by

7 Tips Berbusana Muslimah Tanpa Hilangkan Syar’i

Sebagai muslimah, tampil syar’i menjadi kewajiban untuk menutup aurat serta mengikuti syariat agama. Namun banyak yang mengira tampil syar’i bisa menghalangi ukhti untuk tetap tampil fashionable.

Baca juga : Tampil dengan Baju Hamil Muslim yang Tetap Modis dan Trendy

Tips Berbusana Muslimah Tanpa Hilangkan Syar’i

Bagi yang ingin tetap tampil fashionable tanpa hilangkan syar’i, bisa ikuti 5 tips berbusana muslim syar’i berikut ini:

1. Mengenakan Celamis (Celana Dalaman Gamis)

Tips pertama yang bisa ukthi coba untuk tetap bisa berbusana syar’i adalah dengan mengenakan celamis atau celana dalaman gamis. Celana ini bisa digunakan untuk menutup aurat saat ukhti harus menyingkap gamis sebagai contoh seperti sedang berlari, naik dan turun tangga dan saat duduk menyilang.

Berbusana muslimah Syari
Berbusana muslimah Syari

Pilih celana dalaman yang terbuat dari bahan yang adem dan tidak menerawang seperti bahan kaos (bukan jersey) agar tetap nyaman saat mengenakan gamis.

2. Memakai Kaos Kaki Hijab

Tips kedua adalah dengan mengenakan kaos kaki hijab. Kaos kaki ini lebih panjang dibandingkan kaos kaki biasa. Biasanya kaos kaki ini bisa ditarik hingga menutup betis atau bawah lutut. Dengan begitu, ukhti tidak hanya menutupi bagian kaki, tapi sekaligus betis sehingga tidak khawatir saat menyingkap gamis.

Kaos kaki hijab akan makin nyaman jika ukhti pilih model kaos kaki jempol yang bisa langsung dipakai bersama dengan sandal atau sepatu sandal.

3. Mengenakan Inner Leher

Takut bagian leher dan dada tersingkap? Salah satu solusi agar aurat tertutup sempurna adalah dengan mengenakan Inner leher. Inner leher ini desainnya mirip seperti bagian bawah ciput ninja. Selain itu inner ini bisa dilepas kapan saja tanpa melepas kerudung jadi lebih praktis digunakan.

Tips berbusana muslimah syari
Tips berbusana muslimah syari

Agar tetap stylish, ukthi bisa memilih inner leher yang sesuai dengan warna hijab yang dikenakan. Karena ditempatkan di area leher dan dada, akan lebih nyaman memilih inner leher dengan bahan kaos spandex atau kaos rayon.

4. Memakai Khimar Bergo

Bagi yang baru memulai hijrah dan sebelumnya terbiasa dengan jilbab segi empat biasa, transisi memakai jilbab segi empat yang lebih besar mungkin akan menimbulkan kesulitan. Salah satu item fashion yang lebih praktis adalah Khimar. Berbeda dengan hijab biasa, khimar biasanya memiliki desain yang lebih panjang dengan aksen bergo tertentu.

Selain itu khimar juga lebih praktis dipakai karena pemakaiannya tinggal slip. Khimar juga cocok untuk kegiatan islami seperti kajian atau acara formal maupun informal.

5. Menambah Layer dengan Outer

Sudah mengenakan gamis dan khimar, tapi masih terlihat bentuk tubuh? Bisa mengatasinya dengan memakai outerwear. Outerwear ini memiliki beberapa kelebihan seperti menutup bagian pantas serta menyamarkan lekuk tubuh.

Busana muslim syari
Busana muslim syari

Ada beberapa jenis bahan outer seperti wool, mosscrepe, Balotelli dan masih banyak lagi. Untuk musim hujan bisa memilih bahan dengan yang lebih hamat dan tebal bintik menjaga suhu tubuh.

6. Memakai Inner Ciput

Selain anggota tubuh, aurat yang sering kali tanpa sengaja terlihat adalah rambut. Untuk mengantisipasi rambut keluar dari hijab ukhti, memakai Inner ciput adalah solusinya. Inner ciput memiliki beberapa model desain. Ada yang seperti bandana, ada pula yang berbentuk kupluk.

7. Menggunakan Rok Longgar

Agar tetap bisa berbusana muslimah tanpa hilangkan syar’i, ukthi bisa pakai rok longgar agar menutup lekuk tubuh dengan sempurna. Selain itu, memakai rok yang longgar juga akan membantu ukhti dalam bergerak lebih bebas. Mix and match rok dengan atasan yang ukhti miliki.

Itulah 7 tips berbusana muslimah tanpa menghilangkan unsur syari. Ukhti tetap bisa tampil nyaman walaupun berbusana syar’i sekalipun. Semoga bermanfaat.

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *