by

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Supaya Mudah di Terima Perusahaan

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Jika Anda telah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMA atau perguruan tinggi, maka tentu saja Anda akan mulai mencari pekerjaan. Anda akan bersaing dengan banyak orang untuk melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan swasta ataupun instansi pemerintah. Untuk bisa melamar pekerjaan, tentu saja Anda harus membuat surat lamaran kerja. Perlu Anda ketahui bahwa surat lamaran kerja merupakan salah satu poin penting yang akan menentukan apakah Anda mendapatkan pekerjaan ataukah tidak.

Baca Juga : Begini Tips Cara Membuat Surat Kuasa Dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Seperti yang Anda ketahui bahwa surat lamaran kerja telah menjadi salah satu syarat utama bagi seseorang yang hendak melamar kerja. Oleh karena itulah Anda harus membuat surat lamaran kerja sebaik mungkin, pasalnya pihak perusahaan akan bisa menilai Anda dari surat lamaran kerja yang Anda buat. Meskipun demikian Anda harus menuliskan informasi secara benar tanpa perlu mengada – ada, yang tentu akan menjadi nilai tambah bagi Anda. Jika Anda hendak melamar kerja, maka berikut ini akan kami ulas cara membuat surat lamaran kerja yang benar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

  1. Menuliskan Tempat dan Tanggal serta Pihak Yang Dituju

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat surat lamaran kerja adalah menuliskan tempat dan tanggal, serta pihak yang dituju. Hal yang satu ini sangatlah penting dan menjadi bagian yang harus ada di dalam surat lamaran kerja, selain itu Anda juga harus menuliskan pihak dan juga alamat yang dituju dengan jelas, sebutkan juga gelar dan jabatan dari pihak yang dituju.

  1. Biodata Pribadi

Hal berikutnya yang juga harus Anda lakukan untuk membuat surat lamaran kerja adalah dengan mencantumkan biodata pribadi dengan lengkap, Anda bisa menuliskan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan lainnya. Apabila Anda ingin menuliskan latar belakang pendidikan, maka tuliskanlah pendidikan terakhir Anda.

  1. Tuliskan Kemampuan Anda

Selain biodata pribadi, Anda juga harus menuliskan kemampuan yang Anda miliki, hal ini juga tidak boleh Anda lupakan sebab pihak perusahaan atau instansi akan merekrut karyawan yang memiliki kemampuan yang mereka butuhkan. Anda bisa mencantumkan berbagai kemampuan yang Anda miliki di surat lamaran kerja, akan lebih baik lagi jika Anda melengkapinya dengan sertifikat.

  1. Tuliskan Pengalaman Kerja

Hal keempat yang harus Anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja adalah menuliskan pengalaman kerja, hal ini menjadi bagian yang sangat penting karena ada beberapa perusahaan atau instansi yang lebih mengutamakan orang yang telah memiliki pengalaman kerja. Namun jika Anda baru saja lulus atau fresh graduate, maka Anda tidak perlu menuliskan pengalaman kerja.

  1. Menyertakan Lampiran

Lampiran juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja, Anda bisa melampirkan berbagai hal yang bisa menjadi nilai tambah agar pihak perusahaan semakin yakin untuk menerima Anda. Ada berbagai hal yang biasanya dilampirkan pada surat lamaran kerja seperti daftar riwayat hidup, pas foto, fotocopy ijazah, fotocopy sertifikat, dan lainnya.

Apabila Anda masih mengalami kesulitan dalam membuat surat lamaran kerja, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara yang ada di atas.

Nilai Kualitas Konten

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *