by

25 Tempat Wisata di Lombok Yang Indah dan Mempesona

Tempat Wisata di Lombok – Lombok merupakan sebuah nama pulau yang terletak di Nusa Tenggara, pulau yang satu ini satu ini secara geografis lokasinya persis berada di sebelah timur Bali. Meskipun hanyalah sebuah pulau kecil dengan luas kurang lebih 5435 km², namun nama Lombok telah dikenal oleh dunia internasional, hal ini dikarenakan Lombok menyimpan potensi wisata yang sangat besar sehingga tentu saja akan mampu menarik perhatian wisatawan domestik dan juga wisatawan asing untuk pergi berwisata ke Pulau Lombok.

Baca juga : 25 Ulasan Tempat Wisata di Depok yang Layak untuk di Kunjungi

Kepopuleran Lombok memang belum menyamai Bali, namun saat ini kepopuleran Lombok semakin meningkat bahkan menjadi salah satu tujuan wisata alternatif yang paling favorit selain Bali. Pulau Lombok sendiri memiliki sangat banyak tempat menarik yang tentunya bisa Anda jadikan sebagai destinasi wisata pada saat akhir pekan atau masa liburan panjang. Pulau yang satu ini memiliki sejuta pesona dengan keindahan alamnya yang begitu eksotis, bagi Anda yang belum memiliki rencana liburan, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Lombok.

Berikut adalah 25 Tempat Wisata di Lombok, simak ulasannya;

  1. Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi tempat wisata pertama yang harus Anda kunjungi di mana lokasi persisnya berada di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur. Gunung Rinjani sendiri merupakan sebuah gunung berapi yang masih aktif yang mana sangat populer di kalangan pendaki, Anda akan bisa menyaksikan panorama alam yang sangat eksotis. Gunung Rinjani dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya dengan tarif masuk sebesar 2500 rupiah per orang.

  1. Bukit Malimbu
Bukit Malimbu
Bukit Malimbu

Destinasi wisata yang kedua adalah Bukit Malimbu yang berlokasi di Malaka, Pemenang, Lombok Utara. Perlu Anda ketahui bahwa Bukit Malimbu merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam yang mana Anda akan bisa melihat Gili Trawangan dan Gili Meno di kejauhan pada saat cuaca sedang cerah, Anda juga bisa menaiki bukit menggunakan sepeda motor. Bukit Malimbu dibuka untuk umum selama 24 jam, Anda tidak akan dikenakan tiket masuk.

  1. Bukit Merese
Bukit Merese
Bukit Merese

Selain Bukit Malimbu, Anda juga bisa mengunjungi Bukit Merese yang terletak di Jalan Kuta Lombok, Pujut, Lombok Tengah. Bukit Merese ini semakin populer setelah menjadi lokasi syuting video klip Isyana Sarasvati, bukit yang satu ini suasananya sangatlah tenang di mana Anda akan bisa menyaksikan panorama dari atas ketinggian sambil menikmati semilirnya angin di perbukitan. Bukit Merese dibuka selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Taman Wisata Pusuk Sembalun
Taman Wisata Pusuk Sembalun
Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman Wisata Pusuk Sembalun merupakan destinasi wisata keempat yang berlokasi di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur. Taman Wisata Pusuk Sembalun menyuguhkan panorama alam yang begitu mempesona di mana Anda bisa menyaksikannya dari gazebo yang berada di ketinggian 1250 meter di atas permukaan laut, mendaki bukit ini juga tidaklah sesulit mendaki Gunung Rinjani. Taman Wisata Pusuk Sembalun buka selama 24 jam dengan tarif masuk sebesar 2 ribu rupiah per orang.

  1. Bukit Nipah
Bukit Nipah
Bukit Nipah

Tempat wisata kelima yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Nipah yang berlokasi di Malaka, Pamenang, Lombok Utara. Lokasi Bukit Nipah berdekatan dengan Bukit Malimbu sehingga bisa Anda akses dengan mudah, Anda juga akan bisa menyaksikan panorama alam yang tidak kalah indahnya. Selain itu Bukit Nipah juga menjadi lokasi yang sangat tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Bukit Nipah dibuka selama 24 jam untuk umum, Anda juga tidak perlu membayar apapun untuk menyaksikan keindahannya.

  1. Bukit Anak Dara
Bukit Anak Dara
Bukit Anak Dara

Bukit lainnya yang tidak kalah menarik adalah Bukit Anak Dara yang lokasi persisnya berada di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Perlu Anda perhatikan bahwa jalur pendakian bukit ini lebih menantang dari bukit yang lainnya, namun rasa lelah Anda akan segera terbayar setelah Anda mencapai puncaknya karena panorama alam yang disajikan oleh bukit ini sangatlah mempesona. Bukit Anak Dara dibuka selama 24 jam setiap hari dengan harga tiket masuk sebesar 15 ribu per orang.

  1. Bukit Nanggi
Bukit Nanggi
Bukit Nanggi

Objek wisata ketujuh yang juga bisa Anda kunjungi yakni Bukit Nanggi yang letaknya berada di Sembalun, Sambelia, Selong, Lombok Timur. Bukit Nanggi memiliki ketinggian kurang lebih 2300 meter di atas permukaan laut dengan lerengnya memiliki kemiringan mencapai 85 derajat, Anda akan bisa menyaksikan Gunung Rinjani dan juga lautan yang luas dari atas ketinggian. Bukit Nanggi dibuka selama 24 jam setiap harinya, Anda harus membayar tarif masuk sebesar 10 ribu rupiah.

  1. Bukit Pengawisan
Bukit Pengawisan
Bukit Pengawisan

Bukit Pengawisan merupakan objek wisata yang terletak di Sekotong Tengah, Lombok Barat. Akses menuju Bukit Pengawisan tergolong mudah karena jalur pendakiannya yang tidak terlalu berat, bahkan Anda bisa menggunakan sepeda motor untuk mencapai puncaknya. Selain itu Bukit Pengawisan juga menyajikan situasi yang tenang karena belum banyak diketahui oleh para wisatawan, bukit ini dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk gratis.

  1. Bukit Batu Idung
Bukit Batu Idung
Bukit Batu Idung

Pulau Lombok memang memiliki banyak bukit, salah satunya adalah Bukit Batu Idung yang lokasi persisnya berada di Kampung Gumise, Gerung, Lombok Barat. Jalur pendakian Bukit Batu Idung tidaklah berat sehingga banyak wisatawan yang mendaki hingga ke puncak untuk menyaksikan panoramanya yang sangat mempesona, Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk mendakinya, Bukit Batu Idung juga dibuka selama 24 jam.

  1. Bukit Tunak
Bukit Tunak
Bukit Tunak

Bukit Tunak adalah salah satu objek wisata yang letaknya berada di Pujut, Lombok Tengah, namun akses jalan menuju ke lokasi terbilang cukup sulit karena posisinya berada di titik paling selatan sehingga tidak banyak wisatawan yang mengunjunginya. Hal tersebut tentu saja sangatlah sesuai bagi Anda yang menyukai ketenangan, Anda akan bisa bersantai sambil menikmati panorama yang indah. Bukit Tunak juga dibuka selama 24 jam dengan tarif masuk gratis.

  1. Danau Segara Anak
Danau Segara Anak
Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika mendaki Gunung Rinjani, pasalnya danau yang satu ini lokasinya masih berada di Taman Nasional Gunung Rinjani. Danau Segara Anak merupaka kaldera dari Gunung Rinjani yang mana menyuguhkan panorama alam yang sangat mempesona dan akan menjadi obat untuk menghilangkan rasa lelah Anda. Danau Segara Anak bisa Anda kunjungi kapan saja, Anda juga tidak akan dikenakan tarif masuk.

  1. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Destinasi wisata yang tidak kalah menariknya adalah Pantai Senggigi yang lokasinya berada di Batu Layar, Lombok Barat. Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Senggigi merupaka salah satu pantai favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lombok karena pantai ini menyajikan panorama yang begitu eksotis di mana Anda bisa menemukan hamparan pasir putih yang sangat luas. Pantai Senggigi dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya dengan tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

  1. Pantai Tunak
Pantai Tunak
Pantai Tunak

Pantai Tunak adalah objek wisata yang terletak di Pujut, Lombok Tengah yang mana sesuai dengan namanya, pantai ini tepat berada di bawah Bukit Tunak. Pantai Tunak juga menyajikan panorama alam yang sangat indah dengan pasir putihnya yang menghampar luas dan berpadu dengan birunya air laut, hal tersebut menjadikan pantai ini menjadi tujuan favorit bagi para fotografer. Pantai Tunak dibuka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Pantai Tebing
Pantai Tebing
Pantai Tebing

Tempat wisata selanjutnya yakni Pantai Tebing yang mana lokasi persisnya berada di Sambi Bangkol, Gangga, Lombok Utara. Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Tebing memiliki keunikan yakni hamparan pasirnya yang berwarna hitam, hal ini dikarenakan pasir di pantai ini bercampur dengan material vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Samalas yang meletus pada tahun 1257. Pantai Tebing bisa Anda kunjungi secara gratis, pantai ini juga dibuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya.

  1. Pantai Semeti
Pantai Semeti
Pantai Semeti

Pantai Semeti lokasi persisnya berada di Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah yang mana pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan sehingga suasananya sangat tenang. Pantai Semeti juga sering dijuluki sebagai Pantai Krypton karena pantai ini memiliki formasi batuan serta karang di sekeliling pantai yang meruncing dan berlapis sehingga menyerupai Planet Krypton. Pantai Semeti dibuka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk 5 ribu rupiah per orang.

  1. Pantai Telawas
Pantai Telawas
Pantai Telawas

Objek wisata lainnya yang juga sangat sayang untuk dilewatkan adalah Pantai Telawas yang berlokasi di Mekarsari, Praya Barat, Lombok Tengah yang mana tidaklah jauh dari Pantai Semeti. Karena lokasinya yang berdekatan, Pantai Telawas juga memiliki panorama yang tidak jauh berbeda dengan Panti Semeti di mana Anda masih bisa menyaksikan formasi batuan ala Planet Krypton. Pantai Telawas sendiri dibuka selama 24 jam dengan tiket masuk gratis.

  1. Tanjung Bongo
Tanjung Bongo
Tanjung Bongo

Lombok memang penuh dengan pantai yang eksotis, salah satunya adalah Tanjung Bongo yang lokasi persisnya berada di Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Perlu Anda ketahui bahwa Tanjung Bongo memiliki pantai yang belum banyak terjamah oleh manusia sehingga Anda bisa menikmati pantainya yang sangat bersih dengan air lautnya yang juga jernih sehingga sangat sesuai sebagai tempat rekreasi. Tanjung Bongo bisa Anda kunjungi setiap saat karena pantai ini dibuka selama 24 jam, Anda juga tidak perlu membayar apapun.

  1. Tanjung Aan
Tanjung Aan
Tanjung Aan

Destinasi wisata berikutnya yang bisa Anda kunjungi yakni Tanjung Aan yang alamatnya ada di Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah. Perlu Anda ketahui bahwa Tanjung Aan merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan, pasalnya Anda akan bisa melakukan snorkeling ataupun diving untuk menyaksikan keindahan alam bawah lautnya yang memang begitu eksotis. Tanjung Aan juga dibuka selama 24 jam setiap hari, Anda harus membayar tarif masuk sebesar 10 ribu per orang.

  1. Pantai Kuta
Pantai Kuta
Pantai Kuta

Pulau Lombok ternyata juga memiliki pantai bernama Kuta yang alamatnya ada di Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Pesona alam yang ditawarkan oleh Pantai Kuta di Lombok ini juga tidak kalah dengan pantai Kuta yang ada di Bali, pantai ini dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang membuatnya semakin eksotis, Anda juga bisa menemukan berbagai macam fasilitas yang sangat lengkap di kawasan pantai. Anda tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke pantai, selain itu Pantai Kuta juga dibuka selama 24 jam.

  1. Pantai Nambung
Pantai Nambung
Pantai Nambung

Pantai Nambung bisa menjadi pilihan alternatif, pantai ini berlokasi di Buwun Emas, Sekotong, Lombok Barat. Pantai Nambung juga menawarkan keindahan yang sangat mempesona di mana Anda akan bisa menemukan sebuah air terjun yang berada di tengah pantai, selain itu ombak yang ada dipantai ini juga tergolong besar sehingga menjadikannya sangat sesuai untuk olahraga selancar. Untuk memasuki Pantai Nambung, Anda tidak akan dikenakan biaya apapun, pantai ini juga bisa Anda kunjungi selama 24 jam setiap harinya.

  1. Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam

Objek wisata lainnya yang bisa dijadikan alternatif adalah Pantai Tanjung Bloam yang lokasinya berada di Temeak, Jerowaru, Lombok Timur. Pantai Tanjung Bloam memiliki formasi batuan karang serta tebing yang sangat indah yang seolah menyerupai sebuah goa sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, Anda juga akan bisa menyaksikan penyu jika sedang beruntung. Pantai Tanjung Bloam dibuka selama 24 jam sehingga Anda bisa leluasa menikmati panoramanya, Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk.

  1. Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak

Salah satu destinasi wisata yang sangat populer adalah Pantai Selong Belanak yang terletak di Selong Belanak, Praya Barat, Lombok Tengah. Sebagai pantai yang sangat populer, tentu saja Pantai Selong Belanak memiliki panorama alam yang sangat mempesona, selain itu Anda juga bisa mengamati aktivitas penduduk setempat yang sebagian besarnya berprofesi sebagai nelayan. Perlu diperhatikan bahwa Pantai Selong Belanak dibuka untuk umum selama 24 jam dengan tiket masuk seharga dua ribu rupiah per orang.

  1. Pantai Tangsi
Pantai Tangsi
Pantai Tangsi

Pantai Tangsi adalah sebuah destinasi wisata yang berlokasi di Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Pantai Tangsi memiliki keunikan yang membedakannya dari pantai yang lain yakni pasirnya yang berwarna pink atau merah muda sehingga masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai Pantai Pink. Perlu Anda ketahui bahwa pasir di Pantai Tangsi bercampur dengan pecahan koral yang berwarna merah sehingga membentuk warna pink. Pantai Tangsi buka selama 24 jam setiap harinya dengan harga tiket masuk 10 ribu rupiah.

  1. Pantai Cemara
Pantai Cemara
Pantai Cemara

Pantai Cemara adalah sebuah objek wisata yang alamatnya ada di Seriwe, Jerowaru, Lombok Timur. Pantai Cemara sendiri masuk ke dalam daftar pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga membuat suasananya sangat tenang, Anda bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari bermain pasir hingga melakukan snorkeling ataupun diving untuk bisa melihat dunia bawah airnya yang mempesona. Para wisatawan tidak akan dikenakan biaya apapun, Pantai Cemara juga buka selama 24 jam setiap harinya.

  1. Gili Trawangan
Gili Trawangan
Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan salah satu ikon wisata dari Pulau Lombok yang letaknya berada di Lombok Utara, sebagian besar pengunjung yang berada di Gili Trawangan merupakan wisatawan dari mancanegara. Gili Trawangan sendiri memang dikenal akan pantainya yang sangat eksotis dengan pasir putihnya yang menghampar luas, pantai yang satu ini juga masih terjaga kelestariannya. Perlu Anda ketahui bahwa untuk menyeberang ke Gili Trawangan, Anda harus membayar 200 ribu rupiah.

Apabila Anda masih kebingungan dalam menentukan tujuan wisata pada saat liburan, maka Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Lombok yang telah diulas di atas.

Apakah Artikel ini Membantu Anda ?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *