by

10 Ide Desain Teras Rumah Minimalis Keren & Ciamik!

Sebagai tempat peralihan antara bagian luar rumah dan bagian dalam rumah, teras rumah minimalis memegang peranan penting dalam menciptakan keharmonisan. Rumah akan terasa lebih bersahabat dan nyaman jika saat memasukinya, melewati teras, sudah terasa disambut dengan suasana yang cozy.

Untuk menciptakan hal tersebut, tentu butuh trik khusus yang bisa dilakukan. Menempatkan beberapa ornamen tanaman hias, membuat teras rumah akan terasa lebih segar dan alami. Selain itu, menempatkan kursi mini dan meja yang cantik juga membantu memberikan kenyamanan buat tamu.

Sebetulnya, ada banyak sekali ide yang bisa diterapkan agar teras rumahmu terasa nyaman. Seakan-akan, saat kita akan memasuki rumah, sudah disambut penampilan teras yang cantik dan memukau. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak sama-sama sederet inspirasi teras rumah minimalis berikut ini.

Ide Desain Teras Rumah Minimalis

1. Teras Rumah Minimalis Modern

teras rumah minimalis modern

Model teras yang modern mampu memberikan kesan yang berbeda bagi hunian kamu. Kesan modern akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Perasaan keluarga di rumah juga bakal membaik berkat adanya teras rumah yang bermodel modern ini. Teras ini dibuat dengan konsep yang unik dan trendi.

Penggunaan material menjadi penting untuk menciptakan teras rumah modern. Desain yang cocok untuk model ini tentu dengan meminimalisir adanya ornamen. Semakin minimalis, semakin terasa kesan modernnya. Perlu ditambah juga aksen satu saja sebagai turning point ketika memasuki teras rumah.

2. Teras Rumah Minimalis Sederhana

teras rumah minimalis sederhana

Model teras yang sederhana juga populer digunakan masyarakat Indonesia. Model ini tampak lebih simpel dan tidak menggunakan desain yang terlalu wah. Konsep sederhana diambil dari karakter hunian yang memang tidak memerlukan banyak aksen dan ornamen yang dibutuhkan untuk menciptakan kesan nyaman.

Kesederhanaan ini bisa dilihat dari perabot yang ada di teras. Kursi tamu dan meja yang terkesan etnik cukup memberikan kesederhanaan tersebut. Lalu ditambah dengan tumbuhan hijau yang memberikan kesegaran. Konsep ini cukup populer karena mampu memberikan ketenangan bagi hunian rumah idaman.

3. Teras Rumah Minimalis Mewah

teras rumah minimalis mewah

Model teras rumah yang mewah tentu akan berbeda. Kemewahan ini bisa ditunjukkan lewat pemilihan perabot di teras, juga model atap dan ornamen tambahannya. Misalnya saja untuk tumbuhan yang dipajang, bisa saja tumbuhan yang harganya mahal dan cukup langka. Ini bisa menambah kesan mewah.

Kesan mewah juga bisa diciptakan lewat warna cat dinding. Warna-warna yang klop dan mampu membuat rumah menjadi terlihat lebih cantik. Bukaan yang lebar dari pintu ataupun jendela juga dapat memberikan kesan mewah pada teras rumah ini. Ada banyak sekali metode yang bisa kamu terapkan, bukan?

4. Teras Rumah Minimalis Atap Limas

teras rumah minimalis atap limas

Teras dengan atap limas nampaknya masih menjadi primadona bagi masyarakat umum di Indonesia. Hal ini sejalan dengan minat masyarkat soal bentuk atap limas yang masih tinggi. Kita akan menganggap sebuah rumah baru afdol dikatakan sebagai tempat tinggal apabila bentuk atapnya berupa limasan.

Memang tidak semuanya, tetapi rata-rata begitu, bukan? Tidak apa-apa, ini hanya soal selera. Nah, untuk model teras dengan atap limas, tentu akan bagus lagi apabila memang rumah utamanya memiliki atap limas. Fasad rumah akan terlihat lebih kompak dan memberikan kecantikan pada eksterior rumahnya.

5. Teras Rumah Minimalis Ada Kolam Ikan

teras rumah minimalis ada kolam ikan

Teras rumah dengan desain yang minimalis bisa ditambah opsi lain apabila memang diperlukan. Contoh aksen tambahannya adalah kolam ikan. Kamu bisa menambahkan kolam ikan apabila memang hobi memelihara ikan hias. Dan, juga senang ketika melihat ikan berseliweran di air yang jernih.

Apabila kamu memang menyukainya, tidak ada salahnya untuk melonggarkan tempat di area teras untuk ditambahkan kolam ikan. Penambahan kolam ikan ini juga akan memberikan efek kesegaran kepada seisi rumah. Apabila pintu utama dibuka, suara percikan air kolam akan memberikan suasana yang tenang.

6. Teras Rumah Minimalis Asri

teras rumah minimalis asri

Konsep asri memang tidak lepas dari minat masyarakat Indonesia saat ini. Apalagi bagi mereka yang hidup di kota, rasa-rasanya sangat mendambakan rumah yang asri. Konsep rumah yang asri bisa dimulai dari mendesain teras rumah minimalis yang asri pula. Dimulai dengan penambahan aksen tumbuhan yang sehat.

Tumbuhan-tumbuhan ini bisa diakali dengan memberikan tanaman hias gantung. Tanaman hias gantung cukup efektif untuk membuat suasana teras jadi lebih asri dari bisanya. Juga, bisa menempatkan bunga di pot kecil yang diletakkan di meja teras. Atau bisa juga dengan tumbuhan yang agak besar lainnya.

7. Teras Rumah Minimalis Batu Alam

teras rumah minimalis batu alam

Pemberian material menjadi penting apabila kita ingin mempercantik bagian eksterior rumah. Terutama pada bagian teras rumah yang menjadi tempat peralihan untuk masuk ke interior rumah. Pemilihan material batu alam menjadi sangat populer, sejalan dengan minat masyarakat untuk model atap limasan.

Atap limasan rasa-rasanya akan sangat cocok apabila dipadukan dengan material batu alam di bagian teras. Material ini bisa diberikan pada tiang penyangga untuk atap teras rumah. Bisa juga untuk dinding teras rumah atau sebelah teras rumah. Intinya, material ini sangat bagus untuk mempercantik eksterior rumah kamu.

8. Teras Rumah Minimalis di Desa

teras rumah minimalis di desa

Teras rumah yang ada di pedesaan biasanya cukup minim dalam hal pemenuhan standarnya. Maksudnya, pemilik rumah cukup menempatkan dua buah kursi dan satu meja. Ini dimaksudkan untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Hal ini menjadikan teras menjadi tempat pertama sebagai penerima tamu.

Selain itu, penempatan tumbuhan hijau di pot juga menjadi identitas teras rumah yang biasanya ada di pedesaan. Masyarakat desa yang senang sekali bercocok tanam membuat mereka gemar menempatkan tanaman hijau, baik tanaman hias maupun tanaman pangan berupa buah, sayuran, dan lain sebagainya.

9. Teras Rumah Minimalis Dak

teras rumah minimalis dak

Untuk menghemat pengeluaran material genteng, kayu atau baja ringan, maka bisa diganti dengan dak yang ukurannya minimal sehingga bisa lebih hemat. Dak pada teras rumah cukup populer, apalagi untuk desain rumah yang ada di perumahan-perumahan di Indonesia. Kebanyakan dari mereka menggunakan dak.

Dengan begitu, pemilik rumah bisa mempercantik bentuk rumah secara fasad. Atap dak pada bagian teras akan menciptakan kesan modern dan minimalis. Simpel, singkat, namun tetap memberi keteduhan. Hal ini bisa menjadi referensimu untuk memilih bagaimana atap teras dibangun.

10. Teras Rumah Minimalis Jadi Ruang Tamu

teras rumah minimalis jadi ruang tamu

Konsep teras yang baru-baru ini menjadi populer adalah menjadikan teras sebagai tempat menerima tamu paling pertama. Teras bisa dijadikan sebagai foyer namun terasa lebih luas sehingga tamu bisa nyaman dan betah berlama-lama. Konsep ini tentu menawarkan kesegaran tersendiri bagi kita.

Tamu cukup di teras saja sudah merasakan kenyamanan. Bercengkerama dengan pemilik rumah, disediakan makanan dan minuman pendamping, rasa-rasanya sudah menjadi hal yang nyaman untuk tamu maupun pemilik rumah. Apalagi untuk menikmati suasana di sore hari, teras yang juga ruang tamu bisa jadi solusi.

Itulah tadi sederet inspirasi tentang teras rumah minimalis. Menjadikan teras sebagai ruang penyambut tamu tentu akan memudahkan kita dalam mengorganisir ruang-ruang lainnya di dalam rumah. Dan ini akan menguntungkan karena dapat menghemat ruang dan memberikan banyak opsi untuk kita.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed