by

Tips Sehat Perawatan Rambut Bagi Anda yang Berhijab

Bagi muslimah yang memakai hijab, pasti sudah familiar dengan beberapa masalah rambut dan kulit kepala yang disebabkan oleh rambut yang tertutup hijab seharian.

Sekarang tidak perlu cemas lagi memikirkan kesehatan rambut dan kulit kepala dengan tips sehat perawatan rambut wanita berhijab.

tips merawat rambut wanita berhijab
tips merawat rambut wanita berhijab

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Bahan Alami

Berikut beberapa tipsnya:

Mencuci Rambut Setiap 2 Hari Sekali

Membiarkan rambut lembab di dalam hijab seharian bisa membuatnya cepat lepek dan berminyak. Agar tidak tumbuh ketombe, alangkah baiknya mencuci rambut setiap 2 hari sekali.

Hal ini akan membantu mengurangi minyak yang dihasilkan oleh rambut karena udara yang lembab saat berhijab. Namun mencuci rambut terlalu sering juga tidak disarankan karena justru akan menambah produksi oleh kulit kepala.

Rutin Memakai Vitamin Rambut

Meskipun tertutup oleh hijab, kesehatan akar rambut tetap harus diperhatikan. Pastikan untuk mengaplikasikan vitamin rambut minimal sekali dalam seminggu setelah keramas.

Aplikasikan vitamin saat rambut setengah kering. Jangan langsung mengenakan hijab karena akan membuat rambut jadi lepek dan berbau.

Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Masalah yang paling sering dihadapi oleh para hijabers adalah rambut rontok. Rambut rontok timbul karena akar rambut menjadi kurang kuat akibat rambut diikat terlalu kencang.

tips merawat rambut wanita berhijab
tips merawat rambut wanita berhijab

Untuk menghindari masalah ini, jangan ikat rambut terlalu kencang. Anda juga bisa menggunakan diput model kupluk dimana Anda bisa memasukkan rambut Anda kedalamnya tanpa perlu mengikat rambut. Dengan melakukan hal ini, Anda akan terhindar dari resiko rambut rontok.

Gunakan Conditioner Spesial untuk Rambut Berhijab

Selain sampo, rambut juga perlu dinutrisi dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner ada yang khusus untuk rambut para hijabers. Kondisi rambut yang tertutup hijab dan terikat seharian akan menimbulkan rambut bercabang dan lepek.

Gunakan kondisioner setelah mencuci rambut. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk melakukan perawatan ini semisal di sore hari sehabis pulang kerja.

Biarkan Rambut Tergerai Alami Saat Tidak Berhijab

Saat senggang dirumah dan tidak ada acara di luar, luangkan waktu untuk mengistirahatkan rambut Anda di rumah dengan membiarkannya tergerai alami. Anda bisa melakukannya setelah mencuci rambut Anda untuk mengeringkan rambut tanpa bantuan hair dryer. Dengan melakukan ini maka rambut akan diberi kesempatan bernafas dan mendapat cukup oksigen setelah tertutup rapat oleh hijab.

Hindari Penggunaaan Leave On Vitamin

Beberapa wanita memilih untuk menggunakan leave on vitamin dimana kita tidak perlu mencuci rambut terlebih dahulu/membasahi rambut sebelum menggunakan vitamin ini.

Bagi yang berhijab pantang menggunakan vitamin jenis ini karana akan memicu ketombe. Vitamin yang lembab akan memicu tumbuhnya jamur pada rambut yang tertutup hijab.

Sisir Rambut Sebelum dan Setelah Berhijab

Meskipun rambut tertutup hijab, pantang bagi hijabers untuk malas menyisir rambut. Menyisir rambut secara berkala akan membuat rambut tidak kusut dan mencegah rambut rontok karena patah.

Sisir rambut sebelum memakai hijab, dan sisir kembali setelah memakai hijab. Menyisir rambut tidak perlu terlalu sering karena akan membuat rambut kasar dan kering, namun Anda masih perlu melakukannya agar rambut tetap tertata.

Itulah tips merawat rambut yang sehat bagi wanita yang berhijab. Berhijab bukan alasan untuk tak memiliki rambut yang sehat. Semoga bermanfaat.

User Review
0 (0 votes)

About Author: Tracie Aulia

Gravatar Image
Personal blogger - Hobi memasak, crafting dan travelling. Suka sekali menulis untuk sekedar berbagi informasi dan menuangkan pikiran kedalam sebuah tulisan, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *