekambang buka pada pukul 07.00-18.00 WIB setiap harinya dengan tiket masuk 12 ribu per orang.

  1. Kebun Binatang Jurug
Obyek Wisata Kebun Binatang Jurug

Tempat wisata selanjutnya yakni Kebun Binatang Jurug yang lokasinya berada di Jalan Insinyur Sutami Nomor 40, Jebres, Surakarta yang masih berada di dalam kota. Kebun Binatang Jurug atau sering disebut juga sebagai Taman Wisata Waru sangat sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga di mana Anda akan bisa menyaksikan berbagai koleksi fauna yang sangat beragam, Anda juga bisa menemukan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Kebun Binatang Jurug buka pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk 7 ribu rupiah.

  1. Pandawa Water World
Obyek Wisata Pandawa Water World

Pandawa Water World alamatnya ada di Gedangan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah yang mana bisa Anda tempuh dari pusat kota Solo. Pandawa Water World merupakan sebuah taman bermain air terbesar yang ada di Jawa Tengah dan DIY, Anda akan bisa menemukan 27 wahana permainan yang sangat menarik seperti misalnya  action rider, fantastic, wave pool, sight tower, dan sebagainya. Pandawa Water World dibuka pada pukul 08.00-17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 80 ribu pada hari biasa dan 100 ribu pada hari libur.

  1. Grojogan Sewu
Obyek Wisata Grojogan Sewu

Objek wisata berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Grojogan Sewu yang lokasinya ada di Tawangmangu, Karanganyar yang mana bisa Anda akses dari Kota Solo. Grojogan Sewu merupakan tempat wisata yang sangat populer, pasalnya tempat wisata ini menyajikan sebuah air terjun dengan panorama alam yang sangat indah serta udaranya yang sejuk karena banyaknya pohon yang tumbuh di sekitarnya. Grojogan Sewu buka pada pukul 06.00-17.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 15 ribu untuk wisatawan domestik dan 160 ribu untuk wisatawan asing.

  1. Pura Mangkunegaran
Obyek Wisata Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran merupakan objek wisata yang beralamat di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta yang bisa diakses dari Jalan Raden Mas Said. Perlu Anda ketahui bahwa Pura Mangkunegaran adalah tempat kediaman dari Pangeran Adipati Arya Mangkunegara yang masih terjaga sesuai dengan aslinya, Anda juga bisa menemukan sebuah perpustakaan yang bernama Rekso Pustoko. Pura Mangkunegaran buka pada pukul 10.00-15.00 WIB dengan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang.

  1. Museum Keraton Surakarta
Obyek Wisata Museum Keraton Surakarta

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Museum Keraton Surakarta yang beralamat di Jalan Sidikoro, Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta. Sesuai dengan namanya, museum ini menyajikan berbagai macam benda bersejarah peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta sehingga Anda akan lebih mengenal sejarah keraton. Museum Keraton Surakarta dibuka untuk umum pada pukul 09.00-15.00 WIB dengan tarif masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Solo Square
Obyek Wisata Solo Square

Bagi Anda yang menyukai wisata belanja, maka tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Solo Square yang terletak di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 451-455, Laweyan, Pajang, Surakarta yang mana lokasinya masih berada di tengah kota. Solo Square sendiri merupakan sebuah mall yang besar di mana Anda akan menemukan berbagai macam produk dengan harga yang sangat bervariasi, mall yang satu ini sangatlah populer di Kota Solo. Perlu Anda perhatikan bahwa Solo Square buka pada pukul 10.00-22.00 WIB setiap harinya.

  1. Pasar Gede Hardjonagoro
Obyek Wisata Pasar Gede Hardjonagoro

Setelah berbelanja di mall, Anda juga bisa mngunjungi Pasar Gede Hardjonagoro yang lokasi persisnya berada di Jalan Urip Sumoharjo, Jebres, Sudiroprajan, Kota Surakarta. Perlu Anda ketahui bahwa Pasar Gede Hardjonagoro merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Solo yang masih mempertahankan arsitektur aslinya, Anda akan menemukan berbagai macam produk yang biasa dijual pada pasar tradisional pada umumnya. Pasar Gede Hardjonagoro sendiri buka mulai pukul 06.00-19.00 WIB setiap harinya.

  1. Pusat Grosir Solo
Obyek Wisata Pusat Grosir Solo

Solo memang memiliki banyak tujuan wisata belanja, salah satunya adalah Pusat Grosir Solo yang beralamat di Jalan Mayor Sunaryo Nomor 1, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta. Sesuai dengan namanya, Pusat Grosir Solo merupakan pusat perbelanjaan di mana Anda bisa membeli produk secara grosir maupun eceran dengan harga yang murah, pusat perbelanjaan ini juga memiliki fasilitas yang lengkap demi kenyamanan pengunjung. Perlu Anda ketahui bahwa Pusat Grosir Solo buka pada pukul 09.00-16.00 WIB.

  1. Museum Keris
Obyek Wisata Museum Keris

Museum Keris beralamat di Jalan Bhayangkara, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta yang mana bisa Anda akses melalui Jalan Hasanudin dan Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Museum Keris sangatlah sesuai untuk dijadikan sebagai wisata edukasi, pasalnya Anda akan bisa menemukan berbagai macam koleksi keris yang mana merupakan sejenis pedang pendek dengan tekstur bergelombang yang menjadi senjata tradisional Indonesia. Museum Keris buka pada pukul 08.30-13.00 WIB dengan harga tiket masuk 5 ribu per orang.

  1. Agrowisata Sondokoro
Obyek Wisata Agrowisata Sondokoro

Destinasi wisata berikutnya yang bisa dikunjungi adalah Agrowisata Sondokoro yang alamatnya ada di Jalan Mangkunegara, Bojonegara, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta. Agrowisata Sondokoro merupakan sebuah objek wisata dengan konsep yang terpadu, objek wisata ini menyajikan alam yang asri dengan banyaknya pepohonan, selain itu Anda juga bisa menemukan beberapa wahana permainan yang menarik. Agrowisata Sondokoro buka pada pukul 08.00-17.00 WIB setiap hari dengan tarif masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

  1. Solo Grand Mall
Obyek Wisata Solo Grand Mall

Solo Grand Mall lokasi persisnya berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 273, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Selain Solo Square, Anda bisa mengunjungi mall yang satu ini di mana Solo Grand Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan modern yang sangat lengkap, Anda juga bisa berwisata kuliner di area food court. Solo Grand Mall buka pada pukul 09.00-21.00 WIB setiap harinya.

Apabila Anda ingin menghabiskan waktu liburan di Kota Solo, maka Anda tidak boleh melewatkan beberapa tempat wisata menarik yang ada di atas.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *