Otomatif

Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan Sampai Menyesal

Tips Membeli Mobil Bekas – Salah satu alternatif untuk bisa mendapatkan mobil dengan harga yang jauh lebih rendah adalah dengan membeli mobil second atau bekas. Sebab tidak semua orang dapat membeli mobil baru karena memang harga mobil baru bisa mencapai ratusan juta. Solusinya adalah dengan membeli sistem kredit atau membeli bekas. Satu yang banyak dipilih adalah membeli mobil dalam kondisi second. Agar tidak menyesal, ada beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa digunakan. Dengan begitu, bagi anda yang awam soal mobil pun bisa mengantisipasi mengalami kerugian karena membeli mobil yang salah.

Baca juga : Daftar Harga Mobil Daihatsu Terbaru dan Lengkap

Memilih mobil yang masih dalam kondisi bagus memang bukanlah hal yang mudah. Maklum saja, mobil bekas merupakan mobil yang sudah dalam masa pemakaian dan bisa saja mengalami hal apapun. Jika salah memilih, anda bukan bisa berkendara dengan nyaman menggunakan mobil yang anda miliki. Bahkan bisa saja anda malah harus mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan. Jadi sebaiknya benar-benar mempertimbangkan pilihan mobil bekas yang anda pilih. Jangan sampai hanya karena tergiur harga murah, anda langsung saja mengambil mobil tanpa mengecek semuanya. Agar tidak sampai menyesal, simak beberapa tips memilih mobil bekas berikut ini untuk bisa mendapatkan mobil yang aman dan juga nyaman serta pas di kantong.

Trik dan Tips Memilih Mobil Bekas yang Tepat

Cobalah beberapa tips dibawah ini saat memutuskan membeli mobil bekas. Dengan begitu anda akan bisa mendapatkan mobil yang tepat dan sesuai dengan budget yang anda punya. Budget aman, mobil tepat, dan berkendara dengan aman serta nyaman.

  • Buat Daftar Target Mobil Second yang Akan Dibeli

Ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas, ada baiknya untuk membuat daftar mobil yang akan dibeli kurang lebih 3 mobil. Tujuannya adalah untuk memilih mobil yang sesuai dengan anggaran dan juga sesuai dengan kebutuhan pribadi. Ada banyak mobil yang masih memiliki kualitas cukup tinggi meskipun sudah menyandang status sebagai mobil bekas. Harganya pun juga masih terbilang tinggi. Jadi benar-benar pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan budget.

  • Lakukan Survey Harga

Butuh kesabaran ekstra untuk bisa mendapatkan mobil bekas yang tepat. Apalagi untuk masalah harga yang memang cukup bervariasi. Tips membeli mobil bekas yang bisa anda coba adalah dengan melakukan survey harga di berbagai dealer mobil atau di situs jual beli mobil dan sebagainya. Harga mobil bekas sangat bervariasi tergantung dari kondisi mobil itu sendiri. Pastikan anda mendapatkan mobil yang memiliki harga cocok dengan kondisi yang prima agar tidak menyesal.

Baca Juga :  Daftar Harga Ban Mobil Terbaru Berbagai Merk
  • Cek Riwayat Mobil

Hal ini menjadi pertimbangan yang penting ketika membeli mobil bekas. Sebab dari riwayat kendaraan ini bisa diketahui seperti apa dan bagaimana kondisi mobi. Hal yang tepat saat membeli mobil adalah untuk membeli mobil bekas dari orang-orang terdekat. Baik keluarga ataupun teman sehingga kondisi dan riwayat mobil dapat diketahui dengan jelas. Jikapun tidak, mobil bekas yang dibeli bisa dicek melalui Nomor Induk Kendaraan untuk memastikan mobil tidak bermasalah.

  • Hubungi Penjual

Jika dirasa sudah cocok, langsung hubungi si penjual untuk mendapatkan informasi lebih jelas terkait target mobil anda. Sebab, ada juga beberapa mobil bekas yang dijual dititipkan pada dealer penjualan mobil bekas. Jadi alangkah baiknya untuk menghubungi langsung pemilik/penjual mobil tersebut. Jika bisa, usahakan untuk melihat dan cek mobil dahulu lalu kemudian bisa bernegosiasi dengan sanga penjual.

  • Test Drive

Tips membeli mobil bekas yang berikutnya adalah dengan melakukan test drive. Dengan cara ini, anda tentu bisa menilai secara langsung seperti apa kondisi mobil dan kelayakannya. Ada banyak hal yang bisa dirasakan dan diamati dengan melakukan test drive ini. Seperti laju mobil saat dikendarai, kondisi dalam kabin dengan segala fasilitasnya apakah masih berfungsi atau tidak, kondisi mesin dan lain-lain.

Tips membeli mobil bekas terbaik

  • Bawa Mekanik

Jika anda memiliki teman yang mengerti soal otomotif atau bahkan seorang mekanik, ajaklah untuk mengecek mobil. Hal ini akan sangat menguntungkan karena dengan begitu akan lebih tau tentang kondisi mobil. Jika anda tidak mengerti sama sekali dengan kondisi mobil lalu langsung deal, anda akan merasa tertipu jika suatu saat ada hal yang terjadi pada mobil.

  • Lakukan Penawaran

Tidak ada salahnya untuk melakukan penawaran dan negosiasi untuk membeli mobil yang sudah cocok ini. Mulailah dengan penawaran yang terendah hingga bertemu pada kesepakatan. Dengan tips membeli mobil bekas ini, anda bisa meminimalkan budget untuk mobil dan tidak akan merasa mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli mobil.

  • Cek Berkas dan Kelengkapan Dokumen Mobil

Bagian ini juga menjadi hal yang sangat penting saat membeli kendaraan bermotor. Sebelum deal, pastikan kelengkapan dokumen mobil sudah benar-benar lengkap mulai dari STNK, BPKB, dokumen pajak dan lainnya.

Baca Juga :  Harga Mobil Datsun Go Panca Murah, Cek Disini

Jadi seperti itulah cara dan juga tips membeli mobil bekas agar tidak dirugikan. Dengan membeli mobil yang tepat, kedepannya tidak akan timbul masalah berarti sehingga tidak menguras tenaga atau uang lebih untuk perawatannya. Semoga bermanfaat.

User Review
( votes)

Add Comment

Leave a Comment