Ibu & Anak

Begini Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua

Pada beberapa kasus, ada pasangan yang justru sangat sulit untuk hamil kedua kalinya. Padahal pada kehamilan pertama terkesan sangat mudah. Hal ini memang seringkali terjadi karena dipengaruhi beberapa faktor. Mempunyai anak memang menjadi impian semua pasangan untuk menyempurnakan bahtera rumah tangganya. Pernah dengar pepatah “banyak anak banyak rezeki”? Ya, pepatah ini memang faktanya benar sekali, semakin banyak anak yang kita punya, maka rezeki kita pun akan meningkat. Maka dari itu banyak pasangan yang ingin punya anak paling tidak 2 anak. Karena seperti yang disarankan pemerintah sekalipun, bahwa 2 anak lebih baik.

Baca juga : Daftar Makanan Penguat Kandungan Penting Untuk Nutrisi Ibu Hamil

Tips Cara Hamil Anak Kedua

Apabila anda kesulitan hamil anak kedua, tetap saja anda harus bersyukur karena sebelumnya sudah hamil dan punya anak. Karena diluar sana ada yang bahkan sama sekali tidak bisa hamil karena mengalami masalah kesuburan. Untuk anda yang ingin cepat cepat hamil anak kedua. Berikut ini adalah pembahsan mengenai Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua, diantara lain:

Namun sebelum itu, alangkah baiknya anda paham dulu mengenai penyebab susah atau sulit hamil anak kedua. Hal ini karena memang sering terjadi pada banyak orang. Berikut ini adalah beberapa penyebab sulit hamil anak kedua:

Penyebab Sulit Hamil Anak Kedua

  • Akibat Usia

Pertama, orang yang susah hamil anak kedua adalah karena faktor usianya yang mungkin bisa dibilang sudah tua. Apabila sebelumnya anda hamil anak pertama pada usia 30 an dan ingin hamil lagi untuk kedua kalinya, mungkin ini akan lebih sulit dibanding mereka yang usianya masih dibawah 30 tahunan karena semakin banyak usia, aktivitas hormon pada tubuh akan menurun. Namun perlu diingat, hal ini tidak sepenuhnya benar, karena diluar sana banyak juga orang yang bahkan berusia 40 tahunan tetap bisa hamil.

  • Jaringan Parut

Untuk anda yang pada kehamilan pertama melahirkanya dengan cara caesar, biasanya akan mengalami jaringan parut di dalam sekitar rahim. Dan apabila ini terjadi, biasanya akan membuat anda sulit hamil pada kehamilan berikutnya, dalam hal ini hamil anak kedua.

  • Jumlah Sperma

Sperma merupakan salah satu faktor penting yang memiliki peranan tinggi untuk sebuah kehamilan. Untuk anda para pria, apabila istri anda sulit hamil anak kedua. Kemungkinan ini juga karena jumlah sperma anda yang berkurang seiring berjalannya waktu. Namun hal ini bisa diatasi dengan berbagai macam cara untuk memperbanyak sperma mulai dari menghindari stress, mengonsumsi makanan sehat dan lain sebagainya.

  • Adanya Komplikasi Pada Kehamilan Pertama

Tak jarang banyak orang yang mengalami masalah atau komplikasi pada kehamilan. Untuk anda yang pada kehamilan sebelumnya (pertama) mengalami kesulitan hamil dan yang parahnya lagi anda mengalami komplikasi. ini bisa jadi penyebab kenapa anda sulit hamil anak kedua.

Cara Hamil Anak Kedua

Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua

  • Pastikan Anda dan Pasangan Benar Benar Siap Untuk Hamil Anak Kedua

Tips cara hamil anak kedua yang pertama adalah dengan memastikan pasangan anda dan anda sendiri memang benar benar siap untuk punya anak lagi. Hal ini sangat penting sekali karena ada sebagian orang yang mungkin ingin menunda waktu setelah sebelumnya melahirkan. Maka dari itu penting sekali untuk memastikan masalah siap atau tidaknya anda dan pasangan anda.

Baca Juga :  Begini Bahaya Tidur Di Pagi Hari Bagi Ibu Hamil
  • Perhatikan Kesuburan Wanita dan Pria

Selain itu, agar cepat hamil anak kedua adalah dengan memperhatikan betul perihal kesuburan anda dan pasangan anda sendiri. Karena pada dasarnya, wanita merupakan setengah dari proses kehamilan, sedangkan setengahnya lagi pria. Maka penting sekali untuk memperhatikan kesuburan anda dan pasangan anda, misalnya saja pada pria. Pada wanita, penting sekali untuk mempertimbangkan siklus haid. Apabila siklus haid tidak seimbang, maka upayakan konsumsi dulu pil KB selama beberapa bulan sebelum program hamil karena dengan hal ini, kemungkinan anda mengalami pembuahan makin besar.

Pada suami, perhatikanlah ada atau tidaknya masalah konsepsi, biasanya pria akan mengalami penurunan jumlah sperma dibanding saat program hamil anak pertama.

  • Perhatikan Apakah Pada kehamilan Pertama Terjadi Komplikasi

Tips cara cepat hamil anak kedua yang berikutnya adalah dengan memperhatikan apakah pada kehamilan pertama anda mengalami komplikasi? jika iya, maka anda harus berkonsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu untuk menjalankan program hamil anak kedua. Hal ini agar anda mendapat pencerahan agar komplikasi tersebut tidak terjadi lagi.

  • Siklus Menstruasi dan Ovulasi

Untuk bisa cepat hamil anak kedua. anda diharuskan benar benar menghitung siklus menstruasi dan ovulasi dengan benar. Hal ini ditujukan untuk membuat proses pembuahan pada wanita optimal sehingga mudah hamil. Jangan sampai siklus menstruasi dan ovulasi sama sama tidak seimbang.

  • Menurunkan Berat Badan Atau Meningkatkan Berat Badan

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi sebuah kehamilan adalah berat badan. Jika terlalu kurus, itu tidak baik untuk hamil dan jika kegemukkan juga tidak baik. Maka dari itu sesuaikanlah hal ini sesegera mungkin, apabila ubuh anda terlalu kurus, maka tingkatkanlah berat badan anda untuk meningkatkan kesuburan, dan apabila berat badan anda terlalu gemuk, maka turunkanlah berat badan anda.

Baca Juga :  Tips Cara Mengatasi Pertumbuhan Janin Yang Lambat Bagi Ibu Hamil

Itulah tips cara cepat hamil anak kedua, oh ya khusus untuk anda yang sebelumnya pada setelah kehamilan pertama justru melakukan Suntik KB dan tiba tiba ingin punya anak kedua. berikut ini adalah Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua Setelah KB

Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua Setelah KB

  • Sabar, Tunggu Setidaknya 6 Bulan

Untuk anda yang sudah suntik KB namun karena alasan tertentu ingin hamil lagi. Maka mau tidak mau anda diharuskan menunggu paling tidak 6 bulan untuk membuat kesuburan tubuh menjadi seperti semula. Tunggulah 6 bulan setelah penggunaan alat KB ,maka setelah itu kemungkinan akan lebih mudah untuk hamil anak kedua.

  • Hindari Stress

Stress merupakan penyebab yang sangat fatal yang bisa menyebabkan anda sulit hamil, tidak hanya pada kehamilan kedua, stress juga bisa menyebabkan sulit kehamilan pada kehamilan pertama. Stress akan membuat keseimbangan hormon tidak berjalan dengan baik sehingga anda pun sulit untuk hamil.

  • Selalu Jaga Kesehatan

Secara umum, menjaga kesehatan merupakan suatu kewajiban untuk anda yang ingin hamil. Bukan hanya untuk hamil kedua saja, kesehatan sangatlah penting untuk membuat anda bisa lebih mudah hamil karena seperti yang kita tahu, tubuh yang lemah dan tidak fit tentu akan sangat rentan pada kehamilan. Maka dari itu jagalah kesehatan tubuh anda selalu dengan cara berolahraga, menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi sumber makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi.

Itulah beberapa Tips Cara Cepat Hamil Anak Kedua. Dengan adanya tips diatas dan pembahasan seputar cara cepat hamil untuk anak kedua, penyebab sulit hamil anak kedua sampai tips cara cepat hamil anak kedua setelah melakukan program KB bisa menjadi referensi anda yang ingin hamil untuk kedua kalinya.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment