Jawa Barat Travel

25 Daftar Tempat Wisata di Subang yang lagi Trend saat ini, Yuk simak ulasannya

Tempat Wisata di Subang – Subang memiliki berbagai macam variasi tempat wisata yang memukau. Kekayaan alam yang dimiliki kabupaten di Jawa Barat ini memang tak boleh dipandang sebelah mata. Air terjun, aneka macam pemandian air panas, hingga desa wisata tersedia di kawasan kabupaten satu ini. Subang memiliki lokasi yang strategis. Di sebelah utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Sedangkan di sebelah timur dan tenggara terdapat kawasan indramayu serta Sumedang. Subang juga berbatasan langsung dengan Bandung Barat di sebelah selatan dan Purwakarta di sebelah Barat.

Lokasinya yang berdekatan dengan berbagai macam kabupaten lainnya membuat daerah satu ini sangat strategis. Tempat-tempat wisata yang ada disekitarnya juga masih mudah dijangkau. Hampir sebagian besar didominasi oleh wisata-wisata khas pegunungan. Namun khusus di area utara Subang, anda juga bisa menjumpai wisata pantai dan sejumlah pilihan destinasi dengan konsep lainnya. berkunjung ke Subang juga sangat rekomended karena sangat mudah dijangkau dari ibukota. Nah, berikut ini berbagai macam ulasan selengkapnya untuk daftar tempat wisata di Subang.

Berikut adalah Daftar Tempat Wisata di Subang :

  1. Wisata Air Panas Ciater

Wisata Air Panas Ciater

Wisata air panas yang berada di Desa Ciater, Kecamatan Ciater ini memiliki sumber air panas dari kawasan pegunungan Tangkuban Perahu. Luas wilayah air panas satu ini sebesar 30 hektar dengan fasilitas yang sangat memadai. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat istirahat, penginapan, sampai spot kuliner disekitarnya. Udara dan pemandangan alam khas pegunungannya makin menambah daya tarik kawasan wisata alam ini. Alamat tepatnya di Jalan Raya Ciater-Subang sekitar 11 menit dari kawasan wisata Tangkuban Perahu. Jam bukanya setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 dengan tiket masuk area pemandian 22 ribu rupiah dan kolam air panas utama sebesar 80 ribu rupiah.

  1. Kawah Tangkuban Perahu

Kawah Tangkuban Perahu

Objek wisata yang berada di ketinggian 2084 mdpl ini juga sayang untuk dilewatkan. Udaranya yang sejuk membuat siapapun betah berlama-lama. Ditambah pemandangan kawah dengan latar bebatuan yang unik makin membuat wisatawan sangat terkesan. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, anda mesti berkendara selama 41 menit ke arah Selatan Bandung. Di sekitar kawasan anda bisa menjumpai aneka fasilitas. Seperti Camping Ground, cafetaria, toko cinderamata, dsb. Lokasinya yang berbatasan dengan Bandung membuat wisata dengan tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah ini cukup mudah untuk dijangkau.

  1. Capolaga Adventure Camp

Wisata alam Capolaga Adventure Camp

Wisata alam yang menawarkan keindahan ekosistem Sungai Cimunja dan air terjunnya ini beralamat di Desa Cicadas Panaruban, Kecamatan Sagalaherang, Subang. Air terjun, sungai dan segala keindahan alam lainnya dikelola secara unik. Selain itu disekitarnya juga dijumpai area gua yang makin menambah potensi alamnya. Fasilitas modern seperti outbond, outing, spot olahraga, kolam pemancingan, sampai bumi perkemahan juga bisa anda dapati. Anda harus menempuh perjalanan selama 45 menit dari pusat kota Subang. Atau jika ditempuh dari Bandung, perjalanannya memerlukan waktu 1.6 jam. Wisata alam yang buka setiap hari dari pukul 6 sampai 18 petang ini memiliki harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah.

  1. Curug Agung

Objek Wisata Curug Agung

Wisata air terjun semakin melengkapi potensi pariwisata yang dimiliki kawasan Subang. Lokasinya di Desa Curug Agung, Sagalaherang, Subang. Wisata alam dengan curug yang memiliki air jernih ini juga menyediakan area kolam air panas yang dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tersedia pula aneka fasilitas lain mulai dari sarana rekreasi anak, bumi perkemahan, spot kuliner, hingga rest area. Untuk sampai ke lokasi wisata, anda bisa melalui Kecamatan Sagalaherang atau Dawuan dengan jarak tempuh 32 menit dari pusat kota Subang. Sedangkan jika dari Bandung, tempat wisata alam ini bisa ditempuh dalam waktu 91 menit dengan tiket masuk sebesar 2 ribu rupiah serta parkit sekitar 5 ribu rupiah. Jam bukanya setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 18.00.

  1. Desa Wisata Sari Bunihayu

Objek Wisata Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa wisata yang berada di Selatan Kota Subang ini berada di ketinggian 500-1700 mdpl. Luasnya sekitar 3 hektar yang telah diresmikan sejak 2002 lalu. Konsep wisata alam dan seni ini menjadi perpaduan yang menarik. anda bisa melupakan penat sejenak sembari menikmati panorama alam yang disuguhkannya. fasilitasnya sangat memadai. Antara lain villa dengan tarif 300 ribu sampai 1.1 juta rupiah. Selain itu tersedia pula kolam ikan berukuran 10×20 meter, rumah makan, outbond spot, hingga sarana rekreasi anak. Anda bisa menempuh perjalanan melalui Jalan regional Subang-Bandung untuk sampai ke kawasan wisata alam ini.

  1. Curug Cileat

Objek Wisata Curug Cileat

Untuk menuju kawasan air terjun di ketinggian 100 mdpl ini, anda bisa menempuh perjalanan sekitar 37 km ke arah selatan pusat kota Subang. Jika dari arah Bandung, perjalanan memerlukan jarak sekitar 63 km ke utara. Wisata alam yang berada di kaki gunung ini menawarkan panorama alam yang menawan. Udaranya sangat sejuk ditambah air terjunnya sangat jernih. Air terjun dengan latar belakang tebing hijau ini juga memantulkan sinar matahari sehingga membentuk bias warna pelangi. Di sekitarnya anda bisa bermain air, camping, hingga bersantai di rest area yang sudah disediakan.

  1. Peternakan Buaya Blanakan

Objek Wisata Peternakan Buaya Blanakan

Peternakan yang menangkarkan buaya sekitar 200 ekor lebih ini bisa menjadi alternatif wisata menarik di kawasan Subang. Selain melihat proses penangkaran reptil raksasa ini, anda juga bisa menonton atraksi buaya dari balkon khusus. Selain itu ada pula kawasan hutan Tegaltangkil yang makin menambah fasilitas tempat wisata alam ini. Jangan lupa mampir ke spot kulinernya karena banyak sajian makanan khas laut dan sunda yang bisa anda cicipi. Anda juga bisa menyewa perahu boat untuk berkeliling di sekitar area hutan mangrove. Wisata dengan berbagai fasilitas ini berlokasi di Kabupaten Subang Utara atau daerah Pantura dengan tiket masuk sebesar 11 ribu rupiah yang berlaku setiap hari.

  1. Pantai Kalapa Patimban

Objek Wisata Pantai Kalapa Patimban

Di daerah Subang Utara juga tersedia wisata bahari yaitu Pantai Kalapa Patimban. Pantai dengan ombak yang tidak terlalu ganas ini cocok sebagai pilihan liburan keluarga. anda bisa bermain sepak bola, sky boat, volly pantai, hingga memancing. Pemandangan alamnya yang indah bisa anda manfaatkan sebagai latar tempat foto yang menarik. tersedia spot kuliner, area parkir luas, hingga rest area. Pantai dengan karakteristik landai ini bisa anda tempuh dari pusat kota Subang ke arah Utara dengan waktu 41 menit. Sedangkan jika melalui Bandung, anda bisa menempuh perjalanan sekitar 2.6 jam. Jam buka pantai hampir 24 jam setiap hari dengan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah.

  1. Pantai Pondok Bali Subang

Wisata Pantai Pondok Bali Subang

Pantai berpasir hitam kecoklatan ini berada di Desa Mayangan, Kecamatan Legonkulon Subang. Destinasi wisata dengan ombak yang cukup tenang ini cocok disambangi bagi yang ingin mencoba berenang di pantai. Anda pun bisa memancing, bermain pasir, hingga berkeliling perairan menggunakan perahu boat. Panorama matahari tenggelamnya makin membuat pantai di pesisir utara Jawa ini kian menawan. Area parkirnya sangat luas ditambah spot kuliner dan cinderamata yang sudah tersedia. Anda bisa masuk melalui tol Cikopo ke arah Pantura dengan perjalanan sekitar 2.6 jam dari Jakarta.

  1. Curug Cijalu

Objek Wisata Curug Cijalu

Air terjun setinggi 70 meter ini juga memiliki area camping ground di bawah hutan pinus. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan membuat tempat wisata satu ini memiliki udara yang sangat sejuk. Di kawasan air terjun dengan debit air deras ini juga terdapat Curug Putri dengan jarak 100 meter dan Curug Cilemper sejauh 500 meter. Air terjun dengan pemandangan asri ini memiliki medan yang cukup terjal. Namun lelahnya fisik terbayar tunai dengan pemandangan alamnya yang memukau. Lokasi air terjun dengan tiket masuk 5 ribu rupiah ini berada di Desa Cipancar, Kecamatan Serang Panjang. Anda bisa masuk ke Jalan Raya Wanayasa-Jalan Cagak kemudian mengarah ke Wisata Cijalu dengan jarak 3 km.

  1. Desa Wisata Wangunharja

Objek Wisata Desa Wisata Wangunharja

Destinasi wisata keluarga ini menawarkan perpaduan pesona alam khas pedesaan dengan budaya adat masyarakat sekitar yang masih sangat kental. Bagi yang ingin menambah pengetahuan mengenai adat istiadat masyarakat Subang, wisata satu ini sangat cocok anda sambangi. Penginapan yang ramah pengunjung juga bisa anda dapati. Alamnya yang memesona serta air dari telaga dan danau yang jernih makin membuat para pengunjung betah. Lokasi tempat wisata dengan aneka homestay dan area parkir luas ini berada di Desa Wangunharja-Desa Wisata. Jika ditempuh dari pusat kota Subang sekitar 41 menit perjalanan dengan tiket masuk sekitar 25 ribu rupiah.

  1. Curug Cibareubeuy

Objek Wisata Curug Cibareubeuy

Air terjun setinggi 40 meter ini bisa menjadi destinasi wisata alam ketika liburan ke Subang. Selain air terjunnya yang jernih, wisata alam ini juga memiliki area Situs Purbakala sebanyak 4 buah. Di sekitarnya juga bisa dijumpai Bumi Perkemahan dan area hutan pinus. Anda pun bisa melihat langsung proses pembuatan Gula Aren yang bisa dinikmati langsung di tempat. Selain beristirahat di saung yang tersedia, anda pun bisa menikmati indahnya pepohonan dan air terjun sembari mencicipi aneka kuliner yang tersedia. Wisata alam yang buka setiap hari ini bisa anda kunjungi dari pukul 06.00 sampai 18.00. Rute yang bisa anda tempuh mulai dari Jalan Raya Ciater-Bandung kemudian arahkan kendaraan ke Desa Cibeusi yang berjarak 3 km. Setelah itu masuk dengan membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah dan menyusuri setapak sejauh 2 km.

Baca Juga :  Paket Wisata Lombok Backpacker di Bawah 200 Ribu
  1. Taman Burung Sukamandi

Objek Wisata Taman Burung Sukamandi

Subang bagian utara juga memiliki sebuah taman burung. Tepatnya di Kecamatan Sukamandi, Ciasem Subang. Kawasan wisata berupa penangkaran burung ini memiliki rimbunan pepohonan yang sejuk. Udaranya semakin terasa segar dengan adanya danau di area camping. Burung yang ditangkarkan tidak diletakan di dalam sangkar melainkan dilepas. Sore dan pagi hari adalah waktu terbaik berkunjung ke kawasan satu ini. aneka jenis burung bisa anda lihat secara langsung di alam bebas. Taman burung yang buka 24 jam ini bisa anda masuki secara gratis setiap harinya.

  1. Pemandian Tirta Alam Sagalaherang

Objek Wisata Pemandian Tirta Alam Sagalaherang

Pemandian dengan konsep unik ini berada di Kampung Cibinong, Desa Sagalaherang Kaler, Subang. Tempat wisata dengan tiket masuk sebesar 16.500 rupiah ini bisa menjadi andalan tempat berlibur keluarga. selain area pemandian dengan aneka wahana, anda juga bisa menikmati fasilitas kolam terapi ikan. Selain itu ada pula kolam khusus anak-anak dengan wahana seluncuran dan ember tumpah. Anda bisa bermain air sembari menikmati suasana sejuk pemandangan khas pegunungannya. Fasilitas pendukungnya pun sangat lengkap. Mulai dari kantin, musholla, sepeda air, hingga food court. Lokasi pemandian keluarga ini berada di pinggir jalan Sagalaherang-Cagak. Jika ditempuh dari Jalan Cagak maka jaraknya hanya sekitar 4.2 km saja.

  1. Curug Sadim

Objek Wisata Curug Sadim

Curug Sadim beralamat di Dusun Panaruban, Desa Cicadas Sagalaherang Subang. Lokasinya berdekatan dengan perkebunan teh. Anda bisa melepas penat sembari menghirup udara curug yang sangat sejuk. Pemandangan hijau terhampar di sekelilingnya. Anda pun akan dibuat kagum dengan jernih dan sejuknya air di kawasan satu ini. setelah puas menjelajah perkebunan teh, anda bisa langsung mampir ke kawasan curug dengan debit air sedang ini. Tiket masuknya sebesar 15 ribu rupiah. Untuk rutenya anda bisa mulai dari pertigaan Bandung-Ciater-Cibodas kemudian mengarah ke arah kiri menuju Desa Cicadas setelah itu tinggal ikuti papan petunjuk dan sampailah di kawasan Curug Sadim.

  1. Arung Jeram Sungai Cipunagara

Objek Wisata Arung Jeram Sungai Cipunagara

Bagi yang ingin merasakan sensasi rafting di aliran sungai yang cukup deras, wisata alam satu ini layak anda coba. Anda bisa berkunjung bersama rekan dan keluarga untuk mencoba arus Sungai Cipunagara yang sangat menantang. Sungai dengan debit air deras ini merupakan yang terpanjang di Subang. Bermain arung jeram akan tetap aman karena anda akan didampingi oleh skipper yang sudah berpengalaman. Untuk merasakan sensasi arung jeramnya, anda mesti membayar sebesar 300 ribu rupiah untuk 12 orang. Tarif tersebut sudah termasuk jasa skipper hingga aneka perlengkapannya. Lokasi arung jeram satu berada di Desa Cipanugara. Anda bisa menempuh perjalanan dari Jalan Cagak menuju desa Cipanugara. Atau melalui jalur alternatif Sumedang.

  1. Kebun Teh Ciater

Objek Wisata Kebun Teh Ciater

Selain air panasnya, kawasan Ciater juga memiliki lahan kebun teh sekitar 1 km dari Wisata Sari Ater. Destinasi wisata yang bisa anda tempuh melalui Jalan Raya Subang-Bandung ini menawarkan pesona sunrise yang memukau. Anda bisa menikmati sinar sunrise yang berwarna jingga sembari melihat hamparan perkebunan teh yang hijau segar. Selain udaranya yang sejuk, mata akan dimanjakan dengan pesona kebun teh yang terlihat seperti karpet hijau. menikmati sunrise di wisata alam ini adalah hal terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu sekitar 5 ribu rupiah.

  1. Kolam Renang Ciheuleut

Objek Wisata Kolam Renang Ciheuleut

Tidak hanya kolam renang saja. anda pun bisa menjumpai berbagai macam wahana di tempat wisata satu ini. Selain kolam renangnya, tersedia sarana outbond hingga arena bermain yang lengkap. Tempat wisata keluarga ini berada di Jalan Terusan Emo Kurnia Atmadja, BTN Ciheuleut, Kelurahan Pasirkareumbi Subang. Luas areanya sekitar 2 hektar dengan berbagai macam fasilitas yang memadai. Tiket masuknya sekitar 8 ribu rupiah untuk dewasa dan 7 ribu untuk anak-anak. untuk outbondnya sendiri dikenai tarif sebesar 45 ribu rupiah. Anda bisa menempuh perjalanan dari pusat kota dengan waktu 10 menit.

  1. Curug Bentang

Objek Wisata Curug Bentang

Lengkapi momen liburan anda dengan menyambangi Curug Bentang. Curug yang masih alami ini menawarkan kolam yang cukup luas. meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi namun tetap menawarkan panorama alam yang menawan. Lokasinya di Kampung Adat Banceuy, Desa Wisata Wangunharja, Ciater. Aliran sungainya yang membelah desa tersebut membuat curug terlihat bertingkat. Di sekitar air terjun tersebut juga tersedia petilasan Eyang Haji Pungkur yang merupakan salah satu tokoh adat di kawasan satu ini. harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah dengan jam buka dari pukul 6 sampai 18.00 WIB.

  1. Curug Mandala

Objek Wisata Curug Mandala

Berlokasi di Kampung Panaruban, Desa Cicadas Sagalaherang, wisata alam ini juga kerap disebut sebagai lokasi bidadari mandi karena alamnya yang sangat memukau. Air terjunnya bertingat dengan hamparan pemandangan hijau disekelilingnya. Untuk menikmati keindahan alam di kawasan satu ini, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja. Untuk mengakses kawasan curug satu ini, anda bisa langsung masuk ke gerbang pemandian Ciater kemudian mengarah ke Kampung Panaruban. Kemudian ikuti papan petunjuk menuju lokasi curug. Perjalanan menuju curug bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki. Disekeliling anda bisa menjumpai aneka warung makanan khas Sunda.

  1. Curug Cina

Objek Wisata Curug Cina

Wisata alam yang dengan pemandangan eksotis ini menawarkan air terjun beserta pemandian air panas dalam satu lokasi. Meskipun belum terlalu familiar namun tetap rekomended untuk anda kunjungi. air terjun setinggi 50 meter ini memiliki aliran dari anak sungai Ciasem. Debit airnya sangat deras dengan bebatuan terjal yang ada disekitarnya. Selain itu terdapat sumber mata air hangat yang bisa anda gunakan untuk berendam. Wisata dengan tiket masuk 5 ribu rupiah ini berada di Desa Parung-Curug Agung. Anda bisa menempuh perjalanan sejauh 13 km dari pusat kota Subang.

  1. Desa Wisata Cibuluh

Objek Wisata Desa Wisata Cibuluh

Bagi yang senang dengan wisata malam hari, Desa Wisata Cibuluh menawarkan konsep yang menarik sehingga layak untuk anda datangi. Anda bisa nongkrong bersama rekan di pelataran khusus sembari menonton aneka pagelaran seni. Mulai dari kacapian, karinding, hingga medar bisa anda saksikan. Selain menikmati udara malam yang sejuk, anda bisa mengenal lebih dekat budaya masyarakat di kawasan wisata ini. Pemandangan pada pagi hari pun tak kalah memukau. Anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan sawah dan aneka pepohonan hijau. Lokasinya bisa menjadi latar belakang menarik untuk aktivitas fotografi.

  1. Puncak Eurad

Objek Wisata Puncak Eurad

Dari puncak inilah anda bisa menikmati indahnya pemandangan desa yang ada disekitarnya. Udara sejuknya membuat pikiran semakin rileks. Sembari menikmati udara dan pemandangan asri, anda bisa menaiki menara pandang dan menjadikannya sebagai tempat untuk berselfie. Pemandangan bukit, hutan pinus dan kebun teh juga bisa anda saksikan dari puncak yang berada di jalur Cisalak-Cipunagara ini. Meskipun akses jalannya masih dalam perbaikian namun tempat wisata dengan tiket masuk 5 ribu rupiah ini tetap rekomended untuk anda sambangi.

  1. Curug Koleangkak

Objek Wisata Curug Koleangkak

Pemandangan air terjun satu ini sangat memukau. Warna airnya yang biru toska membuatnya beda dari yang lain. Mata air biru toskanya berasal dari organisme yang hidup didalam air serta pantulan sinar matahari disekitarnya. Wisata alam yang berada di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater ini juga memiliki kolam air yang siap mengajak anda berenang di dalamnya. Fasilitasnya terus dibenahi sehingga tempat wisata satu ini semakin layak disambangi banyak pengunjung. Dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, anda sudah bisa menikmati sensasi bermain air di kolam biru toskanya. Lokasi tepatnya di Desa Nagrak, Kecamatan Ciater. Lokasinya tak jauh dari jalan utama Desa Nagrak sehingga tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

  1. Curug Karembong Subang

Objek Wisata Curug Karembong Subang

Tempat wisata dengan tiket masuk sebesar 9 ribu rupiah ini menyediakan sejumlah wahana yang menarik. selain air terjunnya, anda bisa mencoba wahana outbond dan camping yang tersedia di sekitarnya. Selain itu didalamnya juga terdapat air terjun lainnya yang saling berdekatan. Lokasi air terjun eksotis ini di kawasan Desa Karembong. Jika anda menempuh perjalanan dari pusat kota Subang, anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja menggunakan kendaraan roda 2 atau 4. Bagi yang senang bertualang, tempat wisata alam ini layak untuk disambangi.

Baca Juga :  11 Wisata Kuliner di Balikpapan yang Lezat dan Wajib Dikunjungi

Demikian berbagai pilihan tempat wisata di Subang yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur terbaik untuk anda. Semoga bermanfaat.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment